Hosting Unlimited Indonesia

Cara Mudah Membuat Linux Ubuntu 11.04 Semakin Menarik

Pertama: Atur Repository Ubuntu

Buka Ubuntu Sofware Source (USC). Edit - Software Sources. Pada tab pertama (Ubuntu Software) centang semua opsi repository. Dan pada Tab kedua (Other Sofware) centang opsi "Canonical Partners". langkah pertama ini akan membuat Ubuntu memiliki sofware versi terbaru.
Bagi pengguna DVD repository Ubuntu 11.04 tambahkan repository melalui Ubuntu Sofware Center - Software Sources. Lalu pada tab Other Software klik "Add Volume" kemudian masukkan DVD repository Ubuntu 11.04.

Kedua: Atur Visual Efek Ubuntu

Jalankan efek visual. Sebelumnya install dahulu driver kartu grafisnya melalui "System - Administration - Additional Drivers". Biasanya Ubuntu memiliki kemampuan untuk mendeteksi kartu grafis yang kita miliki, namun bila tidak terdeteksi, silahkan lakukan konfigurasi secara manual (hardware configuration tool). Silahkan googling untuk mendapati cara konfigurasi secara manual bagi driver yang tidak/belum terdeteksi oleh Ubuntu.

System - Appreance Preferences - Visual Effect untuk aktifkan Compiz Fusion

Ketiga: Atur Font Ubuntu

System - Appreance Preferences - Fonts untuk mengatur ukuran font

Bila font terasa terlalu besar (ukuran 11) kita dapat merubahnya menjadi 9 atau 10 atau sesuai dengan keinginan kita. Caranya buka melalui System - Appreance Preferences dan pilih tab "Fonts". Di sini kita juga dapat mengatur themes, background dan visual effects. Bagi yang telah menjalankan Langkah Kedua diatas, aktifkan efek visual di sini (pada tab Visual Effect).

Keempat: Atur Search Engine Google
Klik kanan pada kotak search dan pilih "add to search bar"

Secara default, Ubuntu menggunakan Google Custom Search Engine dan bukan Google.co.id. Caranya pada Firefox install add-ons "Add to Search bar". Kemudian kunjungi google.co.id (arahkan kursor) klik kanan pada "Google search text area" lalu klik "add to search bar".

Beri nama Search Engine

Beri nama search engine tersebut, misalnya "Google Indonesia".

Manage Search Engine

Selanjutnya pada search bar Firefox (klik kiri) pilih "Manage Search Engine". Bila mau kita dapat menghapus (remove) Google Ubuntu Custom Search. Dan untuk memudahkan kita "Move Up" Google.co.id

Bagi pengguna opera dapat membaca di tutorialnya di halaman ini.

Kelima: Tambahkan Applet Pada Gnome Panel
Add to Panel

Tambahkan Applet pada Gnome Panel, caranya pada Gnome Panel klik kanan, lalu pilih "Add to Panel" tersedia banyak applet, dan favorit Waroeng Ubuntu adalah "Force Switch" suatu applet yang berguna untuk mematikan suatu aplikasi yang sedang berjalan secara paksa.

Tambahkan applet favorit pada top panel, misalnya Google Chrome, Kill Switch


Tambahkan applet favorit pada bottom panel, misalnya Gedit, Terminal, Synaptic

Keenam: Install Ubuntu Restricted Extras

Bagi yang tidak memilih opsi download dan install aplikasi tambahan (seperti flash, java dan codec-codec multimedia) maka buka Ubuntu Software Center dan Install Ubuntu Restricted Extras. Atau jalankan melalui terminal "sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras".

Ketujuh: Install Medibuntu Repository


Medibuntu merupakan repository bagi aplikasi-aplikasi Ubuntu yang karena satu dan lain hal tidak dapat digabungkan ke Repository Utama Ubuntu, antara lain disebabkan karena masalah perbedaan Legalitas Sofware di sistem hukum masing-masing negara. Buka terminal dan salin perintah dibawah ini (ctrl+c untuk menyalin dan pada terminal tekan shift+ ctrl+v untuk mempaste).

sudo wget --output-document=/etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list http://www.medibuntu.org/sources.list.d/$(lsb_release -cs).list && sudo apt-get --quiet update && sudo apt-get --yes --quiet --allow-unauthenticated install medibuntu-keyring && sudo apt-get --quiet update

Juga jalankan perintah berikut:

sudo apt-get --yes install app-install-data-medibuntu apport-hooks-medibuntu


Perintah pertama untuk memunculkan aplikasi-aplikasi Medibuntu di Ubuntu Sofware Center sedang untuk perintah kedua berguna agar dapat melakukan "crash report" dan melaporkannya kepada Medibuntu Bugtracker.

Kedelapan: Install GetDeb dan PlayDeb

GetDeb berguna untuk menambahkan aplikasi-aplikasi yang belum tersedia di repository Ubuntu, sedangkan PlayDeb adalah aplikasi untuk menambahkan jumlah software game di Ubuntu.

Tambahkan repository GetDeb di sini. Sedangkan untuk repository PlayDeb tambahkan di sini.

bersambung...
Klik di sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Linux Ubuntu 11.04 Semakin Menarik"

Posting Komentar