Menginstall Software Windows dengan Wine di PCLinuxOS

Saat ini menjalankan software windows di Linux bukanlah suatu yang mustahil. Dengan bantuan software "wine" beberapa aplikasi windows mampu berjalan baik di lingkungan linux. Walaupun belum 100% mendukung software berbasis windows, namun kebaradaan software "wine" bisa membantu bagi orang yang membutuhkan aplikasi berbasis windows.

Apa itu "Wine"? Wine itu adalah sebuah lingkungan yang dibuat serupa dengan windows. Agar software-software berbasis windows dapat berjalan di platform linux. Sumber kode wine dibuat dari scratch, jadi tidak mengambil milik windows. Walaupun penamaannya mirip, tetapi isi kodenya berbeda satu sama lain.

Distribusi PCLinuxOS secara standar tidak menyediakan wine. Anda harus menginstallnya terlebih dahulu melalui synaptic. Paket yang harus ada install adalah sebagai berikut:

wine
libwine1

seperti gambar dibawah ini:
Jika sudah lalu apply, maka wine akan terinstall di PCLinuxOS anda.

Lalu untuk menginstall software windows, buka folder/cd/dvd/media aplikasi yang akan diinstall, biasanya .exe, atau .msi. Lalu klik kanan dan open with wine windows loader seperti gambar dibawah ini:
Pada awal pertama kali wine di install, maka akan muncul notifikasi untuk menginstall "gecko", anda bisa pilih "yes" untuk menginstall atau "no" untuk mengabaikan. (Pilihan "no" instalasi akan tetap berjalan)













Setelah menginstall gecko, ataupun mengabaikannya, maka instalasi software berjalan seperti pada umumnya instalasi di windows.

Catatan Penting: Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi windows bisa berjalan baik di linux, untuk database aplikasi windows yang bisa berjalan atau tidaknya di linux bisa mengunjungi http://appdb.winehq.org.

Semoga berguna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menginstall Software Windows dengan Wine di PCLinuxOS"

Poskan Komentar