VISUAL BASIC

Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ke-4 (fourth generation programming language) yang diciptakan oleh Microsoft. Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan pengembangan Basic Interpreter untuk IBM. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (Basic Advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).

Sejarah BASIC ditangan Microsoft sebagai bahasa yang diinterprestasi (BASICA) dan juga bahasa yang dikompilasi (BASCOM) membuat Visual Basic bisa memilih kode terkompilasi atau kode yang harus diinterprestasi sebagai hasil executable dari kode VB. Sayangnya, meskipun sudah terkompilasi jadi bahasa mesin, DLL bernama MSVBVMxx.DLL teteap dibutuhkan, namun karakteristik bahasa terkompilasi tetap muncul (ia lebih cepat dari kalau kita pakai mode terinterprestasi).

Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)
Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung OOP, namun tidak sepenuhnya. Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module. Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitif.

Desain Visual dan Komponen
Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain. Namun komponen ActiveX memiliki masalahnya tersendiri yang dikenal sebagai DLL hell. Pada Visual Basic.NET, Microsoft mencoba mengatasi masalah DLL hell dengan mengubah cara penggunaan komponen (menjadi independen terhadap registry).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VISUAL BASIC"

Poskan Komentar