Backup dan Recovery Data pada WindowsNT

Recovery data

usaha yang dilakukan untuk menyelamatkan data-data di dalam komputer yang telah terhapus / hilang karena sistem yang ada mengalami suatu masalah.

FAT = File Allocation Table

FAT16 : File system yang digunakan dalam sistem operasi DOS, Win 3.1, Win 95.

FAT32 : File system yang digunakan oleh keluarga Win 95 OEM Service Release,

Win 98, Win 2000, dan Win XP.

NTFS = New Technologi File System


File System yang hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows NT. Keunggulan dari file system ini adalah fasilitas recovery yang memungkinkan dilakukannya penyelamatan data saat terjadi kerusakan pada sistem operasi.


Pencegahan hilangnya data:


Karena semua direktori dan berkas disimpan di dalam memori utama dan disk, maka kita perlu memastikan bahwa kegagalan pada sistem tidak menyebabkan hilangnya data atau data menjadi tidak konsisten. Adapun usaha-usaha yang dilakukan sebelum data-data yang ada terhapus / hilang adalah sbb:

Pemeriksaan Rutin

Informasi direktori pada memori utama pada umumnya lebih up to date daripada informasi yang terdapat di disk dikarenakan penulisan dari informasi direktori cached ke disk tidak langsung terjadi pada saat setelah peng-update-an terjadi. Consistency checker membandingkan data yang terdapat di struktur direktori dengan blok-blok data pada disk, dan mencoba memperbaiki semua ketidak konsistensian yang terjadi akibat crash-nya komputer. Algoritma pengalokasian dan management ruang kosong menentukan tipe dari masalah yang ditemukan oleh checker dan seberapa sukses dalam memperbaiki masalah-masalah tersebut.

Back Up and Restore

Karena kadang-kadang magnetik disk gagal, kita harus memastikan bahwa datanya tidak hilang selamanya. Karena itu, kita menggunakan program sistem untuk mem-back up data dari disk ke alat penyimpanan yang lain seperti floopy disk, magnetic tape, atau optical disk. Pengembalian berkas-berkas yang hilang hanya masalah menempatkan lagi data dari back up data yang telah dilakukan.

Untuk meminimalisir penyalinan, kita dapat menggunakan informasi dari setiap masukan direktori berkas. Umpamanya, jika program back up mengetahui bahwa back up terakhir dari berkas sudah selesai dan penulisan terakhir pada berkas dalam direktori menandakan berkas tidak terjadi perubahan maka berkas tidak harus disalin lagi. Penjadualan back up yang umum sebagai berikut :

Hari 1: Salin ke tempat penyimpanan back up semua berkas dari disk, disebut sebuah full backup


Hari 2: Salin ke tempat penyimpanan lain semua berkas yang berubah sejak hari 1, disebut incremental backup.


Hari 3: Salin ke tempat peyimpanan lain semua berkas yang berubah sejak hari 2.


Hari N: Salin ke tempat penyimpanan lain semua berkas yang berubah sejak hari N-1, lalu kembali ke hari 1.


Keuntungan dari siklus backup
ini adalah kita dapat menempatkan kembali berkas manapun yang tidak sengaja terhapus pada waktu siklus dengan mendapatkannya dari back up hari sebelumnya. Panjang dari siklus disetujui antara banyaknya tempat penyimpanan backup yang diperlukan dan jumlah hari kebelakang dari penempatan kembali dapat dilakukan.

Ada juga kebiasaan untuk mem-backup keseluruhan dari waktu ke waktu untuk disimpan selamanya daripada media backupnya digunakan kembali. Ada bagusnya menyimpan backup-backup permanent ini di lokasi yang jauh dari backup yang biasa, untuk menghindari kecelakaan seperti kebakaran dan lain-lain. Dan jangan menggunakan kembali media backup terlalu lama karena media tersebut akan rusak jika terlalu sering digunakan kembali.


