Instalasi OpenSUSE Menggunakan CD/DVD

Setelah mendapatkan CD/DVD OpenSUSE, kita dapat melakukan proses instalasi OpenSUSE dengan mudah. Yang diperlukan hanyalah mengubah proses boot agar komputer melakukan proses booting dari CD/DVD. Proses instalasi OpenSUSE sebenarnya sangat mudah dan hanya memerlukan campur tangan kita pada beberapa proses saja. Sebagian besar pilihan dapat langsung kita terima, kecuali kita ingin melakukan beberapa perubahan.
Salah satu proses yang membuat pengguna baru OpenSUSE merasa bingung adalah proses pembuatan partisi. Banyak yang mengeluh data yang ada pada komputernya hilang karena salah membuat partisi.
Jika anda menggunakan harddisk yang sudah berisi data, lakukan backup data terlebih dahulu. OpenSUSE tidak akan merusak data kecuali kita yang salah memberikan perintah.
Partisi pada Linux sebenarnya hanya butuh 2 partisi, yaitu root partisi (/) dan partisi swap. Jika ingin melakukan instalasi pada Server dengan beban yang cukup banyak, kita bisa memisahkan partisi-partisi penting kedalam beberapa disk. Kita bisa membuat partisi khusus untuk /home, partisi khusus untuk /opt, /home dan lain sebagainya.
Bagi pengguna pemula, silakan gunakan partisi /, swap dan /home. Jika ragu pada besar partisi, gunakan partisi terbesar untuk /, berikutnya untuk /home dan sisanya untuk yang lain. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Secara default, partisi swap biasanya sebesar 1.5 Kali besar RAM.
Untuk pemilihan desktop manager, OpenSUSE menyediakan pilihan KDE, Gnome, Text Mode dan Base Graphics. Jika ingin membangun sebuah server berbasis OpenSUSE, pilihlah Text Mode. Pilihan ini akan memastikan bahwa hanya sistem dasar yang diinstalasi. Kerugiannya, anda tidak memiliki tampilan GUI.
Bagi pemula atau bagi Administrator yang terbiasa dengan sistem operasi Windows, gunakan KDE atau Gnome. Tampilan KDE atau Gnome tidak jauh berbeda dengan tampilan GUI Windows .
Jika menginginkan panduan instalasi OpenSUSE secara lengkap, anda bisa melakukan download file “Tutorial Instalasi OpenSUSE 10.2“. Tutorial ini dibuat oleh rekan Vavai dan menggunakan distro OpenSUSE 10.2.
Referensi :
1. Tutorial Instalasi Distro Linux OpenSUSE 10.2
2. OpenSUSE 10.2 Installation
3. OpenSUSE 10.2 Installation Guide with Screenshots

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Instalasi OpenSUSE Menggunakan CD/DVD"

Poskan Komentar