Install da jalankan Android di Ubuntu

Android
Bagi yang ingin mencoba Android namun tidak bisa membeli handphonenya, mengapa tidak mencoba Android di komputer kita (Ubuntu). Untuk menjalankan Android, pastikan Ubuntu anda sudah terinstall "openJDK" (openjdk-6-jre). dan khusus untuk komputer x86_64 install paket tambahan 32-bit libraries (ia32-libs), gunakan synaptic package manager untuk instalasi. Setelah itu download Android di Android SDK.




Lalu tempatkan file hasil download di Home (misalnya) ekstrak file tersebut, buka folder "tools" lalu double-clik file "android" pilih "run". Selanjutnya pilih "Settings" dan pastikan beri tanda check pada "Force https://..." box. Klik "Save & Apply".




Sekarang pergi ke "Installed Packages" Lalu klik "Update All". Jendela baru akan muncul dengan update yang tersedia. Klik "Install Accepted". Download akan membutuhkan waktu beberapa lama tergantung kecepatan download anda.






Setelah selesai sekarang kita setting "Virtual Device". Setelah puas dengan setting yang kita inginkan , selanjutnya klik "AVD". Penginstalan Android selesai, selanjutnya saatnya mencoba. Klik "Start". Lalu pilih "Launch" kemudian Android akan melakukan booting yang agak lama.






Berikut adalah screenshot blog Waroeng Ubuntu di browser Android:






Agar mudah meluncurkan "Android" kita buat desktop launcher, caranya klik kanan mouse dan pilih "create launcher" lalu isi pada kolom Name: "Android Emulator" tanpa tanda kutip. Lalu pada kolom command isi dengan "/home/YOURUSERNAME/android-sdk-linux_86/tools/emulator @Android-R10"






Ganti "YOURUSERNAME" dengan username kalian dan "Android-R10" dengan nama Android Device yang kalian gunakan.

Sayangnya sepertinya kita tidak dapat menggunakan Android Market, tetapi kita dapat menggunakan http://handheld.softpedia.com/deviceSoftware/8 untuk menambah aplikasi di Android Emulator yang kita miliki.

sumber : http://waroeng-ubuntu.blogspot.com/2010/07/install-dan-jalankan-android-di-ubuntu.html

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Install da jalankan Android di Ubuntu"