Overview Terminal Services di Windows 2008

Overview Terminal Services di Windows 2008 Server


Kali ini Microsoft tak mau ketinggalan jauh dengan Citrix untuk teknologi multi-user, dengan menghadirkan banyak fitur baru di Windows 2008 Terminal Services. Dalam Terminal Service Windows 2008 ini Microsoft berusaha membuat pelanggannya untuk tidak perlu lagi membeli Citrix, karena banyak fitur-fitur yang ada di Citrix yang mereka bangun dan kembangkan sendiri dan dihadirkan dalam Terminal Services Windows 2008.
Berikut fitur-fitur baru yang ada di Terminal Services Windows 2008:
• Terminal Services RemoteApp
• Terminal Services Web Access
• Terminal Services Session Broker
• Terminal Services Gateway
• Terminal Services Easy Print
Terminal Services RemoteApp
Fitur yang memungkinan user dapat menjalankan aplikasi pada server dengan melalui Terminal Services (TS). TS RemoteApp seperti Citrix's Application Publishing. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk menyebarkan aplikasi yang tersentralisasi. TS RemoteApp juga dapat berjalan berdampingan dengan aplikasi yang ada di user (local). Untuk mengakses TS RemoteAPP ada beberapa cara:
1. Menggunakan Remote Desktop Protocol (.rdp), file ini dapat dibuat dengan menggunakan TS RemoteApp Manager, setelah itu admin akan membagikan ke user yang membutuhkan.
2. Menggunakan Windows Installer Package(.msi package), file ini juga di buat dengan menggunakan TS RemoteApp Manager yang selanjutnya admin membagikan ke user.
3. Selain itu juga bisa melalui Web tapi sebelumnya anda harus mengaktifkan perizinan TS Web Access.
Terminal Services Web Access
Memungkinan user untuk me-remote aplikasi dan desktop yang berada di Terminal Server dari sebuah browser web. Dengan menggunakan TS Web Access user dapat mengakses aplikasi ataupun desktop baik dari Intranet ataupun Internet.
Terminal Services Session Broker
Fitur ini berfungsi untk melakukan load balancing didalam terminal server Farm. Pada windows 2003 Session broker disebut Session Directory, di windows 2003 fitur ini kurang populer karena hanya ada di Windows 2003 Enterprise Edition. Dengan menggunakan TS Session Broker Load Balancing ketika ada session baru, Session broker mencari Terminal server (dalam Terminal Sever Farm) mana yang mempunyai sesion paling sedikit dan di situlah akan di lakukan, dengan demikian beban Terminal Server dapat disamaratakan.

Terminal Services Gateway
Fitur ini memperbolehkan user di luar untuk terhubung ke dalam jaringan private network. Kalau ada yang bertanya: "Bukankah fitur ini sudah ada di TS Web acces, trus apa dong bedanya?" Jawabnya: Beda, untuk TS Web Acces sama dengan Web interface dengan kata lain semua daftar aplikasi yang ada di terminal server ditampilkan di sini, dan untuk menjalankanya kita tinggal klik pada iconnya. Sedangkan TS Gateway mengijinkan RDP client untuk komunikasi dengan Terminal Services menggunakan protokol HTTPS, hal ini membuat koneksi jauh lebih aman karena protokol RDP akan dibungkus (dienkripsi) lagi selain itu dapat berjalan di belakang firewall dan melewati Network Address Translation (NAT), karena HTTPS menggunakan port 443 banyak policy perusahaan yang membuka port tersebut. Dengan menggunakan TS Gateway kita tidak perlu membutuhkan VPN untuk koneksi ke dalam jaringan private network.

Terminal Services Easy print
Fitur ini muncul untuk menyempurnakan fitur printing redirection pada versi Terminal Services sebelumnnya. Dulu untuk melakukan pencetakan dari Terminal Services, driver printer harus di-install di kedua TS client machine dan TS server machine tapi dengan TS easy print maka user dapat mencetak dokumen dari Terminal Services tanpa harus meng-install driver printer pada TS server machine (hanya di TS client machine).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Overview Terminal Services di Windows 2008"

Poskan Komentar