Interface,Kelebihan dan kelemahan VB vs Delphi
14
07
2008
Interface VB vs Delphi


Pengembangan Graphical User Interface (GUI) sebagai akses perubahan pemodelan parametrik 3 Dimensi dengan basis Visual juga Basic Aplication (VBA), selain itu Interface merupakan kumpulan dari “method-method yang kosong juga, tapi interface ini banyak digunakan pada engineering2 software berskala besar, dan juga untuk memberi “definisi” tertentu bagi suatu objek dalam OOP, baik itu yang digunakan pada Visual Basic Juga Delphi.

Dari sisi tampilan, pengguna semakin dimanjakan dengan semakin interaktifnya aplikasi yang digunakannya serta tidak menyulitkan pengguna pemula. Dari sisi proses, dengan adanya perkembangan hardware, memungkinkan adanya beberapa proses yang “kelihatannya” dapat berjalan secara simultan dalam satu waktu.

Keunggulan VB vs Delphi

Visual Basic


Perintah-perintah dalam bahasa VB juga sangat komplit dan di VB kita bisa dengan mudah membuat sebuah program tanpa harus mengetik bahasa program lagi, tetapi cukup mendesign interface/tampilan program dengan VB Editor yang terlah tersedia. Yang paling menarik dari VB terutama adalah tersedianya fasilitas ActiveX. ActiveX merupakan program/fasilitas tambahan yang bisa kita masukan/load ke dalam VB sehingga fasilitas dan kemampuan VB bisa terus meningkat. Selai itu bila kita ingin membuat tombol, tinggal drag saja tombol di toolbox lalu beri code, berbeda dengan software lainnya Anda harus membuat code yang panjang hanya untuk membuat tombol saja. Selain itu source code, ocx VB dapat diperoleh di internet sangat banyak.

Delphi

Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program.
Kegunaan Delphi :
1. untuk membuat aplikasi windows
2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
4. Untuk merancang program .Net (berbasis internet)


IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi. Selian itu Delphi mempunyai database sendiri bawaan Borland.

Kelemahan VB vs Delphi

Visual Basic


Didalam kelebihan pastinya sebuah software memiliki kelemahan, vb memiliki kelemahan yaitu vb tidak memiliki database sendiri dan biasanya vb mengunakan database seperti : mysql,sql server, microsoft access. Selain tidak memiliki database sendiri vb tidak punya pendukung untuk membuat report dari bawaan vb sendiri, tetapi vb menggandeng sebuah software lain contohnya crystal report ataupun Microsoft access untuk membangun sebuah laporan.

Delphi

Delphi memiliki sebuah kelemahan yaitu disaat kita untuk membuat data berbasis float harus diconvert ke string ex : “float to string”, sedangkan di vb tidak. Sama dengan vb Delphi juga tidak memiliki component sendiri untuk membangun sebuah report oleh sebab itu para programing menggunakan software bantuan contohnya crystal report ataupun Microsoft access untuk membangun sebuah report.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Poskan Komentar