TUTORIAL DESKTOP MANDRIVA UNTUK PEMULA

Mengapa Mandriva Linux.?
Bagian ini menyuguhkan informasi bagi orang yang baru mengenal Linux, terutama Linux Mandriva. Informasi yang ada disini dapat ditambahkan secara periodik.

Kenapa menggunakan Linux Mandriva ?
Apakah Anda ingin menjadi Ahli dalam menggunakan Linux Mandriva ?
Bagaimana saya menginstall Linux Mandriva ?
Jika saya bisa mendownload Linux Mandriva secara gratis, mengapa harus membelinya ?
Apakah RPM itu?
Dapatkah saya menggunakan driver dan software Windows dalam Linux Mandriva ?
Bagaimana saya bisa berpindah menggunakan Linux Mandriva ?

Kenapa menggunakan Linux Mandriva ?


Karena efektif dan murah. Lebih dari 4000 aplikasi disertakan dalam Linux Mandriva, dari software office yang kompatible dengan Microsoft Word dan Excel, sampai game, video dan driver sound, software peer to peer, sebuah firewall dengan 3 langkah mudah, multimedia, download dan peningkatan foto digital, layanan e mail, animasi 3D, dan banyak lainnya.
Karena anda akan dilindungi dari serangan virus komputer! Dalam 10 tahun terakhir, hanya sedikit virus jaringan yang menyebar dan menyerang Linux telah dilaporkan, dan sama sekali tidak menyebar melalui Internet. Hal ini tidak memerlukan instalasi perangkat lunak antivirus pada penggunaan Linux di rumah (meskipun, tentu saja, perangkat lunak antivirus disediakan). program virus .exe atau .dat yang jahat pada Windows, tidak berpengaruh terhadap Linux.
Karena anda tidak melanggar hukum. Sejujurnya, sistem operasi yang beredar dipasaran dan aplikasi yang menyertainya penggunaannya tidak sesuai hukum. Dengan menggunakan Linux artinya kembali kejalan yang benar.
Karena Linux Mandriva dapat mengerjakan hampir semuanya.
Karena instalasinya sangatlah mudah (hanya beberapa klik saja).
Karena anda dapat menginstall Linux Mandriva dengan menggunakan lebih dari 60 bahasa!

Karena Linux menggunakan standar komputerisasi dan Internet. Anda dapat memastikan apa saja file yang dapat di akses dan dibaca lagi beberapa tahun kemudian..

Apakah Anda ingin menjadi Ahli dalam menggunakan Linux Mandriva ?
Tidak, pemula dapat memulai menggunakan ditro Linux Mandriva hanya dengan beberapa klik. Antarmuka grafik Linux sudah lebih daripada cukup seperti yang digunakan sistem operasi lainnya agar dapat digunakan secara nyaman. Konfigurasi sistem tidak merepotkan lagi. Mandriva menyertakan beberapa perangkat grafik agar anda dengan mudah mengkonfigurasi seting sistem dan desktop. Era ketika hanya para ahli yang menggunakan Linux sudah lewat!
Bagaimana saya menginstall Linux Mandriva ?

Untuk versi download: file yang harus di download adalah yang menggunakan format ISO (.iso). Versi DVD hanya satu .iso file, sementara itu versi CD ada beberapa. Anda dapat memperolehnya dari Halaman download Linux Mandriva. Setelah anda selesai mendownloadnya, bakarlah. Pilih “burn an image” (bukan data) dengan software pembakar kesukaan anda. Dengan menggunakan Linux Mandriva, hanya dengan klik kanan pada file dan pilih ” burn the image …”. Setelah selesai membakar file tadi, lihat dibawah ini untuk instalasinya.
Untuk versi CD dan DVD: masukkan disk 1 dan mulailah proses instalasi. Pada saat anda dihadapkan pilihan antara menginstall Mandriva Linux bersanding dengan sistem yang ada atau hanya menginstall Linux Mandriva.

Jika saya bisa mendownload Linux Mandriva secara gratis, mengapa harus membelinya ?
Versi gratis sudah bisa digunakan tetapi tidak disertai dengan software tambahan yang berguna yang hanya terdapat di versi komersial, seperti:

Beberapa aplikasi komersial
Driver tambahan, terutama driver video ATI(R) dan NVIDIA(R) agar performa kartu grafis bisa maksimal
Plugin yang sering digunakan : Flashplayer(R), Java(TM), Acrobat(R) reader…
Terdaftar di Club Mandriva
Dukungan dari tim teknikal Mandriva (dukungan melalu telepon atau web tergantung versi yang anda pilih)
Meskipun demikian versi komersial Linux Mandriva harus dibeli!

Isi tambahan dalam versi komersial sudah dikonfigurasi secara otomatis.
Apakah RPM itu?
RPM (Red Hat Package Manager) adalah file format yang digunakan Mandriva pada instalasi software. File-file ini disebut juga “paket”. Untuk menginstall software, tinggal mencari dan menginstallnya dengan menggunakan perangkat grafik yang ada di Mandriva (Mandriva Control Center – rpmdrake) atau browse ke web, download file RPM dan dobel klik untuk menginstallnya.
Beberapa file RPM mempunyai ketergantungan satu sama lain. Hal ini disebut ketergantungan(dependencies). Mandriva telah meningkatkan sistem RPM dalam urusan instalasi otomatis ketergantungan paket RPM jika anda menggunakan perangkat yang telah direkomendasikan (rpmdrake or urpmi).
Dapatkah saya menggunakan driver dan software Windows dalam Linux Mandriva ?

Linux adalah sistem operasi yang lengkap. Makanya kenapa program yang ditulis buat MS Windows (contohnya: file .exe) tidak bisa dijalankan di Linux, dan program yang ditulis untuk Linux tidak bisa dijalankan pada MS Windows. Bagaimanapun juga jika anda tidak dapat menemukan yang anda butuhkan didalam paket yang telah disediakan Linux, beberapa solusi bisa digunakan untuk menjalankan program MS Windows (misal: Wine, Win4Lin, Crossover Office, Qemu, VMWare, dosbox).
Untuk beberapa alasan, driver Windows tidak dapat dijalankan pada Linux (dengan beberapa pengecualian: Wifi, misalnya). Mandriva mendukung secara resmi pemakaian secara luas sejumlah driver tetapi kadangkala, merek baru atau hardware yang tidak biasa dipakai mungkin tidak bisa dikenali dengan benar. Kejadian ini terutama jika perusahaan yang membuat hardware tersebut tidak mau bekerjasama dengan komunitas Open Source untuk membuka kode driver yang tersedia atau tidak disediakannya ijin kepemilikan untuk produk tersebut. Oleh karena itu anda harus membeli hardware yang hanya di dukung oleh Linux.
Anda bisa juga menginstal Linux seperti sebuah aplikasi pada Windows jika anda memulai program ‘Lnx4Win’ yang terdapat pada DVD.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "TUTORIAL DESKTOP MANDRIVA UNTUK PEMULA"

  1. linux bukanlah sistem operasi yg lengkap seperti yg kamu copy paste dari artikel orang..hal ini terbukti dari sulitnya mendapatkan driver terbaru dari hardware dan belum mampu menjalankan game 3D seperti game2 dari EA SPORT..knapa ndak ada sejarah mandriva ditulis juga????

    BalasHapus