Aplikasi Yang Berjalan Di LinuxMint

Linux Mint 6 Felicia menyertakan paket aplikasi dan kelengkapan sebagai berikut :

  • Kernel 2.6.27
  • GNOME 2.24 (Nautilus mendukung tab browsing)
  • Xorg 7.4
  • Firefox 3.0.3
  • Open Office 2.4.1 (Seperti halnya Intrepid Ibex, Open Office 3.0 tersedia di repo dan tidak secara default disertakan pada LiveCD)
  • Gimp 2.6.1
  • MPlayer 1.0rc2
  • Compiz 0.7.8
  • CUPS 1.3.9
  • Network Manger 0.7.0 (Plus dukungan pada broadband GSM/CDMA 3G dan VPN)
  • Python 2.5.2
  • Mono 1.9.1

>>Kelengkapan Codecs Proprietary :

Salah satu keunggulan Linux Mint adalah kemudahan penggunaanya. Semua codecs proprietary sudah disertakan dalam Linux Mint. Kita tidak perlu lagi melakukan download paket aplikasi untuk memutar file MP3, melihat video dalam bentuk Flash, Menonton film dengan MPlayer atau memainkan games dan menjalankan aplikasi Java. Keunggulan ini, meski menjadi kontroversi dari sisi lisensi, berguna bagi para pengguna Linux yang baru saja migrasi dari Windows atau Mac. Tak bisa dipungkiri, ada cukup banyak kalangan yang ingin tetap bisa menjalankan segala sesuatu yang biasa dijalankan di sistem sebelumnya meski format lisensinya tidak memungkinkan untuk disertakan secara default. Meski demikian, Linux Mint juga tetap menyediakan paket yang sesuai dengan lisensi dan hanya menyertakan paket GPL dengan brand “universal edition”.

>>Model Menu dan Konfigurasi Compiz :

Meski turunan dari Ubuntu yang menggunakan Gnome, menu Linux Mint justru lebih mirip KDE 4 yang mengambil dasar dari sistem menu openSUSE 10.2. Menu pada Linux Mint menggunakan GNOME Slab menu. Model menu ini memudahkan proses pencarian suatu aplikasi tertentu tanpa harus melakukan drill down menu.

Linux Mint juga menyertakan tampilan Grub yang sudah dipoles serta CompizConfig Settings untuk kemudahan setting desktop effect Compiz Fusion. Dari sisi penggunaan, Compiz memang bukan aplikasi untuk keperluan perkantoran karena sifatnya aksesoris namun CompizFusion tetap penting sebagai suatu pencapaian teknik grafis pada Linux. selain itu, feature ini bisa menarik user baru untuk mencoba Linux.

>>GNOME-DO dan GUFW :

Linux Mint menyertakan GNOME-DO secara default pada versi 6 Felicia. Gnome-Do adalah aplikasi yang dirancang untuk secara cerdas mampu memperkirakan aplikasi apa yang diperlukan untuk menjalankan suatu keperluan. Sebagai contoh, jika kita mengetik web, Gnome-Do akan memperkirakan aplikasi yang kira-kira berhubungan, contohnya adalah aplikasi Web Browser semacam Firefox.

Linux Mint juga menyertakan feature setting Firewall melalui aplikasi GUI dengan nama Gufw. Feature ini memudahkan proses setting firewall.

>>Mint Nanny dan Mint Backup :

MintNanny adalah aplikasi kecil yang digunakan untuk melakukan “parental restriction” alias pembatasan akses website. Feature ini dikhususkan bagi orang tua yang tidak ingin anaknya mengakses website yang tidak sesuai dengan usianya. Meski terlihat sederhana dan mudah dikibuli karena hanya melakukan modifikasi pada file /etc/hosts, feature ini cukup berdaya guna sebagai pelindung awal. Kan tidak semua anak jago Linux :-)

MintBackup dapat digunakan untuk melakukan backup data yang ada pada home directory. Feature ini cukup simple dan mudah dikonfigurasi.

>>APTonCD:

APTonCD adalah aplikasi repositori APT pada CD. APlikasi ini akan menyimpan aplikasi yang didownload menggunakan Synaptic, Apt-get, atau Aptitude ke CD atau DVD. Aplikasi ini berdaya guna untuk membuat repositori lokal dari cache aplikasi yang disimpan.

>>MintInstall, MintUpload, MintUpdate :

MintInstall adalah aplikasi manajemen pengelolaan paket aplikasi. disini kita bisa melakukan instalasi dan penghapusan sistem, serta memberi rating pada tingkat kepuasan penggunaanya.

Mintupload adalah feature free hosting file untuk kemudahan share data. Hosting ini menggunakan hosting pada LinuxMint.com. Daripada kita menempuh berbagai tahapan akses data, jauh lebih cepat menggunakan Mintupload untuk mengirim suatu file.

Selain sebagai media upload ke server hosting linuxmint.com, kita dapat juga menggunakan Mintupload untuk menggunakan konfigurasi FTP kita. Caranya : buat file konfigurasi tentang nama FTP Server, username, password dan path. Copy file tersebut ke /etc/linuxmint/mintUpload/services/. .

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Aplikasi Yang Berjalan Di LinuxMint"

  1. Bagi kawan-kawan yang menginginkan Linux Mint Versi terbaru "Julia" Versi DVD dapat menghubungi saya GRATIS . . . .

    BalasHapus