Hosting Unlimited Indonesia

Cara Install UBUNTU 11.04 Natty Narwhal

Pada hari Kamis tanggal 28 April 2011, gw liat versi terbaru Ubuntu telah resmi dirilis dan siap untuk diunduh.

Pada Ubuntu 11.04 yang berkodekan nama Natty Narwhal ini, juga diperkenalkan Unity Interface sebagai desktop bawaan. Mengapa demikian? Pasalnya, Unity kini juga menjadi sesi desktop default. Unity juga memiliki launcher yang dibekali banyak feature, seperti drag and drop. Aktifitas short cut menggunakan keyboard juga sudah didukung penuh di versi 11.04 ini.

Penasaran dengan Natty Narwhal? berikut gw sebutkan beberapa bocoran yang ada pada Ubuntu 11.04:
- Mendukung Firefox terbaru 4.0 sebagai peramban bawaan
- LibreOffice 3.3.2 yang dimasukkan sebagai aplikasi perkantoran.
- Banshee 1.9.5 sebagai pemutar musik dan diintegrasikan dalam menu suara.
- X.org 1.10.0 dan Mesa 7.10.1
- Kernel 2.6.38-7.39
- GCC 4.5


http://www.blogger.com/img/blank.gifhttp://www.blogger.com/img/blank.gif
Ikuti langkah berikut untuk mengistallnya :http://www.blogger.com/img/blank.gif

1. Download ISO Ubuntu dari ubuntu.com atau kambing.ui.ac.id dan kemudian burn ke CD atau Buat USB External Drive Instaler dengan UNetbootin. http://unetbootin.sourceforge.net/

2. Ubah setting bios dan buat komputer untuk melakukan boot dari CD atau USB External Drive.

3. Pada layar “Welcome”, silakan pilih bahasa : English atau Bahasa Indonesia (atau yang lain, bebas saja sesuai selera).



4. Pada layar “Preparing to Install Ubuntu” perhatikan syarat yang diperlukan :
minimal 4.4 GB drive space
kabel power terpasang
terhubung ke internet. (tidak apa-apa jika tidak)
Pilihan “Download updates while installing boleh dicontreng jika terhubung ke internet. Pilihan “Install this third-party software” sebaiknya dipilih untuk bisa memainkan file MP3, kenapa ada pertanyaan ini? karena Ubuntu murni semuanya free open source, sedangkan MP3 tidak open source, sehingga tidak sesuai dengan filosofi Ubuntu. Jadi agar tidak mengusik filosifi Ubuntu, dibuatlah pilihan seperti ini. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.



5. Pada layar “Allocate drive space”, ada tiga pilihan: pertama “Install Ubuntu alongside them”, kedua “Erase disk and install Ubuntu”, dan ketiga “Something else”. Untuk pilihan yang kedua “Erase and use the entire disk” sudah bisa dimengerti, bahwa installer akan menghapus semua isi dari disk (termasuk partisi) dan akan mengatur isinya sesuai kebutuhan Ubuntu. Jika pilihan ini yang Anda pilih, klik Forward dan silakan lanjutkan. Langkah selanjutnya saya memilih pilihan ke tiga, agar bisa dual booting. Memungkinkan kita melakukan konfigurasi partisi sesuai dengan yang kita mau. Tentu saja Anda perlu memahami tentang filesystem dan partisi. Klik tombol Forward.



6. Di langkah ini saya telah menyiapkan partisi kosong 15Gb dan berformat Ext4. Pada layar akan terlihat Mount point yang kita buat (/). Klik tombol Ok



Dan Install Now...



7. Pada layar “Where are you”, pilih kota tempat Anda berada. bisa diketik, atau dipilih langsung di peta. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.



8. Pada layar “Keyboard layout”, pilih tipe keyboard yang digunakan. biasanya Indonesia menggunakan Keyboard layout USA. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.



9. Pada layar “Who are you?”, masukkan informasi yang diperlukan. Username harus huruf kecil semua tanpa spasi. Yang harus diingat adalah Username dan Password yang nanti akan digunakan untuk login dan melakukan administrasi pada sistem, jangan sampai lupa. Klik tombol Forward dan silakan lihat slide keunggulan Ubuntu sembari menunggu sistem diinstall ke dalam disk. Restart setelah selesai untuk mencoba Linux Ubuntu Anda. Jangan lupa mengeluarkan USB External Drive atau CD sebelum Restart.





Selamat Anda telah berhasil Linux UBUNTU 11.04 Natty Narwhal...
source : <<< KLIK >>>

=============================================
kunjungi blog gw di : www.bayni.blogspot.com
=============================================

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Install UBUNTU 11.04 Natty Narwhal"

Posting Komentar