10 Langkah Menambah Repository Online

repository (= gudang paket aplikasi) adalah hal yangkrusial dilakukan setelah proses instalasi Mandriva usai. Mengapa? Karena lewat repository inilah kita dapat menambahkan bermacam – macam aplikasi yang belum tentu ada di cd/dvd instaler Mandriva, dengan mudah dan cepat, tanpa dipusingkan oleh file – filedependency apa saja yang dibutuhkan. Yang penting komputer terhubung online dengan internet (meski bisa juga secara offline dengan menggunakan dvd repository)

Gambar 01.

Berikut 10 langkah praktis menambahkan repository online di Mandriva (2009):
1. Klik icon  “Configure Your Computer” pada panel desktop atau “Menu” > “Tools” > “System Tools”
2. Masukkan password root
3. Klik “Configure media sources for install and update”(Gambar 01)
4. Klik menu “Options” > “Global Options”
5. Pada bagian “Download program to use” pilih wget (langkah ini optional, defaultnya adalah aria2. Gunakan wget bila Anda gagal menggunakan aria2). Pada “XML meta-data download policy” bisa anda ubah menjadi “Never” untuk mempercepat proses instalasi saat anda memilih-milih paket yang akan diinstall nantinya. Selanjutnya klik OK. (lihat gambar 02).

Gambar 02.
6. Pilih “File” > “Add Media” (gambar 03). 


Gambar 03.
7.  Akan muncul dialog “Choose media type”.

Gambar 04.

8. Pilih “Full set of sources” (gambar 04) Pilihan ini akan mendownload secara lengkap seluruh list berkas repository, meliputi kategori main, main updates, main testing, main debug, contrib, dst. Sementara bila Anda memilih “Update sources only” atau melewati langkah ini dengan mengclose maka yang akan dimuat hanyalah berkas berkas pada kategori main updates, contrib updates, dan non-free updates saja. (konsekuensi: update full set akan memakan waktu lebih lama ketimbang update sources only, namun isinya lebih lengkap)
9. Selanjutnya akan muncul dialog “Mirror Choice”, pilih “No”.(Gambar 05)

Gambar 05.

Sistem otomatis akan mendownload list repo dari internet. Setelah selesai Anda akan disuguhi tampilan seperti gambar 06. Dalam list “mirror choice” silahkan pilih server repo yang anda sukai. Server repo “Japan” bisa anda coba. selain reponya uptodate, kecepatan link internationalnya juga lumayan bagus.

Gambar 06.
10. Bila sudah klik OK, aplikasi otomatis akan terhubung ke server repo yang anda pilih dan mulai mendownload daftar berkas darinya. (lihat gambar 07) Tunggulah beberapa menit. Bila berhasil, hasilnya akan tampak seperti pada gambar 03.
Gambar 07.

Langkah menginstall aplikasi dari repository

1.   Klik “install & remove software”
2.   Pada kolom find, ketik nama software yang anda mau install. atau pilih dari kategori disebelah kiri.
3.   Klik apply untuk menginstall

    Langkah mengupdate repository
Jangan lupa selalu update repository online anda secara berkala. Karena seringkali bila muncul versi baru, maka otomatis berkas versi lama akan digantikan. Oleh karena itu Anda harus rajin mengupdate list berkas file repo online secara berkala, agar selalu uptodate isinya. Caranya:
1.      Klik “install & remove software”
2.      Klik “file > update media”
3.      Pada dialog update media, beri centang pada kategori repo yang ingin anda update. bila ingin diupdate semua klik “Select all”.
4.      Klik update, selanjutnya program akan terhubung ke server repo dan mengupdate list berkas repo di komputer anda.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Langkah Menambah Repository Online"

Poskan Komentar