10 Alasan untuk Tekan Biaya menggunakan Windows Server 2008 R2 !

Jika anda suka dengan Windows 7 yang terpasang di netbook atau laptop anda, silahkan pertimbangkan Windows Server 2008 R2 yang sebenarnya adalah Windows 7 versi server. Sistem Operasi ini lebih bertenaga, lebih cepat, dan lebih efisien berjalan di server 64 bit anda.
Banyak sekali fitur Windows Server 2008 R2 yang sangat bermanfaat, terutama jika anda ingin penghematan banyak di perusahaan. Silahkan pertimbangkan beberapa fitur di bawah ini :

1. Menekan Biaya INTERNET/INTRANET WAN !
Di masa sulit sekarang ini, banyak perusahaan menerapkan sistem client-server untuk menekan biaya pemeliharaan server yang tinggi. Dengan cara ini maka biaya transportasi/akomodasi untuk pemeliharaan server bisa diminimalisir.
Nah masalah di Indonesia, bandwidth untuk Intranet atau Internet sangat terbatas, dan relatif mahal. Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan kinerja kantor cabang, misalnya menggunakan perangkat kompresi jaringan dan sebagainya.
Windows Server 2008 R2 memiliki fitur “BranchCache (TM)”
BranchCache bisa digunakan meningkatkan kinerja akses file remote menggunakan metode file caching yang cerdas. File mana yang harus dicache bisa dilacak berdasarkan permintaan akses dari kantor cabang. File-file juga bisa diambil dari PC-PC di kantor cabang menggunakan distributed mode “Peer-to-Peer caching” atau menggunakan hosted mode melalui server BranchCache terpusat. Server terpusat ini akan melacak semua permintaan file dan update untuk meyakinkan semua file yang dicache adalah yang terbaru.
Hasilnya kinerja kantor cabang akan meningkat, tanpa harus meningkatkan kapasitas bandwidth dari Service Provider !

2. Menekan Biaya pembelian Mini Computer atau Mainframe !
Windows Server 2008 R2 merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan hanya arsitektur 64-bit ! Sistem operasi ini juga lebih ringan dan lebih cepat dari pada sistem operasi Windows Server sebelumnya.
Keunggulan lain adalah Windows Server 2008 R2 bisa menggunakan sampai 256 Processor ! Dengan manajemen memori yang lebih canggih, server anda akan melaju lebih kencang dan efisien. Sehingga yang anda perlukan sekarang adalah mencari aplikasi yang tepat, untuk memindahkah aplikasi Mini Computer atau Mainframe anda ke server berbasiskan Windows Server 2008 R2.

3. Menekan Biaya Pembelian Server dan Manajemen melalui Konsolidasi !
Konsolidasi Server merupakan satu cara untuk menekan biaya pengadaan server. Konsolidasi ini bisa dicapai dengan menggunakan teknik Virtualisasi. Sayangnya virtualisasi seringkali berjalan lambat karena servernya kurang bertenaga.
Windows Server 2008 R2 memiliki beberapa fitur untuk menjalankan virtualisasi dengan cepat melalui dukungan teknologi hardware !
• Windows Server 2008 R2 memanfaatkan secara penuh kekuatan CPU 64 bit. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi pertama dari Microsoft yang hanya berjalan di arsitektur 64 bit. Aplikasi 32 bit masih bisa berjalan dengan mulus di R2 ini, namun aplikasi 64 bit akan berjalan dengan jauh lebih efisien di atas server canggih bertenaga Intel dan AMD
• Windows Server 2008 R2 juga memiliki peningkatan kinerja yang luar biasa. R2 mampu menjalankan sampai 256 logical processor di dalam sebuah server. Dengan menggunakan Hyper-V, R2 bisa memanfaatkan sampai 64 logical processor
• Pengaturan memory management yang jauh lebih baik, juga akan lebih meningkatkan kinerja Windows Server 2008 R2
Semua fitur2 tadi jika dikombinasikan dengan Hyper-V, maka server anda akan menjadi monster yang sangat cepat dan powerful dengan biaya yang sangat rendah.

