Pengenalan FreeBSD


FreeBSD merupakan sistem operasi bertipe Unix versi 4.4.BSD-Lite untuk komputer Intel (x86), DEC Alpha, dan Sun Ultra SPARC. FreeBSD dibuat oleh Computer Systems Research Group (CSRG) di University of California at Berkeley.
Selain FreeBSD, OS lain yang berbasis BSD adalah NetBSD dan OpenBSD. Perbedaan dari ketiga OS tersebut simplenya seperti ini. Dilihat dari kelebihannya.


1. FreeBSD : mendukung byk 3rd party software dng semboyan “ready to serve”.
2. OpenBSD : menitikberatkan pd security, dgn slogan canggihnya “secure by default”.
3. NetBSD : Mendukung banyak hardware dan berbagai arsitektur.                                 

4. PCBSD : Sama seperti di atas namun memiliki manajemen paket PBI.
Menurut FreeBSD Handbook (2003), FreeBSD dikatakan sebagai Sistem Operasi server karena mempunyai fitur-fitur seperti berikut ini:
Preemptive Multitasking.
Merupakan pembagian kerja proses yang dapat disela, sehingga mengakibatkan sharing sumberdaya komputer antar aplikasi maupun antar user terjadi dengan adil dan baik, walaupun sistem sedang dalam beban yang berat dan penuh.
Multi-user facilities.
Fasilitas ini mengijinkan banyak user menggunakan sistem FreeBSD secara bersama-sama dan bersamaan untuk mengerjakan hal yang saling berbeda.
TCP/IP Networking.
TCP/IP Networking di FreeBSD mendukung standar-standar industri, misalnya DHCP dan NFS. FreeBSD juga mendukung penomoran IP versi 6. Ini berarti sistem FreeBSD dapat beroperasi lintas system dengan mudah dan tetap dapat digunakan ketika IP versi 6 harus digunakan. Sehingga FreeBSD dapat digunakan untuk enterprise server yang menyediakan layanan vital seperti WWW, FTP, routing, dan firewall.
Memory Protection.
Menjamin bahwa aplikasi atau user tidak dapat saling menginterferensi satu dengan lainnya. Ini berarti, satu aplikasi yang crash tidak akan mempengaruhi aplikasi lainnya.
• Mendukung Symetric Multi Processor.
Mendukung komputer yang mempunyai lebih dari satu prosesor yang simetris.
Binary Compatibility.
Kompatibilitas dengan program-program lain yang dibuat untuk Linux, SCO, SVR4, BSDI, dan NetBSD.
Pada dasarnya, FreeBSD bekerja dengan banyak Daemon. Dapat dikatakan, daemon merupakan software atau modul kecil yang residen di memori untuk menjalankan layanan tertentu. Menurut situs www.freebsd.org, ucapan kata daemon sering disalahartikan menjadi setan sehingga logo FreeBSD adalah setan kecil.
Menurut FreeBSD Handbook (2003), perusahaan-perusahaan besar yang ada di internet dengan menggunakan FreeBSD antara lain adalah:
• Yahoo! (www.yahoo.com)
• Apache (www.apache.org)
• Netcraft (www.netcraft.com)
• Sony Japan (www.sony.co.jp)
• Sophos Anti-Virus (www.sophos.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan FreeBSD"

Poskan Komentar