Hilang atau terhapusnya data:

Kejadian hilang atau terhapusnya data di dalam sebuah komputer seringkali terjadi. Dan payahnya lagi kalau data-data tersebut merupakan data-data pokok yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan suatu usaha. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka data-data yang sudah ada seharusnya diback-up terlebih dahulu (Lihat langkah-langkah tersebut diatas!).

Adapun contoh konkretnya adalah sbb ini : Ada seseorang yang komputernya menggunakan sistem operasi windows 2000 proffesional. Dia bermaksud untuk menginstal ulang menjadi windows 98. Akan tetapi setelah diinstal ternyata komputer menolak untuk kembali ke windows 98. Malah file data yang ada di Hardisk D (Harddisk 4 partisi) hilang semuanya padahal Hardisk D terdapat file Maha penting sekali. Walaupun sebenarnya yang diformat adalah Drive C tetapi kenyataannya malah drive D yang terformat.


Sebab-sebab kasus hilangnya data tersebut dapat dijelaskan sbb:

Menginstall dua buah OS dalam satu komputer apalagi berbeda file system cenderung mengakibatkan kerugian-kerugian tak terduga yang sebetulnya bisa diminimalisir asalkan kita berhati-hati.

Dalam kasus file system sama tetapi beda OS akan mengakibatkan security setting dari OS satu tidak terbaca oleh security setting oleh OS yang lain, akibatnya data tersebut juga tidak bisa dibaca karena tidak punya permission. Biasanya akan ditambahkan security setting dari OS yang sekarang pada file tersebut sehingga 1 file akan mempunyai 2 system security yang dibawa oleh 2 macam OS. Mengubah-ubah security setting akan mungkin berakibat pada rusaknya struktur file-file yang berhubungan.

Pada kasus lain di mana file system beda dan OS juga beda berakibat pada kemungkinan kerusakan ganda. Yaitu kerusakan struktur file karena beda security setting dan kerusakan karena beda file system. Seringnya membaca file dengan system yang berlainan mungkin berakibat pada ketidakkonsistenan struktur file apalagi jika ditambah dengan melakukan perubahan pada struktur file secara langsung.

Drive C atau D hanyalah penamaan logic. Penamaan Harddisk dimulai dari C karena A dan B digunakan untuk penamaan Disk Drive. Sepertinya pada Win 2000 anda drive C menggunakan format NTFS dan drive D menggunakan format FAT. NTFS adalah format data yang digunakan pada Windows NT/2000 dan tak dapat terbaca pada win98. Akibatnya ketika anda mencoba menginstall Win 98, Win 98 membaca Drive D Windows 2000 anda sebagai drive C, lalu diformat oleh Win 98. Jadi dalam hal ini drive C Win 98 adalah drive D Win 2000 anda.

Itulah kenapa Win 2000 anda tetap ada dan Data anda di drive D hilang (karena diformat oleh Win 98). Untuk dapat mengembalikan file yang sudah terformat tersebut Anda harus menggunakan salah satu dari program Data Recovery yang ada.


Contoh program recovery data:

Turbo Data Destroyer


Program perusakan data secara cepat/hapus partisi (Data Destroyer)


Keunggulan dibanding program FDISK: tidak terlalu lama, praktis, & cepat


Dapat digunakan sebagai program delete partisi secara cepat, menjadikan harddisk seperti baru (No partition), menghilangkan partisi LINUX / UNIX secara cepat.


Support running At Celeron-Pentium 4


Low Level Formate for Floppy Disk


Program Low Level Format untuk disket 1,44 MB merupakan program bantu untuk memperbaiki Bad Sector pada disket pada kasus Bad track-Nol dan akibat-akibat kerusakan bad sector yang lainnya.


Program untuk mem-format Disket hanya di Drive A: dan Disket HD 3,5" secara Low Level Format.


Fungsi program LLF adalah :

Dapat memperbaiki Bad Sector pada Disket.

Dapat memfungsikan kembali jika track nol Bad Sector.

Dapat Me-Refresh magnetic sector Disket tersebut agar awet.

