Partisi PCLinuxOS pada Instalasi Single Boot PCLinuxOS

DASAR-DASAR
Berikut adalah pemartisian di PCLinuxOS. Beberapa partisi yang sering digunakan untuk single boot install PCLinuxOS antara lain:
Partisi Utama:
1.Partisi "/"
"/" -> Partisi utama di PCLinuxOS, untuk bisa menjalankan PCLinuxOS dan atau distribusi linux lainnya.

Partisi Opsional:
1. Partisi "/home"
"/home" -> Partisi untuk dokumen atau data user, partisi ini secara "default" sudah termasuk di dalam partisi "/".

Note:
*Beberapa user linux ada yang menggunakan partisi /home secara terpisah dengan alasan mudah untuk dibackup jika melakukan install ulang. Dan ada pula yang tidak membuat partisi ini dengan alasan liveCD pclinuxos pun tetap bisa membackup sistem. Pilihan partisi ini kembali kemasing-masing pengguna, mana yang lebih disuka.

*Bila partisi "/home" ingin dipisah, pastikan partisi "/" memiliki ukuran yang memadai, agar pada saat penambahan software atau program, partisi "/" masih dapat menampung dengan baik.

2. Partisi "swap"
Partisi ini digunakan sebagai cadangan memory RAM, jika RAM bawaan komputer tidak mencukupi untuk menjalankan suato proses. Ukurannya adalah 2 x ram komputer, bila RAM komputer 128MB maka swap dibuat menjadi 256MB.

Note:
Penggunaan swap dahulu digunakan untuk mengakali kekurangan ram komputer dengan mengambil space harddisk. Namun untuk saat ini, Penggunaan swap tidak selalu diperlukan karena kapasitas ram saat ini sudah berukuran "giga". Jika tetap menggunakan swap, rumus swap tidak harus selalu 2 x RAM komputer. Dan kembali kemasing-masing pengguna, mana yang lebih disuka.

3. Partisi "kosong"
Partisi kosong ini adalah partisi yang digunakan untuk berbagai keperluan penyimpanan. Partisi ini bisa berupa partisi NTFS ataupun native linux.

MEMULAI MELAKUKAN PARTISI DI PCLINUXOSUntuk memulai melakukan partisi di PCLinuxOS bisa dilakukan pada saat menginstall pclinuxos. Dengan memilih "Custom Partition". Berikut adalah tampilan "custom partition".
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart1.jpeg
Untuk memulai, klik area kotak, kemudian "create":
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart2.jpeg
Nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini, dan pada gambar dibawah ini adalah contoh pembuatan partisi "/", pilih ukuran "size" partisi yang diinginkan, pada filesystem type pilih Journalised FS:ext4 (Jenis partisi linux yang terbaru). Kemudian mount point pilih "/".Jika sudah klik "ok".
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart3.jpeg
Nanti akan seperti ini bentuk box partisinya (partisi "/").
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart4.jpeg
Untuk membuat partisi selanjutnya klik area box yang masih kosong kemudian klik "create". Pada gambar dibawah ini adalah pembuatan partisi swap.
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart5.jpeg
Kemudian pembuatan partisi "home":
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart6.jpeg
Kemudian untuk pembuatan partisi kosong, pada contoh ini filesystem tetap berupa journalised fs: ext4, kemudian mount point dikosongkan(bisa pula diganti dengan NTFS, sesuaikan mana yang lebih disuka).Seperti gambar dibawah ini.
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart7.jpeg
Jika sudah klik ok, maka susunan box partisi akan seperti gambar dibawah ini:
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart8.jpeg
Kemudian jika sudah dibuat, lalu klik "done".
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart9.jpeg
Kemudian OK.
http://cidtux.files.wordpress.com/2010/10/partisipart10.jpeg
dan Next, partisi akan segera diformat.

Proses partisi selesai dan pada contoh diatas adalah proses pemartisian pada saat melakukan instalasi. Untuk melakukan partisi lainnya setelah PCLinuxOS terinstall bisa langsung ke "Configure Your Computer" -> Local Disk -> Manage disk Partitions. Dan hati-hati jangan sampai partisi utama "/" terhapus. Jika terhapus maka PCLinuxOS harus diinstall ulang lagi dari awal.

Semoga berguna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Partisi PCLinuxOS pada Instalasi Single Boot PCLinuxOS"

Poskan Komentar