Membangun FTP Server Fedora Core







FTP server sangat berguna untuk bertukar file dari komputer server ke komputer client/local. Biasa di gunakan di jaringan internet maupun intranet. Berikuat cara paling simple utk membuat FTP server.
1. Install proftpd
Code:
# apt-get install proftpd
Nanti akan ada pilihan apakah server mau di buat inetd atau standalone. Perbedaan antara inetd dan standalone adalah, jika FTP server hanya di akses sesekali maka di sarankan memilih opsi inetd utk menghemat resource, tapi jika FTP server di akses secara massal maka harus menggunakan standalone.
2. Konfigurasi proftpd
Code:
# nano /etc/proftpd/proftpd.conf


3. Tambahkan konfigurasi berikut pada proftpd.conf utk keamanan.
DefaultRoot ~
IdentLookups off
ServerIdent on \”HN FTP server ready.\”
Keterangan:
- DefaultRoot ~ :Ketika user berhasil login ke FTP server, dia tidak bisa berpindah lokasi ke hirarki lebih tinggi dari home direktori-nya. Ini utk alasan keamanan.
- IdentLookups off : Opsi ini utk menutup akses informasi ketika user berusaha melakukan lookup ke FTP server. Hal ini utk menghindari upaya pengumpulan informasi oleh tangan2 jahil…
- ServerIdent on \”HN FTP Server Ready.\” : Opsi ini akan memberikan informasi \”HN FTP server ready\” ketika pengguna meng-akses FTP server. Informasi yang di buat secara statis ini akan menutupi informasi sensitif mengenai server yg sebenarnya seperti versi aplikasi, no IP, dll.
4. Jangan lupa restart proftpd setelah di konfigurasi
Code:
# /etc/init.d/proftpd restart
5. Sekarang coba akses FTP server yg barusan kita buat.
Akses dari web browser, coba ketik ini, (Login dulu menggunakan akun user kamu)
ftp://localhost
untuk Akses dari konsol
Code:
$ ftp localhost


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Membangun FTP Server Fedora Core"