Jumat, 06 Mei 2011

Mengaktifkan Telnet Client pada Windows Server 2008

Telnet client memungkinkan komputer untuk terhubung ke server Telnet remote dan menjalankan aplikasi pada server. Setelah login, pengguna diberikan command prompt yang dapat digunakan seolah-olah telah dibuka secara lokal di server Telnet konsol. Perintah yang anda ketik pada command prompt Telnet klien dikirim ke Server Telnet dan dilaksanakan di sana, seolah-olah Anda secara lokal login ke sesi command prompt di server. Output dari perintah yang Anda jalankan dikirim kembali ke klien Telnet di mana mereka ditampilkan bagi Anda untuk melihat.

Klien Telnet adalah fitur yang termasuk dengan Microsoft Windows Server 2008 dan Windows Vista, namun tidak diaktifkan secara default. Bagian baik tentang Telnet adalah bahwa hal itu dapat digunakan di komputer yang menggunakan sistem operasi yang berbeda, seperti Linux, Unix, atau Windows. Namun, kecuali Anda memerlukannya untuk perintah-perintah berbasis teks tertentu di mesin remote tersebut, dan jika Anda hanya menggunakan komputer yang menjalankan sistem operasi Windows, Anda mungkin menemukan lebih mudah untuk menggunakan fitur Windows Remote Desktop. Pada mesin Windows Server 2008 Anda juga dapat menggunakan fitur Remote Shell (winrs) yang dianggap lebih aman daripada Telnet.

Seperti disebutkan di atas, klien Telnet adalah dianggap sebagai "Fitur" pada kedua sistem operasi, dan dapat dengan mudah diinstal:

Pada Windows Server 2008, Anda dapat menginstal klien Telnet dengan menggunakan Tambahkan Fitur Wizard di Server Manager. Pada Windows Vista, Anda menginstal klien Telnet melalui Turn Windows Features Aktif atau Tidak aktif link di Control Panel.

Kecuali Anda pertama kali menginstal itu, ketika Anda pertama kali mencoba untuk menjalankan perintah telnet, Windows akan memberitahu Anda bahwa telnet tidak diakui sebagai sebuah perintah.

Untuk menginstal klien Telnet pada Windows Server 2008 ikuti prosedur ini:

1.Buka Server Manager dengan mengklik Start> Server Manager, atau dengan menggunakan menu konteks My Computer.
2.Dari panel sebelah kiri di Server Manager, klik pada Fitur.
3.Klik pada Fitur Tambah.

Dari daftar tersedia fitur, gulir ke bawah lalu pilih Telnet Client, kemudian klik Next.

Pada halaman konfirmasi, klik Install.


Pemasangan fitur yang dipilih akan diinisialisasi dan mulai. Setelah instalasi selesai, klik Tutup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar