Senin, 16 Mei 2011

Cara menginstal dan mengkonfigurasi samba di ubuntu 10.10 dan 11.04 Natty Narwhal melalui GUI

Jika Anda ingin berbagi file antara Ubuntu dan komputer Windows, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan file sharing Samba. Dalam kami posting sebelumnya , kami memang menunjukkan Anda cara menginstal dan mengkonfigurasi samba di ubuntu melalui command line , Hari ini kita akan melakukan instalasi dan konfigurasi di ubuntu 10.10 Maverick Meerkat dan Ubuntu 11.04 Natty Narwhal melalui GUI (Tutorial ini juga bekerja di LinuxMint). Ada banyak alat yang membuatnya mudah untuk menginstal dan mengkonfigurasi samba menggunakan antarmuka grafis, salah satunya alat konfigurasi server Samba dan SWAT

Jika anda baru untuk ubuntu:

"Samba merupakan ulang perangkat lunak bebas-implementasi SMB / CIFS protokol jaringan, awalnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell Australia,. Pada versi 3 Samba menyediakan file dan layanan cetak untuk berbagai klien Microsoft Windows dan dapat berintegrasi dengan domain Windows Server, baik sebagai Domain Primer Controller (PDC) atau sebagai anggota domain. Hal ini juga dapat menjadi bagian dari domain.Samba Active Directory berjalan pada kebanyakan sistem Unix dan Unix-like, seperti Linux, Solaris, AIX dan varian BSD, termasuk Apple Mac Server OS X (yang ditambahkan ke klien Mac OS X di versi 10.2). Samba merupakan standar di hampir semua distro Linux dan umumnya termasuk sebagai layanan sistem dasar pada sistem operasi Unix lainnya berbasis juga. Samba dirilis di bawah GNU General Public License). Nama Samba berasal dari SMB (Server Message Block, nama protokol standar yang digunakan oleh sistem jaringan Windows file Microsoft. "

Sebelum mulai kita perlu menginstal samba, Anda dapat melakukannya dari pusat perangkat lunak Ubuntu atau dengan baris perintah:

  sudo apt-get install samba samba-common  

I - Instalasi dan konfigurasi Samba Server menggunakan konfigurasi Tool

Setelah samba terinstall kita perlu menginstal antarmuka grafis System-config samba dengan menggunakan perintah:

  sudo apt-get install    system-config-samba

Sekarang kita akan mencoba untuk berbagi misalnya direktori / folder home/pirat9/Music untuk melakukan itu,

Pertama buka samba server konfigurasi GUI alat dengan pergi ke System -> Administration -> Samba


  • Edit saham yang ada


  • Tambah saham baru

Menemukan rincian lebih lanjut tentang konfigurasi samba menggunakan alat di posting sebelumnya.

II-Instalasi dan konfigurasi menggunakan SWAT. Administrasi samba web alat

SWAT adalah alat yang memungkinkan konfigurasi berbasis Web Samba. Memiliki wizard yang dapat membantu untuk mendapatkan Samba dikonfigurasi dengan cepat, ia memiliki petunjuk untuk masing-sensitif pada setiap smb.conf parameter, ia menyediakan untuk memantau keadaan saat ini informasi koneksi, dan memungkinkan networkwide MS Windows password manajemen jaringan.

SWAT menggunakan komponen integral Samba untuk menemukan parameter yang didukung oleh versi tertentu Samba. Tidak seperti alat-alat dan utilitas yang luar Samba, SWAT selalu up to date sebagaimana diketahui mengganti parameter Samba. SWAT menyediakan bantuan konteks-sensitif untuk setiap parameter konfigurasi, langsung dari man entri halaman.

Catatan: Sebelum menggunakan SWAT, harap diperingatkan SWAT sepenuhnya akan menggantikan Anda smb.conf dengan file dioptimalkan sepenuhnya yang telah kehilangan semua komentar Anda mungkin telah ditempatkan di sana dan hanya pengaturan nondefault akan ditulis ke file.

Untuk menginstal SWAT buka terminal dan ketik perintah:

  sudo apt-get install memukul 


Ini akan menginstal SWAT juga samba dan dependensi.

Sekarang untuk mengakses SWAT, buka browser anda dan ketik:

  http://your- ip: 901 atau http://localhost:901 

Kemudian gunakan login dan password root anda

Login admin halaman:

SAMBA SWAT

Global informasi


  • Wizard untuk mengedit konfigurasi samba


  • Server Statut:



  • Lihat samba config yang sebenarnya:


  • Perubahan halaman password admin



Untuk posting lebih lanjut tentang instalasi dan cofiguration Samba di ubuntu, silahkan membaca posting kami sebelumnya .
Catatan: Jika Anda memerlukan bantuan silahkan posting masalah anda di komentar dan kami akan membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.


sumber : http://www.unixmen.com/linux-distributions/4-ubuntu/1203-how-to-install-and-configure-samba-in-ubuntu-1010-maverick-meerkat-via-gui-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar