Installasi Webmin Pada Mandriva Server Linux 2009 Spring


Webmin adalah antarmuka berbasis web yang berisi beberapa modul untuk membantu administrator untuk mengkonfigurasi dan memelihara beberapa utilitas dan melakukan tugas dengan antarmuka GUI yang nyaman. Menggunakan modul yang sudah preconfigured membatasi tugas dengan tangan. Tetapi untuk administrator yang melakukan perawatan rutin, antarmuka GUI dapat membantu  melindungi  terhadap kesalahan umum dan memungkinkan pemeliharaan dalam pedoman standar.

Pada panel (biasanya di bagian bawah screen) klik pada Configure your computer.

Lalu pilih Software management → Install & remove software. Pada rolling list kiri pilih “All”. Lalu cari Webmin dan confirm dengan OK button. Lalu tutup Software Management Window, tetapi bukan Mandriva Control Centernya. Di dalam Mandriva Control Center, pergi ke System → "Manage system services by enabling or disabling them". Pada line "Webmin", klik "Start" button dan tunggu beberapa detik sampai webmin ditandai dengan "running". Kemudian klik "OK" (pada pojok kanan bawah). Sekarang, kita dapat menutup Mandriva Control Centernya.
Setelah itu, pergi ke Application launcher menu → Tools → Webmin.

Untuk beberapa alasan, kamu dapat melakukan ini dua kali. Cara alternativnya buka web browser dan ketikkan "https://localhost:10000". Replace "localhost" dengan nama komputer kita masing-masing, jika anda menamakannya pada (Configure your computer → Network & internet → Host definitions). Anda harus menerima “suspicious server with no valid certificate”. Pada Konquerror, sebuah dialog box baru terbuka (gambar di bawah ini), pada Mozilla Firefox, pertanyaan di dalam jendela Mozilla (tidak disertakan gambarnya).

Pada Konquerror, pilih "Continue", lalu anda dapat memilih menerima sertifikat secara permanen atau hanya sekali.

Pilih "forever". Pada Mozilla Firefox, kita harus memilih "Details” dan kita ingin menambahkan site ini ke dalam list of authorized sites (gambar tidak disertakan). Sekarang, apapun browsernya, maka akan menanyakan password.

Usernamenya "root" dan berikan password super usernya. Di bawah ini gambar Homepage Webmin.



sumber : www.wiki.mandriva.com


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Installasi Webmin Pada Mandriva Server Linux 2009 Spring"