Hosting Unlimited Indonesia

VBSCRIPT

VBScript atau selengkapnya Visual Basic Scripting Edition adalah sebuah bahasa skrip yang diinterpresentasikan saat dieksekusi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation pada tahun 1996 yang seringnya digunakan dalam penjelajah web Internet Explorer (dapat digunakan mulai versi internet explorer 3.0).

VBScript merupakan sebuah bahasa skrip turunan dari bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) yang digunakan didalam Microsoft Office dan beberapa platform pengembangan buatan Microsoft lainnya. VBScript menghilangkan beberapa fungsi dari VBA, seperti halnya fungsi I/O berkas dan akses langsung terhadap sistem operasi untuk menyediakan sebuah platform yang aman untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dengan menggunakan platform Active Server Pages (ASP).

Internet Explorer merupakan penjelajah web pertama yang menyedikan dukungan terhadap kode skrip yang ditulis dalam bahasa VBScript. VBScript dapat dijalankan diatas Windows 9x/ME, Windows Server 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008 serta beberapa platform UNIX.

VBScript tidak dapat digunakan untuk membuat program yang berdiri sendiri, Akan tetapi VBScript harus dimasukkan kedalam sebuah berkas HTML, ketika Internet Explorer membuka dokumen berkas HTML tersebut, VBScript dapat melakukan fungsi yang sama seperti JavaScript skrip tersebut akan dieksekusi. VBScript juga dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi HTML (yang memiliki ekstensi .HTA) yang membutuhkan paling tidak secara langsung menggunakan Internet Explorer, tetapi menggunakan sebuah program, yakni MSHTA.EXE, yang menginterprestasikan dan menjalankan kode.
Penjelajah Web lainnya seperti Firefox dan Opera tidak memiliki dukungan terhadap VBScript secara langsung. Hal ini berarti untuk kompitabilitas maksimum dengan browser lainnya, para pengembang website pun menggunakan JavaScript.

Selain oleh penjelajah web, VBScript juga dapat dieksekusikan oleh aplikasi Windows Scripting Host (WSH). Umumnya, berkas VBScript yang dijalankan oleh WSH ini adalah berkas teks biasa dengan ekstensi .vbs dan dapat dieksekusikan dengan menggunakan Command-Line maupun dengan desktop Windows. Windows memiliki dua buah program yang dapat menginterprestasikan berkas vbs yakni, cscipt.exe dan wscript.exe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VBSCRIPT"

Posting Komentar