Hosting Unlimited Indonesia

Mau memindahkan posisi launcher Unity di Ubuntu?





Tampilan desktop dari Ubuntu 11.04 ini memang lain daripada Ubuntu desktop
sebelumnya. Perbedaan yang paling utama dan yang mencolok adalah keberadaan sebuah sidebar atau yang disebut dengan “launcher” disebelah kiri desktop dan hilangnya panel bawah yang biasanya ditemui pada desktop GNOME pada umumnya.
Sebenarnya penggunaan launcher ini bukan pertama kalinya pada Ubuntu 11.04, karena di Ubuntu 10.10 Netbook Edition pun menggunakan tampilan serupa. Namun karena tidak semua orang pernah memakai versi netbooknya makanya masih sedikit orang yang tau. Barulah sejak Ubuntu 11.04 dirilis, penggunaan launcher ini dijadikan default dan Ubuntu versi netbook dihilangkan agar semua komputer desktop, notebook dan netbook mempunyai interface yang sama.
Tapi, dari beberapa orang yang mencoba mungkin ada yang kurang suka dengan penerapan launcher ini, lalu kemudian berniat memindahkannya ke posisi lain, misalnya kebawah. Jika Anda salah satu orang yang berniat untuk mengubah posisi launcher Unity mungkin harus bersabar, karena untuk saat ini hal itu tidak bisa dilakukan. Ya, kita tidak/belum bisa memindahkan launcher unity ini ke posisi yang kita inginkan dan memang tidak ada rencana developer untuk membuat fitur itu.

Anda kecewa? mungkin semua orang begitu, tapi sebaiknya Anda membaca beberapa penjelasan dibawah ini yang menurut saya sangat masuk akal; mengapa launcher unity sebaiknya tidak berubah posisi:
1. Kebanyakan monitor saat ini (laptop/desktop) memiliki aspek rasio widescreen (16:9 / 16:10). Artinya memiliki ruang ekstra pada sisi horizontal dibanding sisi vertikalnya dibanding pada monitor biasa.

Widescreen
2. Kebanyakan aplikasi dan situs-situs web tidak menggunakan seluruh sisi lebar (horizontal) dari layar monitor Anda, tidak percaya? coba buka sebuah situs web, pasti akan ada ruang kosong pada kedua sisi (kanan & kiri) dari situs web yang tidak terpakai/kosong.
3. Pada saat menelusuri situs web atau membuka aplikasi, kita lebih cenderung melakukan scroll kebawah/keatas daripada kesamping kiri/kanan. Artinya aktivitas pengguna sangat bergantung pada sisi vertikal layar.
4. Membuat launcher berada pada posisi bawah/atas akan membuat ruang vertikal semakin sempit, dan semakin sering melakukan scrolling pada situs web atau aplikasi.
5. Posisi launcher Unity yang berada disisi kiri (dari atas kebawah) tidak akan membuat perubahan besar dan tidak akan membuat sempit layar widescreen Anda.
6. Posisi launcher yang berada disebelah kiri dekat dengan tombol bfb (big funny button) yang membuat kita mudah mengakses menu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau memindahkan posisi launcher Unity di Ubuntu?"

Posting Komentar