Tips Mengunakan E-mail sebagai Brandingtool


Dalam artikel ini akan diperkenalkan kepada kita teknik advertising dengan menggunakan alamat email kita. Bila selama ini kita menggunakan layanan email gratis, secara tidak langsung kita ikut mempromosikan bisnis mereka dengan menyebarluaskan domain name layanan itu.

Apakah kita bisa mempunyai domain name sendiri dan digunakan hanya untuk alamat email tanpa harus meluncurkan sebuah situs web ? 
Jawabannya : BISA !!!
Dengan mencantumkan brand atau merek dagang kita pada alamat email kita, hal tersebut merupakan cara promosi dan pemasaran yang termurah dan excellent untuk meningkatkan branding usaha kita.

Bila alamat email masih terbaca bisniskita@cbn.net.id atau namakita@smg.vision.net.id kita sedang melakukan branding untuk ISP kita. Mengapa kita mesti lakukan ini ? padahal kita malah membayar mereka tiap bulannya.
Ada kemungkinan, kita tidak menyadari bahwa kita punya sebuah pilihan yang lebih baik. Dari pada mempromosikan indonet, visionnet, idola, indosat dan provider lainnya, kita bisa mempromosikan dan memperkenalkan merek, nama dagang atau usaha kita sendiri.

Kita tinggal mencari web host provider yang juga menyediakan layanan business mail atau email hosting. Selain kita akan mendapatkan layanan email hosting dengan nama domain kita sendiri, mereka juga punya fasilitas email forwarder, dimana email yang masuk ke alamat yang baru dapat diteruskan secara otomatis ke alamat email yang kita pakai sekarang, atau sebaliknya.

Tidak perlu kita khawatir bahwa tanpa mempunyai situs web sendiri, bukan berarti kita tidak bisa mempunyai nama domain kita sendiri. Sekali lagi, untuk mencantumkan domain name kita atau usaha kita, yang diperlukan hanya mendaftarkan domain name kita tersebut dan mengambil layanan email hosting yang sesuai dengan kebutuhan kita. Layanan email hosting ini bisa dipakai baik melalui email program seperti outlook express atau eudoramail maupun di-akses dari web seperti pada layanan Yahoo atau Hotmail.

Untuk mendaftarkan sebuah nama domain, kita mungkin perlu tool khusus untuk memeriksa dan mencari nama domain yang sesuai dengan brand atau kata kunci yang kita inginkan. Kita dapat memeriksanya melalui www.domainwhitepages.com dan mencari alternatif nama lainnya bila ternyata unavailable.

Dalam memilih nama domain, perlu diperhatikan hal-hal berikut :

1. Pilih nama domain yang mudah diucapkan dan singkat hingga mudah diingat.
2. Hindari hypen/tanda baca, nomer dan singkatan untuk menghindari kebingungan pengunjung.
3. Usahakan mendapatkan ekstensi .com, bila terpaksanya sudah unavailable, pilih .net, .info, .biz atau .org.
4. Domain dengan ekstensi .id akan mempunyai prosedur pendaftaran yang cukup rumit dan ketat.
5. Domain dengan 3 – 4 kata masih bisa ditolerir asal tidak lebih dari 6 suku kata.

Menggunakan nama domain kita sendiri tidak hanya sebagai branding tool yang cost-free, melainkan juga akan menambah kredibilitas bisnis kita di mata korespondensi, dan yang penting alamat email kita akan tetap sama, meskipun kelak kita tidak puas dengan internet provider dan berpindah ke ISP yang lain.
 
 
 
Sumber : Ilmu Komputer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengunakan E-mail sebagai Brandingtool"

Poskan Komentar