Trimage Image Compressor, Aplikasi Pengompres Gambar pada Linux Ubuntu

Memangkas atau mengompres gambar sebelum diupload ke Internet adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Di antara manfaatnya yaitu untuk mempercepat proses upload & loading gambar tersebut. Selain itu, juga bisa menghemat ‘bandwidth’ ketika dimuat (walaupun mungkin tidak seberapa).

Untuk Anda pengguna sistem operasi Linux Ubuntu, ada satu aplikasi atau perangkat lunak yang sangat mudah digunakan untuk mengompres gambar/image. Nama aplikasinya yaitu Trimage Image Compressor. Ukuran berkasnya cuma 205 kB. Cukup kecil sehingga tidak terlalu memakan ‘space’ di ‘hard-disk’ Anda.

Berikut ini sekilas penjelasan mengenai aplikasi tersebut yang saya kutip dari ‘Ubuntu Software Center’:

Trimage is a cross-platform GUI and command-line interface to optimize image files via optipng, advpng, pngcrush and jpegoptim, depending on the filetype (currently, PNG and JPG files are supported). All image files are losslessly compressed on the highest available compression levels. Trimage gives you various input functions to fit your own workflow: A regular file dialog, dragging and dropping and various command line options.

Cara Install dan Menggunakan Trimage Image Compressor

1. Silakan buka sub menu ‘Ubuntu Software Center’ pada menu ‘Applications’. Lalu ketik kata kunci berupa “trimage” pada kotak pencarian software (sehingga memunculkan nama aplikasi + tombol untuk menginstallnya).



2. Lalu, klik tombol Install dan tunggulah hingga proses penginstallan selesai.
3. Bukalah aplikasi yang sudah selesai Anda install (melalui menu Applications > Graphics > Trimage image compressor).

Jika Anda menggunakan dekstop Unity, buka saja menu ‘Applications’, lalu pada kotak pencarian software, ketikkan dengan kata kunci “Trimage”. Kemudian klik icon aplikasi tersebut untuk mulai menggunakannya.

4. Lalu klik tombol Add and process pada jendela aplikasi yang muncul.

5. Setelah itu akan terbuka jendela baru untuk memilih lokasi/direktori dan nama file gambar yang akan dikompres. Silakan pilih direktori gambar beserta namanya, lalu klik tombol Open untuk mulai mengompres.

6. Silakan tunggu proses pengompressan. Jika file gambar berukuran relatif kecil (di bawah 100 kB), biasanya proses pengompressan berlangsung sangat cepat. Namun jika ukuran gambar di atas 100 kB, biasanya memakan waktu beberapa detik.

Nah, berikut ini contoh hasil pengompresannya.

Ya, walau cuma 8,0 %, sudah cukup lah. Namun berdasarkan pengalaman saya mencoba aplikasi ‘Trimage image-compressor’ ini, rentang besar persentase file yang berhasil dikompres berkisar antara 2,0 % – 15 %.

Contoh hasil kompres sebesar 15 koma sekian persen bisa Anda lihat pada gambar berikut.

Jadi lumayan variatif dan cukup besar juga ukuran atau ‘size’ yang bisa dikompres oleh aplikasi ini. Hasil gambar yang telah dikompres masih ada pada lokasi/direktori yang sama (dengan nama file yang sama pula). Jadi, hasil kompresnya langsung menimpa/me’replace’ file gambar sebelum dikompres.

Sangat mudah dan praktis, bukan?

Lalu, bagaimana dengan kualitas gambar hasil pengompresannya?

Jika dilihat sekilas, menurut saya tidak ada bedanya antara kualitas gambar ketika sebelum dikompres dan ketika sudah dikompres. Dengan dimensi yang sama, tingkat ketajaman kedua kondisi tersebut tampak tidak berbeda. Entahlah jika menurut para ahli desain grafis. Bagi saya yang awam, kualitas gambar hasil ‘compressing’ aplikasi ini tidak mengecewakan.

Nah, selamat mencoba.


SUMBER


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trimage Image Compressor, Aplikasi Pengompres Gambar pada Linux Ubuntu"

Poskan Komentar