Cara Install Driver VGA SiS di Linux Ubuntu 11.04

Bagi pengguna komputer/laptop yang chipset VGA-nya berjenis SiS, masalah yang dihadapi usai berhasil menginstall OS Ubuntu yaitu mengecilnya resolusi layar monitor (menjadi default hanya 800×600 px). Tragisnya, tidak ada pilihan untuk memperbesar resolusi layarnya pada menu pengaturan monitor.

Nah, kali ini saya akan sharing keberhasilan terbesar saya selama menggunakan OS Linux Ubuntu. Mengapa saya anggap keberhasilan terbesar? Soalnya ketika masih menggunakan Ubuntu versi 10.04 (Lucid Lynx) dan 10.10 (Maverick Merkaat), saya selalu mengalami kegagalan. Selalu muncul masalah yang sama (yang ternyata bukan saya saja yang mengalaminya) ketika berusaha menginstall driver VGA SiS Mirage.

Usai menginstall Ubuntu 11.04 beberapa hari lalu, resolusi defaultnya ternyata sebesar 1024×768 px. Sebuah kemajuan bagus pada Ubuntu Natty Narwhal. Walau demikian, bagi saya resolusi ala netbook tersebut masih kurang, soalnya resolusi asli pada laptop saya adalah 1280×800 px.

Nah, ini dia cara install driver VGA SiS pada Linux Ubuntu 11.04 Natty Narwhal:

Ketik perintah berikut di terminal, lalu tekan Enter:

sudo apt-get install git xorg-dev libdrm-dev libtool mesa-common-dev



Atau bisa juga satu-satu seperti berikut:


sudo apt-get install git
sudo apt-get install xorg-dev
sudo apt-get install libdrm-dev
sudo apt-get install libtool
sudo apt-get install mesa-common-dev


Semua perintah di atas diketik di samping kanan karakter ~$. Jika Anda menggunakan cara kedua (satu per satu untuk menginstall paket awalnya), maka tunggulah hingga satu perintah terproses secara sempurna, baru Anda ketik lagi perintah di bawahnya. Setiap usai mengetikkan satu perintah harus diikuti dengan menekan Enter pada keyboard.

Tanda satu perintah telah dieksekusi/diproses secara sempurna yaitu munculnya karakter ~$ (jadi jika karakter tersebut telah muncul, silakan Anda ketik perintah selanjutnya hingga semua perintah telah selesai diproses).

2. Lanjut ke langkah kedua, yaitu dengan mengetikkan 5 buah perintah berikut ini satu per satu:
git clone git://github.com/hellnest/xf86-video-sismedia-0.9.1.git
cd xf86-video-sismedia-0.9.1
./configure --prefix=/usr –disable-static
make
sudo make install

Sama halnya dengan langkah sebelumnya, semua perintah di atas Anda ketikkan tepat setelah karakter ~$ (setiap suatu perintah telah diproses secara sempurna).

3. Nah, setelah semua langkah di atas selesai, coba restart komputer/laptop Anda. Lalu lihatlah tampilan layarnya. Jika belum ada perubahan, coba buka menu ‘Monitors’ yang terletak pada direktori System > Preferences > Monitors (jika Anda menggunakan dekstop classic).



4. Setelah terbuka, coba klik dropdown-list menu ‘Resolution’, lalu pilih resolusi 1280×800 dan Apply klik untuk menyimpan pengaturan tersebut.



Jika berhasil, tampilan layar monitor Anda akan segera berubah lebih tajam dan lebih luas dari sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

SUMBER

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Install Driver VGA SiS di Linux Ubuntu 11.04"

  1. wah mantap gan. . postingan agan sangat membantu sekali bagi saya

    BalasHapus
  2. yang ini kok eror gan --prefix=/usr

    BalasHapus