Cara install dan setting DHCP Server pada Windows 2003 Sever



Cara mengkonfigurasi Windows Server 2003 yang baru berbasis Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server pada server yang berdiri sendiri untuk menyediakan manajemen terpusat alamat IP dan TCP / IP lainnya pengaturan konfigurasi untuk komputer klien pada jaringan.
Cara Instal DHCP ServiceSebelum Anda dapat mengkonfigurasi service DHCP, Anda harus menginstalnya pada server. DHCP tidak terinstal secara default saat instalasi Windows Standard Server 2003 atau Windows Server 2003 Enterprise. Anda dapat menginstal DHCP baik selama instalasi awal dari Windows Server 2003 atau setelah instalasi awal selesai. Cara Instal Layanan DHCP pada Server yang Ada 


 Klik Start, arahkan ke Control Panel, dan kemudian klik Add or Remove Programs.
    
Dalam
kotak dialog Add or Remove Programs, klik Add / Remove Windows Components.
    
Dalam Windows Components Wizard, klik Networking Services dalam daftar Components, kemudian klik Details.
    
Pada kotak dialog Networking Services, klik untuk memilih Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) kotak centang, kemudian klik OK.
    
Dalam Windows Components Wizard, klik Next untuk memulai Setup. Masukkan Windows Server 2003 CD-ROM ke CD-ROM komputer atau DVD-ROM jika Anda diminta untuk melakukannya. Setup mengcopykan file DHCP server dan alat ke komputer Anda.
    
Ketika Setup selesai, klik Finish.  

Cara Konfigurasi Service DHCPSetelah Anda menginstal service DHCP dan memulainya, Anda harus membuat ruang lingkup, yang merupakan kisaran alamat IP yang valid yang tersedia untuk disewakan ke komputer klien DHCP di jaringan. Microsoft merekomendasikan bahwa setiap server DHCP di lingkungan Anda memiliki setidaknya satu ruang lingkup yang tidak tumpang tindih dengan ruang lingkup server DHCP lain di lingkungan Anda. Pada Windows Server 2003, server DHCP dalam domain Active Directory berbasis harus berwenang untuk mencegah server DHCP nakal datang online. Setiap Server Windows 2003 Server DHCP yang menentukan dirinya untuk menjadi tidak sah tidak akan mengelola klien. Cara Membuat Scope(Lingkup) Baru  

  Klik Start, arahkan ke Programs, arahkan ke Administrative Tools, kemudian klik DHCP.
    
Pada pohon konsol, klik kanan server DHCP di mana Anda ingin membuat cakupan DHCP baru, dan kemudian klik New Scope.
    
Di New Scope Wizard, klik Next, kemudian ketik nama dan deskripsi untuk ruang lingkup. Hal ini dapat berupa nama yang Anda inginkan, namun harus cukup deskriptif sehingga Anda dapat mengidentifikasi tujuan lingkup pada jaringan Anda (misalnya, Anda dapat menggunakan nama seperti "Administration Building Client Addresses"). Klik Next.
    
Ketik kisaran alamat yang dapat disewakan sebagai bagian dari lingkup ini (misalnya, menggunakan kisaran alamat IP dari alamat IP mulai dari 192.168.100.1 ke alamat akhir dari 192.168.100.100). Karena alamat yang diberikan kepada klien, mereka semua harus alamat valid pada jaringan Anda dan tidak sedang digunakan. Jika Anda ingin menggunakan subnet mask yang berbeda, ketik subnet mask baru. Klik Next.
    
Jenis apapun alamat IP yang ingin Anda kecualikan dari kisaran yang Anda masukkan. Hal ini mencakup alamat dalam rentang yang dijelaskan pada langkah 4 yang mungkin telah statis ditugaskan untuk berbagai komputer dalam organisasi Anda. Biasanya, domain controller, server Web, server DHCP, Domain Name System (DNS) server, dan server lainnya, memiliki alamat IP statis ditugaskan. Klik Next.
    
Ketik jumlah hari, jam, dan menit sebelum sewa alamat IP dari lingkup ini berakhir. Ini menentukan berapa lama klien dapat memegang alamat sewaan tanpa memperbarui itu. Klik Next, kemudian klik Yes, saya ingin mengkonfigurasi opsi-opsi ini sekarang untuk memperpanjang wizard untuk menyertakan pengaturan untuk pilihan DHCP yang paling umum. Klik Next.
    
Ketikkan alamat IP untuk gateway default yang harus digunakan oleh klien yang mendapatkan alamat IP dari lingkup ini. Klik Add untuk menambahkan alamat default gateway dalam daftar, kemudian klik Next.
    
Jika Anda menggunakan server DNS pada jaringan Anda, ketik nama domain organisasi Anda dalam kotak domain Parent. Ketik nama server DNS anda, dan kemudian klik Resolve untuk memastikan bahwa server DHCP dapat menghubungi server DNS dan menentukan alamatnya. Klik Add untuk memasukkan bahwa server pada daftar server DNS yang telah diserahkan kepada klien DHCP. Klik Next, kemudian ikuti langkah yang sama jika Anda menggunakan Windows Internet Naming Service (WINS) server, dengan menambahkan nama dan alamat IP. Klik Next.
    
Klik Yes, I want to activate this scope now untuk mengaktifkan lingkup dan mengizinkan klien untuk mendapatkan sewa dari itu, dan kemudian klik Next.
    
Klik Finish.
    
Pada pohon konsol, klik nama server, kemudian klik Authorize pada menu Action.
Mengatasi Masalah Bagian berikut menjelaskan bagaimana memecahkan beberapa masalah yang mungkin Anda alami saat Anda mencoba untuk menginstal dan mengkonfigurasi Server Windows 2003 server berbasis DHCP di sebuah workgroup. Klien tidak bisa Mendapatkan IP Address Jika klien DHCP tidak memiliki alamat IP dikonfigurasi, ini biasanya mengindikasikan bahwa klien tidak dapat menghubungi server DHCP. Hal ini dapat disebabkan oleh masalah jaringan, atau karena server DHCP tidak tersedia. Jika server DHCP mulai dan klien lainnya dapat memperoleh alamat yang valid, pastikan bahwa klien memiliki koneksi jaringan yang sah dan bahwa semua perangkat keras yang terkait klien (termasuk kabel dan adaptor jaringan) bekerja dengan benar. DHCP Server Is Unavailable Jika server DHCP tidak menyediakan alamat disewakan kepada klien, sering karena layanan DHCP tidak memulai. Jika hal ini terjadi, server mungkin tidak berwenang untuk beroperasi pada jaringan. Jika sebelumnya Anda tidak dapat memulai layanan DHCP, tetapi sejak berhenti, gunakan Event Viewer untuk memeriksa log sistem untuk setiap entri yang mungkin menjelaskan mengapa Anda tidak dapat memulai layanan DHCP. Untuk me-restart layanan DHCP:

    
Klik Start, kemudian klik Run.
    
Ketik cmd, kemudian tekan ENTER.
   
Ketik net start dhcpserver, kemudian tekan ENTER. -Atau-

    
Klik Start, arahkan ke Control Panel, arahkan ke Administrative Tools, kemudian klik Computer Management.
    
Perluas Services and Applications, kemudian klik
Services.
    
Cari dan kemudian klik ganda DHCP Server.
    
Pastikan Startup diatur ke Automatic dan Service Status diatur untuk Started. Jika tidak, klik Start.
    
Klik OK, kemudian tutup jendela Computer Management.
 

Diposkan oleh Putra Tanjung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara install dan setting DHCP Server pada Windows 2003 Sever"

Poskan Komentar