MENGKONFIGURASI JARINGAN AD-HOC WIRELESS LAN

Jaringan mnggunakan metode Ad-Hoc ini merupakan suatu cara untuk untuk menghubungkan PC dengan PC yang menggunakan Wireless Card ataupun menggunakan Laptop yang ingin melakukan komunikasi secara jaringan menggunakan media Udara sebagai perantaranya. Sama halnya jika kita ingin menghubungkan antara PC yang satu dan PC yang lain menggunakan media kabel.Pada metode Ad-Hoc ini..salah satu PC / Laptop bertindak sebagai AccessPoint atau yang juga dapat disebut sebagai pembangkit sinyal, yang mana nantinya PC /Laptop yang ingin terhubung dengannya, hanya tinggal melakukan Koneksi terhadap sinyal yang di bangkitkan oleh PC / Laptop yang bertindak sebagai Access Point tadi. Nah bagaimana carannya..mari kita lihat langkah-langkah dibawah ini :
  1. Yang harus diperhatikan pertama kali yaitu, pastikan Setiap PC mempunya NIC yang berupa Wireless Card, karena tanpa Wireless Card, kita tidak akan dapat melakukannya, bagi yang menggunakan Laptop, Pastikan Wireless dalam keadaan aktif / enable.
  2. Tentukan PC/Laptop mana yang akan berperan sebagai Access Point. Misal PC1 (Access Point) dan PC 2 (Client)
  3. Pada PC 1 , Klik menu START >> Control Panel >> Network and Internet Connections >> Network Connections.
  4. Lalu klik kanan pada Wireless Network Connection >> Properties













      5.Setelah itu pilih Wireless Networks dan Selanjutnya pada Preffered Networks pilih Add
    

















      6. Selanjutnya pada tab Association isi SSID sebagai nama dari Wireless yang akan dibuat, dan selanjutnya pada Data Encryption, ganti WEP menjadi disabled, lalu OK.













      7.Maka pada Preffered Network akan muncul nama Wireless yang akan kita jadikan Ad-Hoc nantinya. setelah itu pilih OK.















      8.Selanjutnya Klik kanan lagi pada Wireless Network Connection, lalu pilih View Available Wireless Networks. maka akan muncul Wireless yang telah kita buat tadi , lalu Koneksikan PC kita ke Wireles tersebut.
     9.Setting IP pada PC/Laptop kita, dengan cara, klik kanan pada Wireless Networks Connection, pilih Properties >> Internet Proptocol , lalu Properties.

 


















      10.Lalu masukan IP pada kotak yang tersedia pada kotak Use the following IP Address, Misalkan : IP Address : 192.168.10.1 , Subnet Mask : 255.255.255.0



















 11. OK. setting di PC / Laptop I selesai. Lanjut ke PC/Laptop II.
12. Pada PC II kita tidak usah terlalu banyak melakukan setting dengan cara yang sama, masuk ke Properties >> Internet Protocol (TCP/IP) >> Properties. isi IP address : 192.168.10.2 Subnet Mask : 255.255.255.0. Lalu OK.
13.Selanjutnya click kanan lagi pada Wireless Network Connection >> view available Network Connection.
14.Jika kita melihat nama Wireless yang kita buat tadi. lalu pilih dan CONNECT.
15.ok, selesai
16.Nah sekarang untuk mengecek apakah koneksi telah tersambung dan berhasil,. masuk ke Command Prompt, Start >> All Programs >> Accessories >> Command Prompt.
17.Misalkan mau mengecek koneksi PC2 ke PC1, ketikan PING 192.16810.1 , lalu tekan enter     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGKONFIGURASI JARINGAN AD-HOC WIRELESS LAN"

Poskan Komentar