Windows NT 4.0

Microsoft Windows NT 4.0 adalah versi kelanjutan (versi keempat) sistem operasi berbasis kernel NT yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada 29 Juli 1996. Sistem operasi ini dapat mendukung beberapa platform perangkat keras, mulai dari Intel IA-32 (x86), PowerPCdari IBM, MIPS, dan DEC Alpha dari Digital Equipment Corporation. Sama seperti halnya pendahulunya (Windows NT 3.51), Windows NT 4.0 ini merupakan sistem operasi yang murni 32-bit, yang mendukung beberapa aplikasi DOS, OS/2 modus karakter, Windows 16-bit, Windows32-bit, serta aplikasi POSIX. Karena merupakan sistem operasi 32-bit, Windows NT 4.0 mendukung hingga 4 gibibyte memori fisik.

Varian

Sistem operasi ini terdiri atas beberapa varian, yakni:

  • Windows NT 4.0 Workstation
  • Windows NT 4.0 Server
  • Windows NT 4.0 Enterprise Server
  • Windows NT 4.0 Terminal Server
  • Windows NT 4.0 Embedded Edition


Windows NT 4.0 Workstation

Windows NT 4.0 Workstation adalah seri Windows NT 4.0 yang dibuat khusus untuk menjadi klien dari Windows NT 4.0 Server dan Windows NT 3.51 Advanced Server, atau juga dapat digunakan sebagai stasiun kerja yang berdiri sendiri (standalone workstation). Dibandingkan dengan saudaranya, Windows 95, jelas Windows NT 4.0 Workstation menawarkan berbagai kelebihan, seperti dukungan memori yang lebih besar, multitasking yang lebih baik, dan juga keamanan yang lebih kuat (penerapan group policy dan dapat dikontrol secara terpusat melalui Windows NT 4.0 Server).

Seperti layaknya sistem operasi klien, jenis Workstation hanya menawarkan beberapa layanan klien saja, seperti DHCP Client, DNS Client, dan lain-lain. Jenis Workstation juga dapat digunakan sebagai sebuah file server, meski hanya dapat melayani hingga 10 buah koneksi secara simultan saja. Ketika klien 11 hendak mengakses sistem yang bersangkutan, maka aksesnya akan ditolak hingga ada 1 buah slot koneksi yang kosong untuk ia tempati.]

Windows NT 4.0 Server

Windows NT 4.0 Enterprise Server

Windows NT 4.0 Terminal Server

Windows NT 4.0 Embedded Edition

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Windows NT 4.0"

Poskan Komentar