Mempercepat koneksi internet di ubuntu dengen mengganti dns



DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer termasuk Internet. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi info bagaimana memilih DNS yang tercepat untuk koneksi kalian dan bagaimana memakai DNS tersebut di Ubuntu.

Mencari DNS yang tercepat
Untuk mendapatkan DNS yang tercepat untuk koneksi kalian, silakan gunakan aplikasi yang bernama Namebench, ketik perintah berikut untuk menginstal:
view plainprint?
1. sudo apt-get install namebench
Setelah proses instalasi selesai, jalankan Namebench dengan menekan ALT+F2 lalu ketik "namebench" (tanpa tanda petik) pada isian.
Mencari DNS tercepat dengan Namebench

Silakan atur pilihan yang disediakan Namebench sesuai selera kalian, jika sudah selesai mengatur klik "Start Benchmark" untuk memulai proses pencarian DNS tercepat. Proses ini berjalan cukup lama, jadi harap sabar menunggu.

Setelah proses benchmark selesai, kalian akan mendapatkan laporan berformat HTML yang langsung dibuka dengan web browser (lihat gambar pertama). Nah, jika sudah mendapatkan laporan, kalian seharusnya mempunyai DNS yang siap dipakai untuk mempercepat koneksi Internet.

Memakai DNS hasil pencarian (benchmarking)
Untuk memasukkan alamat DNS yang kalian dapatkan, klik pada ikon Network Manager dan pilih "Edit Connections ...". Kemudian edit koneksi yang kalian pakai, kemudian isikan alamat DNS pada bagian "DNS Servers" (lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya).
Memasukkan alamat DNS di Ubuntu

Jangan lupa mengklik "Save" untuk menyimpan setingan. Mungkin, kalian juga perlu untuk meng-connect ulang koneksi yang sudah ada (alias disconnect lalu connect lagi) untuk dapat melihat perubahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mempercepat koneksi internet di ubuntu dengen mengganti dns"

Poskan Komentar