Hosting Unlimited Indonesia

Cara Install Squid Proxy Open Suse



--Open Suse sebagai proxy Server.. bisa di lakukan dengan configurasi Squid.
--konfigurasi Squid Open Suse ini ada dua macam cara,pertama dengan cara manual perubahan file configurasi (squid.conf),Kedua perubahan dengan menggunakan cara Webmin.

--Saya Install Squid Proxy pada Open Suse dengan menggukan Webmin saja,Untuk itu anda download dulu Webmin ((DI SINI)),untuk tutorial menginstall webmin bias anda Baca ((DI SINI)).

--Setelah Webmin di Install ikuti petunjuk seperti di bawah ini:
---Install Squid dengan YAST,menggukan Console atau Terminal dengan perintah yast -i squid
---Buka Browser seperti Mozilla Firefox atau Opera atau Internet Explorerhttps://ip anda:10000
---Masukkan User dan Password Webmin Seperti gambar di bawah ini:


---Pada Halaman Webmin anda pilih bagian "Server | Squid"
---klik "Initialize Cache" Untuk melakukan instalasi cache yang di gunakan squid.

---Klik "Return to Squid Index"
---Klik "Ports and Networking" Untuk menentukan port yang di gunakan,Default port Squid adalah 3128.Saya menggunakan Port 8080,Jika sudah di ubah Klik "Save".

---Kembali kehalaman awal dan klik "Other Caches | Add Another Cache",Untuk Hostname yang di bawah hanya contoh saja,Isikan Ip address anda,gunakan port 8080 dan untuk Icp pakai port default saja yaitu 3130.

---Setelah selesai klik Save dan kembali kehalaman utama.
---klik "Memory Usage" untuk ukuran proxy yang digunakan,Isikan 1/3 dari memory anda,setelah selesai klik "Save",Contoh seperti gambar di bawah ini:

---Kemudian klik "Access Control" untuk menentukan batasan-batasan yang digunakn proxy.Kemudian klik "Create New ACL" berdasarkan "Client Address".

--Beri nama ACL pada "Acl Name" kemudian isikan "From Ip" dengan ranges ip yang boleh mengakses proxy,dan isikan “Netmask”,setelah itu klik "Save".contoh seperti gambar di bawah ini:

---Masih di halaman "Access Control", klik "Add Proxy Restriction" Disini kita bisa menentukan apakah suatu aturan membolehkan akses atau tidak terhadap ACL yang sudah dibuat. Dalam hal ACL wirelessrouterproxy sesuai contoh, kita akan memberikan akses "Allow". Pilih ACL yang sudah dibuat, klik "Allow" dan klik "Save".

---Agar ACL yang kita buat diproses lebih dahulu dibandingkan ACL lainnya, pindahkan urutan ACL yang kita buat agar naik ke peringkat atas. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol panah atas pada ACL yang kita buat.

--- Cara Install Squid Proxy Pada Open Suse telah selesai---

---Selamat Mencoba--

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Install Squid Proxy Open Suse"

Posting Komentar