Hosting Unlimited Indonesia

Restore GRUB2 di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

Kalau bicara masalah multi OS dalam satu komputer memang akan memungkin salah satu OS bermasalah dan akan mempengaruhi boot ke OS lainnya. Dalam Netbook Asus EEE PC saya terinstall 3 OS: Ubuntu 10.10, Ubuntu 11.04 dan Windows 7 Home. Karena kesalahan utak atik sistem maka saya tidak dapat boot ke salah satu OS ini. Saya mencoba merestore GRUB dengan Ubuntu 10.10 tetapi hanya 2 OS yang kedetect yaitu Ubuntu 10.10 dan Win 7 (saya tidak tahu kenapa???) kemudian saya buat Bootable Ubuntu 11.04 untuk merestore bootnya dan ternyata berhasil. Ketiga OS saya bisa saya kembalikan lagi. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah:

1.Membuat bootable Ubuntu 11.04 dengan menggunakan Universal-USB-Installer-1.8.0.6 dari pendrivelinux

2.Ubah boot ke flashdisk dan tunggu sampai ada pilihan "Try Ubuntu"

3. setelah sitemnya siap, buka terminal kemudian ketik:

sudo fdisk -l (melihat susunan hardisk saya) dalam kasus saya Ubuntu 11.04 ada di sda6
sudo mount /dev/sda6 /mnt
sudo mount /dev/sda6 /mnt/boot
sudo mount --bind /dev /mnt/dev
sudo chroot /mnt
grub-install /dev/sda



Proses restore akan berlangsung dan kalau pesan "Installation finished.No error reported" muncul maka usaha anda berhasil. Sekarang saatnyahttp://www.blogger.com/img/blank.gif membersih cache sistem, masih di terminal ketik:

exit
sudo umount /mnt/dev
sudo umount /mnt/boot
sudo umount /mnt




restart komputer anda.

Source : KLIK AJA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Restore GRUB2 di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal"

Posting Komentar