Membuat Drive Khusus Untuk File Sharing di Windows Server 2008

Sharing file pada jaringan komputer dengan model Client-Server adalah hal yang sangat sering ditemui, bahkan hampir disetiap jaringan dengan model Client-Server melakukan hal ini guna mempermudah pendistribusian file dari server kepada semua client. Hal yang umum dilakukan untuk melihat/mengakses/mengambil file yang ada diserver adalah memasukkan IP Address atau nama komputer server ke Address Bar, misalnya: \\10.10.1.1 atau \\server1, maka file-file yang disharing oleh server akan terlihat dan dapat diakses (sesuai batasan izin).

Mungkin kalau satu atau dua kali tidak apa hal ini dilakukan, namun bagaimana apabila user ingin mengakses file yang disharing itu berulang-ulang? tentu saja ini akan menjadi sebuah hal yang membosankan bagi user, harus mengetik alamat server pada Address Bar berulang-ulang apabila ingin mengakses file yang disharing tersebut.

Ada sebuah cara praktis yang sangat berguna bagi user, dimana file yang disharing oleh server tadi akan ditempatkan pada sebuah drive. Dengan mengakses driver tersebut, layakanya mengakses drive lokal, user bisa langsung mengakses file-file yang disharing oleh server. Pada trik ini, saya menggunakan Windows Server 2008 sebagai servernya, dan Windows XP Professional sebagai clientnya, namum sebelumnya, Active Direktori pada server sudah harus aktif. Saya anggap Active Directory Anda sudah aktif. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Pada komputer server bukalah program notepad.
  • Ketikkan: net use x: \\10.10.1.1\dokumen.

Dimana:

> x adalah huruf dari driver, bisa menggunakan huruf lain, misalnya f:

> \\10.10.1.1 adalah alamat server, sesuaikan dengan server Anda. Bisa juga menggunakan nama servernya, misalnya: server1

> \dokumen adalah nama folder yang disahring untuk client, sesuaikan dengan nama file sharing yang ada diserver

  • Setelah selesai simpan dengan ekstensi *.bat, contoh: LOGON.bat
  • Copykanlah file LOGON.bat itu kedalam direktori: \\10.10.1.1\sysvol\adam.com\scripts, dimana adam.com adalah nama domain yang sudah ada pada server saya.


Agar pada setiap user melakukan login di komputernya, drive yang dibuat tadi sudah ada (otomatis), maka perlu dilakukan beberapa langkah lagi di komputer server, sbb:

  • Bukalah Active Directoty di server Anda melalui Start > AdministrativeTools > ActiveDirecotyUsersandComputers
  • Klik kanan pengguna yang ingin diberikan drive yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data yang diharing tadi.
  • Selanjutnya klik Properties, maka akan terbuka jendela baru.


  • Masukklah ke tab Profile.
  • Pada logon script masukkan nama file bat yang sudah kita buat tadi, yaitu LOGON.bat.


  • Jika sudah klik OK.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah langkah-langkah diatas sudah berhasil dengan melakukan login sebagai user yang dimana pada local scriptnya tadi sudah dimasukkkan LOGON.bat. jika berhasil maka Anda akan melihat drive baru di My Computer pada komputer client.






Like it gan ?????



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Drive Khusus Untuk File Sharing di Windows Server 2008"

Poskan Komentar