IPCop Firewall



“The Bad Packet Stop Here”
Dalam sebuah jaringan SOHO Firewall sangat mutlak diperlukan. Ini untuk melindungi serta mendongkrak peformance di suatu jaringan. Baik untuk jaringan di kantor, rumah atau di warnet dan tempat – tempat lainnya.
Banyak sekali firewall yang bisa menjadi pilihan untuk keperluan tersebut. Salah satunya adalah firewall yang berbasis Linux yang handal, aman, gratis dan opensource. Dialah IPCop.
IPCOP adalah suatu distribusi Linux yang menyediakan fitur simple-to-manage firewall appliance berbasis perangkat keras PC. IPCOP juga merupakan suatu stateful firewall dibuat berdasarkan pada Linux netfilter framework.
Distro ini awalnya dikembangkan oleh tim pengembang Smoothwall Linux Firewall, dan selanjutnya dikembangkan dengan bebas secara opensource.
IPCOP sangat simple, dan memiliki fitur user-managed unpuk mekanisme update security-nya. Bahkan cenderung mudah dipahami untuk yang para newbie yang belum kenal atau takut dengan Linux.
IPCOP sekarang sudah hadir dengan versi 2- 1.9.9 Beta dan terus dikembangkan dengan dukungan berbagai komunitas di seluruh dunia yang ikut melengkapi dengan modul-modul tambahan yang disebut dengan Addons.
Selain kemudahannya tersebut, gratis, banyak tersedia mirror untuk download dan addons – addons seperti untuk keperluan Squid Proxy ( Advanced Proxy Server), untuk melindungi user dari situs – situs yang kurang baik dan virus email bisa digunakan addons URL Filter, untuk mengatur bandwidth digunakan Qos dan banyak lagi.
Sebagai bahan untuk belajar bersama bagi newbie dengan IPCop, akan kita sharing pengalaman dalam menginstal IPCop sampai mengaplikasikan IPCop sebagai Proxy Server yang dikolaborasikan dengan Mikrotik dalam tulisan selanjutnya.
“The Bad Packet Stop Here” slogan yang diusung IPCop, yang memberikan solusi untuk mencegah paket – paket yang tidak baik yang melewati jaringan dari internet.

http://www.gigapati.co.cc/2010/01/ipcop-firewall.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IPCop Firewall"

Poskan Komentar