Pengertian Dan Pemasangan Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twist Pair) merupakan Komponen utama Berlangsungnya suatu jaringan Komputer. Kabel UTP sendiri di bagi menjadi 2 jenis :
  • Shielded ( yang memiliki selubungan Pembungkus )

  • Unshielded ( yang tidak memiliki selubungan pembungkus )

KARAKTERISTIK
Sebelum Kita mempraktikkan tentang pengkabelan kita harus tahu Jenis/Tipe pengkabelan pada kabel UTP. Kabel UTP yang digunakan pada jaringan komunikasi data mengikuti standard EIA/TIA T568B atau Konektor RJ-45 yang digunakan untuk menghubungkan komputer/PC ke HUB. UntukKonektor RJ-45, ada dua jenis pengkabelan pada kabel UTP yaitu :

  • Kabel Straight
  • Kabel Cross

Kabel Straight Merupakan jenis pengkabelan yang digunakan untuk mengkoneksikan dua perangka yang berbeda. contohnya dari komputer ke switch










Kabel Cross Merupakan jenis pengkabelan yang digunakan untuk mengkoneksikan dua perangkat yang berbeda seprti komputer dengan komputer.








Sebelum melakukan Praktik alangkah baiknya kita mepersiapkan apa yang harus kita persiapkan


Alat & Bahan :


Kabel UTP 1 meter
Konektor RJ-45 (Secukupnya)
Crimping
Tools
LAN Tester
Gunting (jika dibutuhkan)


*Crimp Tool*

Crimp tool / Crimping tool adalah alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 tergantung kebutuhan. Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti bisa memotong kabel, mengupas dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya diperuntukan untuk crimping RJ-45. Contoh gambarnya seperti ini.













*Kabel Tester/LAN Tester*

Supaya anda yakin bahwa pemasangan kabel ke konektor sudah ok lebih baik kalau anda juga memiliki cable tester seperti berikut ini. Car a penggunaannya adalah dengan memasang ujung kabel ya ng satu ke TX di cable tester yang besar kemudian set auto, kemudian di ujung yang lain kita pasang remote cable test er. Setelah itu anda cukup melihat remote cable tester saja. Apabila menyala berarti kabel terkoneksi dengan baik sementara apabila mati bera r ti ka bel terputus























Semuanya Telah Kita bahas Alat & Bahan sudah kita siapkan sekarang tinggal Melakukan Praktik :)

*Tips untuk memasang Kabel ke Konektor*

1. Siapkan semua peralatan terutama kabel, konektor RJ-45 dan Crimping tool.

2. Kupas bagian luar kabel (pembungkus kabel-kabel kecil) kira-kira sepanjang 1 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang biasanya ada pada crimp tool (bagian seperti dua buah silet saling berhadapan itu untuk mengupas)

3. Susun kabel sesuai dengan keperluan. Apakah anda ingin menyusun kabel Straight atau kabel Cross.

4. Rapihkan susunan kabel dengan cara menekan bagian yang dekat dengan pembungkus kabel supaya susunan kabel terlihat rata.

5. Potong ujung-ujung kabel yang tidak rata dengan pemotong kabel (bagian yang hanya memiliki satu buah pisau dan satu bagian lagi datar pada crimp tool adalah pemotong kabel) sampai rapih.

6. Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidak terbungkus, coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ-45. Kalau masih belum coba terus ditekan sambil dipastikan posisi kabel tidak berubah.

7. Setelah anda yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke crimping tool untuk di pres.

8. Kemudian anda bisa menekan crimping tool sekuat tenaga supaya semua pin RJ-45 masuk dan menembus pelindung kabel UTP yang super kecil tersebut.

9. Lakukan langkah yang sama untuk ujung kabel yang satu nya lagi.

10. Apabila anda sudah yakin dengan pemasangan yang anda lakukan selanjutnya adalah test dengan menggunakan LAN tester apabila ada

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Pemasangan Kabel UTP"

Poskan Komentar