Instalasi Driver Printer Epson Photo R210 pada Slackware Linux 10.0

Instalasi Driver Printer Epson Photo R210 pada Slackware Linux 10.0

Instalasi Driver Printer Epson Photo R210 pada Slackware Linux 10.0View Track
Umumnya pengguna Linux, bila dibandingkan dengan MS-Windows, akan menemukan kesulitan untuk meng-install hardware / peripheral tertentu. Hal ini mengingat dukungan vendor yang masih minim terhadap driver OS-Linux, terlebih lagi bila dilihat dari perangkat lunak komersialnya. Salah satu ganjalan “sulit” di Linux adalah driver printer, terutama untuk penggunaan graphics/photo. Dalam tulisan ini, penyusun akan menuliskan tutorial singkat tentang instalasi driver printer Epson Photo R210 (sayang lho kalau kemampuannya tidak di-optimalkan).
Saat kita melakukan instalasi Slackware 10.0, dengan opsi full-install atau menu-install (default), maka Cups dan Gimp-Print akan tersedia sebagai driver printer graphics/photo. Tetapi kedua driver tersebut tidak optimal untuk Epson Photo R210. Beberapa catatan penyusun adalah sbb:
1. Akurasi warna & paduan-nya kurang.
Hal ini mengingat hasil perbandingan “print-tes” CMYK atau RGB di Linux, yang relatif lebih tua daripada versi MS-Windows-nya (cara perbandingan termudah).
2. Perubahan konfigurasi kurang berpengaruh.
Gimp-Print memang menyediakan opsi pengaturan yang hebat, sayangnya dukungan ini tidak bisa optimal mempengaruhi kerja hardware printer, sehingga tidak berpengaruh secara jelas. Contohnya adalah saturasi dan warna sudah dikurangi 80% tapi tidak nampak perubahannya.
Mengingat hal diatas, maka menjadi relevan bila penulis mencari driver lain sebagai pengganti Cups-Gimp-Print ini. Langkah yang dilakukan adalah sbb :

http://n30nkopl4x.wordpress.com/2011/04/09/instalasi-driver-printer-epson-photo-r210-pada-slackware-linux-10-0/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Instalasi Driver Printer Epson Photo R210 pada Slackware Linux 10.0"

Poskan Komentar