Windows NT















Sejarah Windows NT

Windows NT sebenarnya dibangun dari puing-puing sisa pembangunan dari sistem oprasi IBM OS/2 versi 3.0 dimana dalam pembangunan sistem operasi tersebut Microsoft dan IBM
melakukan pengembangan secara bersama-sama. Beberapa saat sebelum sistem oprasi tersebut rampung, Microsoft dan IBM mengakihiri hubungan mereka, dan akhirnya proyek IBM OS/2 pun terbengkalai. Hal ini diakibatkan oleh kesuksesan sistem oprasi grafis yang berjalan di atas MS-DOS, Microsoft Windows versi 3.0, yang terjual lebih dari sejuta salinan dalam waktu kurang dari satu bulan. Sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0 ini memiliki nama kode NT OS/2. Dan akhirnya Microsoft mengembangkan Windows NT sendirian, tanpa di bantu oleh IBM.

Selanjutnya, Microsoft merekrut beberapa orang pengembang sistem operasi dari Digital Equipment Corporation ( DEC ), yang keluar dari perusahaan lama akibat kurang puas karena proyek yang sedang dikerjakannya dihentikan secara paksa. Tim pengembang tersebut di kepalai oleh David Neil Cutler, Sr, yang juga terkenal dengan sistem operasi VMS dan RSX/11M dari DEC. Akhirnya, proyek NTOS/2 pun di ubah namanya menjadi WNT.

Selama tiga tahun pengembangan, Windows NT pun akhirnya menjadi sistem operasi yang benar-benar baru . Bebas dari kode 16-bit milik MS-DOS, mendukung operasi 32-bit, dan semua fitur yang ditawarkan oleh mikropresessor 32-bit, seperti dapat mengalamati memory hingga 4 Gb, dan mode terproteksi. Selain itu, Windows NT didesaign agar kompatibel dengan sistem operasi terdahulu, seperti MS-DOS (yang dijalankan dengan menggunakan tekhnik emulasi), IBM OS/2, dan sistem operasi berbasis POSIX (yang telah diubah kodenya untuk Windows 32-bit).

Edisi WIndows NT

Windows NT diluncurkan dalam beberapa edisi, meskipun peroduk tersebut dibangun dari kode sumber yang sama, yaitu sebagai berikut :
  1. Windows NT Workstation, yang dikhususkan untuk penggunaan pada workstation jaringan.
  2. Windows NT Server, yang dikhususkan untuk penggunaan pada server jaringan.
  3. Windows NT Enterprise Server atau Windows NT Advanced Server, yang sama-sama ditujukan untuk penggunaan pada server jaringan, tetapi menawarkan lebih banyak fungsi dan fitur dari pada Windows NT Server standar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Windows NT"

Poskan Komentar