Bagaimana Mengkompilasi & Menjalankan Program C / C + + di ubuntu 11.04

C / C + + adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer, banyak digunakan dalam pemrograman sistem (misalnya sistem pengembangan perangkat lunak Sebagian besar sistem operasi modern yang diprogram (terutama) baik dalam bahasa C atau C + +). C adalah bahasa Tingkat Tinggi dibandingkan dengan program Perakitan, sehingga muncul di antara Perakitan dan Java seperti High Level Language ... Itulah keindahan C - hal itu sangat mudah untuk membuat program dalam C dibandingkan dengan pemrograman Perakitan dan waktu eksekusi yang cepat dibandingkan dengan Java.

Secara default, Ubuntu 11.04 (kode name: = Natty Narwhal) atau Distribusi Linux lainnya Berbasis seperti Fedora, Linux Mint (10 atau 9), Debian dll. sangat baik untuk tujuan pemrograman (misalnya C, C + +, Java, PHP, Perl, Scripting, Ruby dll). Banyak open source dan tools gartis seperti IDE, debugger yang tersedia yang akan membuat pemrograman lebih Keren, dengan Ubuntu. Dalam posting ini anda akan belajar bagaimana mengkompilasi C / C + + program di Ubuntu 11.04, dari baris perintah, Anda juga dapat menggunakan beberapa IDE seperti Eclipse, NetBeans jika Anda inginkan (tapi tidak direkomendasikan untuk pemula). Ubuntu 11.04 datang dengan gcc (GNU Compiler Collection), terinstal secara default yang merupakan salah satu dari kompiler C yang paling banyak digunakan.

Kompilasi dan Menjalankan program C di Ubuntu 11.04

# 1: Buatlah sebuah program, lebih baik gunakan gedit (Default Text Editor). Klik kanan pada Desktop dan membuat file baru - 'fun.c' dan copy kode yang ada di bawah ini dan simpan (CTRL + S). (program C memiliki ekstensi c. ketika program C + + , memiliki cpp,. walaupun sudah fakta bahwa Linux tidak mengenali file berdasarkan ekstensi tetapi beberapa aplikasi dapat melakukan itu dan juga menghindari kebingungan, jadi lebih baik menggunakan ekstensi yang tepat).

#include void main() {
/* Don't take it seriously, it's just for Fun! */
printf("Have Fun!\n"); }
# 2: Sekarang anda kompilasi program menggunakan compiler GCC (saya pikir itu terinstal secara default di sebagian besar versi di Ubuntu, tetapi jika tidak ada kemudian instal dengan mengetik - sudo apt-get install gcc di terminal). Buka Terminal (CTRL + ALT + T) dan ketik perintah (Pertama pindah ke direktori dimana file anda berada, saya asumsikan Anda telah membuat file pada Desktop, Jika Anda adalah seorang pemula mutlak - Pelajari Beberapa Perintah Linux dasar) .
cd Desktop gcc fun.c -o fun1

Opsi-o (menentukan Output File Name) dalam perintah berikut adalah opsional, tetapi itu adalah praktek yang baik, karena jika Anda tidak akan tentukan itu - maka file a.out default akan dibuat (yang pada akhirnya akan menimpa file yang sudah ada dalam direktori tersebut).

# 3: Execute / Jalankan program.
Ketikan:
./fun1

# 4: Selesai. Berikut adalah salah satu snapshot dari terminal output -



Compile and Run C++ program

Untuk mengkompilasi program C + + , Anda mungkin perlu menginstal g + +.
Instalasi g + + compiler di Ubuntu 11.04

sudo apt-get install g + +

Kemudian semua prosedur yang tersisa hampir sama. Hanya mengganti gcc dengan g + + dari tutorial diatas dan bukan program / ​​c dasar yang sederhana, menggunakan C + + program.

g + + file_name.cpp-o fun2
./fun2


SUMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Mengkompilasi & Menjalankan Program C / C + + di ubuntu 11.04"

Poskan Komentar