Linux Blankon

Saya pikir BlankOn adalah distribusi berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia dan tim pengembang BlankOn. Ini adalah distribusi di Indonesia yang mencakup berbagai perangkat lunak yang banyak digunakan oleh konsumen secara umum, seperti program kantor, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor dan bitmap), mendukung berbagai format file multimedia, serta lainnyaprogram menarik.
Tujuan dari BlankOn Linux adalah untuk menyediakan sistem operasi yang cocok untuk pengguna PC umum di Indonesia, khususnya di perusahaan / akademik, kecil menengah, dan sektor pemerintah. Sejak BlankOn 2.0, telah memiliki dukungan multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd, dengan tema Indonesia dan grafis. pengembangan BlankOn terbuka dengan frekuensi rilis tahun sekali atau dua kali per.
Nama BlankOn awalnya berasal dari blangkon sebuah hiasan kepala etnis Indonesia, khususnya umum di kalangan orang Jawa (Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur), Sunda (Jawa Barat dan Banten), Madura, dan Bali.
BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan pada (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan kuno (klasik) penampilan.
Arti nama lain bisa dikatakan transformasi dari "kosong" untuk "di.
BlankOn 1.0Kode Nama: BianglalaBlankOn 2.0Nama Kode: Konde - Dirilis 15 November 2007BlankOn 3.0Nama Kode: Lontara - Dirilis 27 April 2008BlankOn 4.0Nama Kode: Meuligoe - Dirilis 15 November 2008BlankOn 5.0Nama Kode: Nanggar - Dirilis 16 Juni 2009
BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua varian untuk mencapai jenis pengguna komputer canggih untuk pengguna komputer yang memiliki waktu terbatas. Varian diberi nama standar dan minimalis. BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua instalasi alternatif yang Live CD dan alternatif.
Fitur BlankOn 4.0
Umum:
* Menggunakan basis Ubuntu 8.10 dengan ribuan perangkat lunak yang tersedia pada repositori dalam jaringan.* Linux kernel 2.6.27, GNOME 2.24, GIMP, Inkscape, GnuCash dan banyak lagi.* User interface yang menggunakan bahasa Indonesia.* Dukungan multimedia yang lebih baik, Anda dapat langsung memutar mp3 dan DVD baru saja selesai menginstal BlankOn 4.0.* Tema dan tampilan grafis yang khas Indonesia.* Menggunakan swap memori virtual dengan modul compcache kernel yang memungkinkan LiveCD berjalan lancar meskipun RAM terbatas.
Versi Standar
* OpenOffice.org 2.4* Firefox 3 web browser* Program surat elektronik Evolution
Versi Minimalis
* Abiword dan Gnumeric untuk aplikasi kantor* Epiphany Web Browser* E-mail program Thunderbird* Wikipedia browser program tanpa jaringan Daluang.
BlankOn 5.0
Nama kode: Nanggar - Dirilis 16 Juni 2009
Nama Nanggar diambil dari bahasa batak yang memiliki arti Palu.Beberapa fitur unik baru yang dibawa oleh Nanggar meliputi Desktop kontekstual, yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn, yang dapat mengubah tema dan gambar latar belakang desktop sesuai dengan jam komputer atau kondisi cuaca yang berlaku pada waktu itu.
Fitur lain yang unik BlankOn Nanggar proyek Keaksaraan adalah edisi terbaru dari kepulauan yang memberikan kemampuan untuk menulis dan menerbitkan teks dalam script Batak Toba.Nanggar BlankOn Fitur:
* GNOME 2.26 Desktop +* Aplikasi Office: OpenOffice 3.0.1, GnuCash* GIMP 2.6.6* Inkscape 12:46* Firefox 3.0 Web Browser* Kernel 2.6.28
BlankOn Minimalis Nanggar Fitur:
* 0.3.2.1 LXDE Desktop* Program Office: AbiWord 2.6.6, Gnumeric 1.8.4, GnuCash 2.2.6* GIMP 2.6.6* Inkscape 12:46* 2:26 Epiphany Web Browser* Kernel 2.6.28.
BlankOn Linux adalah salah satu karya YPLI yang dilisensikan sebagai domain publik (GNU / GPL). YPLI dengan BlankOn-nya digunakan sebagai studi kasus oleh UNDP dan badan dunia UNESCO sebagai contoh sukses pemanfaatan FOSS di berbagai belahan dunia. BlankOn rilis pertama (versi 1.0 dan 1.1) berbasis distro linux Fedora. BlankOn versi 2 (Bun), 3 (Lontara), 4 (Meuligoe), 5 (Nanggar), dan seterusnya distro berbasis Ubuntu.Pengembangan BlankOn 2 dan seterusnya dalam koordinasi dengan komunitas Ubuntu Indonesia.
Dan jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai BlankOn, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini:
* BlankOn Milis Pengguna: http://groups.google.com/group/BlankOn* Milis Pengembang BlankOn: http://groups.google.com/group/BlankOn-dev* BlankOn Forum: http://forum.blankonlinux.or.id


Sumber : http://global-world-all.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Linux Blankon"

Poskan Komentar