Support running At Celeron-Pentium 4


Turbo Data Recovery


TURBO DATA RECOVERY (TDR) merupakan salah satu program Data Recovery dari MsDOT sebagai program bantu yang cepat & kecil yang digunakan MsDOT untuk menyelamatkan data customer secara cepat.

Program ini dapat memperbaiki atau mengembalikan data yang hilang secara cepat (7 detik saja).


Program ini hanya dapat digunakan pada media harddisk saja.


Maksimum kapasitas harddisk yang dapat diperbaiki sampai 8,4 Gbyte saja, untuk harddisk kapasitas melebihi 8,4 Gbyte akan disempurnakan secepatnya pada TDR Versi berikutnya.


Program TDR dapat digunakan pada kasus-kasus sbb:


1. Terlanjur Ter-FDISK & belum membuat partisi baru

2. Terlanjur ter-FDISK & membuat partisi baru

3. MBR/PARTISI terserang Virus Partisi

4. MBR terserang Virus CIH (jika C:> 1 Gbyte & FAT32)

5. MBR/PARTISI Rusak sebab aksi-aksi lainnya

6. DBR (Dos Boot Record) rusak/hilang

7. FAT Rusak atau tak sah

8. Mendukung Sistem FAT12, FAT16 dan FAT32

Support running At Celeron-Pentium 4



4) MsDOT Bad Clone

Program MsDOT Bad Clone merupakan program Cloning Harddisk yang data areanya terkena bad Sector banyak.


Program ini digunakan untuk program bantu kasus Data Recovery pada harddisk yang mengalami bad sector, apalagi bad sectornya banyak sekali. Karena program-program Data Recovery yang ada dipasaran tidak diprediksikan pada kasus Bad Sector dan sering mengalami kegagalaan / Hang.


Program ini hanya mendukung harddisk kapasitas <>5) DBase Recovery for Novell

Nama lengkap program yaitu "DBase File Fragmented Recovery for Novell" :

Program Data Recovery untuk System Operasi Novell Netware 3.xx - 6.xx


Khusus pada Recovery file DBASE (*.DBF).


Recovery pada File-file yang mengalami fragmented atau isi file yang berpencar.


Program ini menggunakan metode Back Street (Jalan Belakang).


Support running At Celeron-Pentium 4.


Driver Rescue (Recover data dari proses delete)


File atau directory terhapus dari harddisk secara tidak sengaja dan Recyle Bin Windows dalam setting tidak melakukan recover atau backup. Ada baiknya sedia payung sebelum hujan sebelum berkeringat karena data hilang dan tidak dapat direcover kembali.

Driver Rescue adalah utility untuk melakukan recover data yang telah terdelete. Walaupun tidak sebagus software lainnya, program ini sangat membantu bila secara tidak sengaja menghapus file dari harddisk. Sangat beruntung bila data yang ingin dikembalikan berukuran kecil, karena secara cepat dapat direcover. Dan khususnya pada computer yang memiliki harddisk dan beberapa partisi maka drive rescue sangat membantu. Catatan pada program juga memberikan informasi untuk melakukan recover pada drive lain dan menghindari recover file pada drive yang sama.

Untuk option pada program, Drive Rescue juga dapat mencari melalui cluster harddisk walaupun harapan dengan sistem ini akan sangat tipis dibandingkan pilihan recover langsung dari drive. Media testnya dapat melalui Harddisk dan Compact Flash Digital media.

Untuk Wizard pada pembuka program disediakan 3 pilihan, me-recover file yang terhapus, menemukan kembali data yang hilang dan menemukan driver lelter bila secara tiba tiba tidak dapat tampak pada Windows. Program ini Freeware dan berukuran 850KB. Masih terdapat bug pada program mini ini, tetapi sangat membantu pada saat kritis.

Drive Rescue dapat dijalankan pada sistem operasi Windows 9X sampai Windows XP dan format drive dari FAT 16 dan 32 serta NTFS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Backup dan Recovery Data pada WindowsNT"

Poskan Komentar