4. Menekan Biaya Listrik !
Windows Server 2008 R2 memiliki beberapa fitur untuk meningkatkan efisiensi pemakaian listrik : Core Parking dan Active Power Policy
• Core Parking gunanya untuk menghidup-matikan CPU Core yang tidak diperlukan untuk menghemat daya. Proses core parking ini hanya memerlukan hitungan milidetik untuk menghidup-matikan core untuk mengantisipasi kebutuhan yang berubah2 tergantung kebutuhan
• Active Power Policy memungkinkan administrator untuk mengatur besarnya daya yang disedot server dengan menggunakan interface manajemen remote berbasis DTMF, misalnya penggunaan daya bisa diminimalkan pada saat servernya tidak banyak penggunanya (misalnya selama akhir minggu)

5. Menekan Kerugian & Kepanikan akibat Downtime !
Windows Server 2008 R2 memiliki fitur Live Migration yang memungkinkan administrator memindahkan VM (Virtual Machine) antara physical host dengan downtime yang sangat kecil sehingga tidak dirasakan oleh para user, karena downtime yang terjadi hanyalah dalam hitungan milidetik. Artinya : tidak ada koneksi yang terputus, dan manajemen data center juga akan jauh lebih dinamis.

6. Kerja dari mana saja dengan Transparan !
Anda sekarang bisa bekerja dari mana saja menggunakan VPN client…., tapi Windows Server 2008 R2 merevolusi koneksi VPN client yang merepotkan itu menjadi sesuatu yang sangat mudah dan handal !
DirectAccess (DA) adalah solusi akses dari mana saja yang bisa digunakan perusahaan untuk menyediakan koneksi aman selalu on untuk semua pengguna. DA bersifat transparan, dan memudahkan para user untuk tersambung ke jaringan korporasi tanpa perlunya VPN client. Semua ini bisa disesuaikan dengan aturan perusahaan yang ada. User yang menggunakan Windows 7 bisa berada di luar kantor terhubung melalui internet, dan akses ke jaringan Intranet korporat akan terjadi secara transparan, seolah-olah user ini sedang berada di kantor saja.
Tidak ada yang perlu diragukan dari sisi keamanan, DA menggunakan teknologi IPsec dan IPv6 dan dikombinasikan dengan banyak inovasi seperti Network Network Access Protection, Server dan Domain Isolation, and Forefront™ Client Security.

7. Menekan Biaya Desktop !
Konsep virtualisasi di Windows Server 2008 R2 diperluas ke dunia desktop.
Teknologi Virtual Desktop Integration (VDI) meningkatkan kemampuan Terminal Services untuk menjalankan aplikasi bisnis melalui desktop remote dari sisi user. Melalui VDI, aplikasi yang dikirimkan melalui Remote Desktop Services akan tampak di Start menu bersama-sama dengan aplikasi lokal lainnya. Hal ini transparan dan sangat mempermudah user.
Virtualisasi desktop ini memiliki banyak kelebihan, seperti manajemen personalisasi yang lebih baik, integrasi desktop virtual yang transparan, peningkatan kinerja grafis dan audio (khusus client Windows 7), dan sebagainya.

8. Menekan Biaya pembelian Storage !
Menurut IDC, storage volume meningkat sangat signifikan antara 2008 – 2012. Oleh karena itu, untuk tetap kompetitif, perusahaan harus bisa mengatur data, bukan hanya disk !
Windows Server 2008 R2 memberikan administrator bermacam-macam kemampuan untuk mengatur data, misalnyamelalui File Classification Infrastructure (FCI). Fitur ini memungkinkan otomatisasi mekanisme klasifikasi yang extensible di atas arsitektur shared file yang ada. Fitur ini memungkinkan administator untuk mengatur langkah2 yang harus dilakukan terhadap file2 tertentu. Selain itu FCI juga extensible ke partner dan ISV…

9. Menekan Biaya Server dan Manajemen untuk UKM !
Windows Server 2008 R2 dirancang Microsoft untuk mudah digunakan UKM (Usaha Kecil Menengah). Ada paket2 khusus yang murah meriah dan affordable.
Selain itu juga ada fitur2 yang sangat memudahkan UKM, misalnya Active Directory Administration Center yang baru yang semua berbasiskan GUI dan menggunakan interface tunggal dan PowerShell. Fitur2 yang lain seperti Best Practice Analyzers, yang memastikan konfigurasi server sesuai dengan best practice, kemudian ada lagi Windows Server Backup utility yang akan sangat mempermudah kegiatan backup.

10. Menekan Biaya Manajemen Server !
Masalah selalu terjadi di mana saja, namun Windows Server 2008 R2 mampu diperbaiki dari manapun tanpa perlu didatangi teknisi. Hal ini akan sangat membantu, disamping juga akan menekan biaya untuk traveling…

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 Alasan untuk Tekan Biaya menggunakan Windows Server 2008 R2 !"