Meresize ukuran partisi NTFS dengan Live CD PCLinuxOS


Hal yang paling penting dalam proses instalasi linux adalah pengaturan partisi. Salah sedikit saja bisa-bisa data yang ada dalam suatu partisi bisa hilang seketika. Beberapa netbook, notebook, laptop, maupun PC yang dijual dipasaran saat ini. Kadang hanya memiliki 1 partisi (umumnya windows memakai NTFS) saja. Bagi yang ingin menginstall linux tapi ternyata hanya ada 1 partisi NTFS bisa diresize tanpa harus menghapus datanya Pada PCLinuxOS pengaturan partisi lebih mudah karena ditampilkan dalam bentuk GUI. Pengaturannya juga bisa dilakukan di LIVE CD, jadi jika ingin menginstal OS Lain yang pengaturan partisinya agak sulit bisa menggunakan Live CD PCLinuxOS ini.

Langsung saja disini diberikan contoh meresize partisi NTFS berukuran 111GB, menjadi 71 gb untuk partisi linux, dan 40 gb untuk partisi NTFS. Jalankan Live CD. Lalu masuk ke Configure Your Computer, Local Disk, kemudian klik manage disk partition. Lalu klik pada partisi yang akan diresize. Kemudian klik "Resize", nanti akan muncul report "Read carefully" klik OK saja.



Lalu atur ukuran yang akan di resize, disini adalah ukuran NTFS yang baru, jadi jika ingin membuat 71 GB untuk linux, atur menjadi 40 GB untuk NTFS. Jika sudah OK. Saja.



Nanti akan ada "warning", Ok saja untuk memulai, setelah resize selesai nanti reboot terlebih dahulu dan masuk ke system windows untuk ngecek partisi baru, lalu reboot kembali dengan live cd, kemudian masuk lagi ke "manage disk partition". (Jika partisi linux yang diresize, tidak perlu reboot)


Nah resize selesai, partisi baru bisa diformat ulang, diatur menjadi ext2, 3, 4, atau membuat NTFS lagi.



Selesai.
Semoga berguna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meresize ukuran partisi NTFS dengan Live CD PCLinuxOS"

Poskan Komentar