Windows 2000

Windows 2000
(atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem operasiWindows yang merupakan versi pengembangan dari Windows NT versi 4.0, dikeluarkan olehMicrosoft tanggal 17 Februari 2000 di Amerika Serikat, setelah beberapa kali mengalami penundaan peluncurannya.

Fitur

Windows 2000 menambahkan beberapa fitur baru, yaitu:

  1. Active Directory yang baru
  2. Image Preview
  3. Browser Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0.
  4. Dukungan untuk Microsoft DirectX. Sebelumnya dalam Windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi OpenGL saja.
  5. Windows Media Player 6.4 terintegrasi. Akan tetapi, versi Windows Media Player tersebut dapat diinstalasikan di dalam versi Windows NT 4.0.
  6. Plug And Play yang lebih canggih, sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart.
  7. Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Model atau dikenal juga dengan WDM.
  8. Dukungan untuk manajemen daya yang lebih baik, yaitu ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya, utamanya ketika digunakan pada komputer portabel seperti halnya laptop atau notebook.
  9. Terminal Service yang telah terintegrasi. Sebelumnya pada Windows NT 4, Microsoft meluncurkan sebuah versi Windows NT tersendiri yang disebut dengan Windows NT 4 Terminal Services.

Versi

Windows 2000 terbagi menjadi beberapa versi, yaitu:

  • Windows 2000 Professional, yang ditujukan untuk untuk menggantikan Windows NT Workstation 4.0
  • Windows 2000 Server, yang ditujukan untuk menggantikan Windows NT Server 4.0
  • Windows 2000 Advanced Server, yang ditujukan untuk menggantikan Windows NT Enterprise Server
  • Windows 2000 Datacenter Server, yang merupakan sebuah kasta baru dalam sistem operasi Windows 2000, yang ditujukan sebagai pengelola pusat basis data yang sangat dibutuhkan dalam pasar korporat.
  • Windows 2000 Limited Edition, yang didesain secara khusus untuk mikroprosesor Intel Itanium yang menggunakan arsitektur IA-64 dariIntel Corporation.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Windows 2000"

Poskan Komentar