Sejarah macintosh



Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos diciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.

Awalnya Apple juga sengaja menyembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

Sistem Mac OS sendiri dapat dibedakan menjadi 2, yakni Mac OS Klasik dan Mac OS X.

Mac OS Klasik merupakan sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. OS ini dikenal sebagai suatu sistem yang tidak memiliki sembarang command line atau baris perintah. Sistem operasi ini merupakan sistem yang menggunakan user interface(UI) sepenuhnya.

Sedangkan Mac OS X Merupakan versi terbaru dari Mac OS. Huruf X dari Mac OS C diambil dari huruf romawi yang berarti. Mac OS X memadukan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac serta Managemen memori yang jauh lebih baik.

Perbedaan yang paling mudah dilihat dari Mac OS X ini adalah User Interface. Apple menambahkan Aqua GUI untuk mempercantik tampilan sehingga dapat dinikmati oleh pengguna. Selain itu, teknologi ColorSync juga ditambahkan ke dalam Mac OS X, sebuah teknologi yang berfungsi memberikan sinkronisasi warna sehingga cocok untuk pekerjaan multimedia.

Mac OS X ini awalnya hanya dapat berjalan pada platform PowerPC namun dalam beberapa tahun belakangan terdapat desas-desus bahwa Apple memiliki versi Mac OS X yang dapat berjalan pada platform Intel. Rumornya yakni Apple tidak puas dengan kemajuan platform PowerPC. Namun ini hanya sebuah rumor. Pada tanggal 6 Juni 2005, akhirnya Steve Jobs menjawab desas-desus ini, menurutnya Apple akan melakukan transisi dari PowerPC ke Intel prosesor selama dua tahun kedepan. Selama masa transisi, Mac OS X akan mendukung kedua platform tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sejarah macintosh"