Cara mengamankan komputer dari virus dengan Microsoft Safety Scanner

Mempunyai program antivirus yang bagus adalah sangat penting bagi komputer kita, sekarang kita akan membahas sebuah program portabel dari microsoft yang akan membantu kita untuk memerangi virus komputer, spyware dan program jahat lainnya yang setiap saat mengincar komputer kita.

Microsoft Safety Scanner adalah sebuah program suplemen (tambahan) selain antivirus yang sudah kita punyai di komputer kita, program ini gratis dan tentunya portabel (tanpa diperlukan penginstallan terlebih dahulu) jadi kita bisa langsung menjalankannya dari flashdisk pada komputer manapun yang perlu untuk di bersihkan dari program jahat, virus maupun spyware.

  1. Download Microsoft Safety Scanner dan simpan di flashdisk atau tempat lainnya sesuai selera, kemudian jalankan filenya dengan hak akses Administrator.
  2. Conteng kotak bertulisan “Accept all terms of the preceding license agreement” kemudian klik tombol “Next”.
  3. Disini kita akan dipaparkan apa itu Microsoft Safety Scanner, Perlu diingat, program ini bukan pengganti antivirus yang sudah ada, hanya pelengkap saja. Kita dapat memakainya sebagai ‘opsi kedua’ untuk memperjelas dan mengyakinkan yang telah diberikan oleh program antivirus yang sudah ada.
  4. Sekarang pilihlah jenis pemindaian (scan) yang kita inginkan, kita bisa memilih scan “Quick”, “Full”, atau “Cutomized” ke direktory yang dipilih, untuk hasil yang terbaik ialah memilih opsi “Full” Scan, tapi perlu diingat prosesnya akan memakan waktu yang agak lama (ber-jam2) bergantung kepada besarnya ukuran isi harddisk.
  5. Setelah memilih opsi yang di inginkan, selanjutnya kita akan dibawa pada layar dimana proses pemindaian sedang di jalankan.
  6. Setelah proses selesai kita akan disodorkan hasilnya, beruntung pada contoh proses kali ini tidak ditemukan virus/spyware/malware.
  7. Jika ditemukan virus atau jenis program jahat lainnya, kita akan diberitahukan untuk menghapusnya.


    Dan juga kita akan dipaparkan lebih detil juga tentang jenis virus/program jahat tersebut.

    Jika kita meng-klik link yang dipaparkan tersebut, maka kita akan dibawa ke situs Microsoft Malware Protection Center untuk melihat lebih detil lagi.

Sementara MS Safety Scanner adalah suplemen yang baik untuk perangkat lunak anti-malware yang ada saat ini, adapun sedikit kekurangan, menurut situsnya program ini akan kadaluarsa setelah 10 hari di unduh, jadi pada saat berikutnya jika kita ingin menggunakannya, kita harus mendownload versi terbarunya lagi di situsnya Microsoft.

Datang dengan versi 32bit dan 64bit, pastikan download sesuai dengan versi os masing2. Perangkat ini berguna apabila kita sudah tahu bahwa komputernya terinfeksi oleh virus, dan ingin membersihkannya dengan memakai flashdisk.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengamankan komputer dari virus dengan Microsoft Safety Scanner"

Poskan Komentar