mengatasi komputer hang

Kalau kita merasa komputer kita tidak bekerja dengan semestinya, maka mungkin komputer yang kita pakai akan mengalami hal - hal berikut ini :

1. Hardware conflict : terkadang sering terjadi hardware yang satu dengan yang lain tidak saling mendukung. Sebagai contoh motherboard ga support dengan VGA card, menyebabkan tampilan gambar menjadi kotak - kotak. Bahkan komputer jadi suka restart sendiri (bukan disebabkan oleh virus). Bisa juga disebabkan karena hardware tersebut tidak ter install dengan baik. Nah kalau mo lihat atau nge check hardware yang bermasalah coba klik Start trus Setting -> control panel -> System -> Device manager. Nah disana coba liat ada ngga tanda ! dalam segitiga kuning. Kalau ada berarti ada hardware mu yang bermasalah. Cara yang paling baik yaitu reinstall lagi driver untuk hardware tersebut. Atau gunakan tool untuk melihat software driver dari hardware tersebut apakah sudah benar.
2. RAM yang jelek (hi..hi..hi..) terkadang sering membuat “blue screen”. Nah coba deh ganti RAM mu. Atau terkadang kesalahan yang ada 2 RAM yang mempunyai spesifikasi yang berbeda dipaksain dipasang pada satu komputer, makanya kalau mo nambah RAM usahakan spesifikasi nya sama. Kalau perlu sama – sama dari satu pabrik sekalian :P
3. BIOS, makanya sering kunjungi web pembuat BIOS nya. Trus cari update BIOS nya yah..
4. Hard Disk, sering gara-gara susunan file di dalam hard disk dah ga beraturan menyebabkan pc menjadi hang karena file nya entah ada di ujung sect0r entah di tengah, pokoknya ke acak – acak dah. Makanya sering lakukan Disk Defragment. Satu lagi kalau punya file atau data sering – sering di check masih berguna apa ngga. Kalau dah ga guna buang ajaaaaaaaa ke laut :) . Jangan lupa jalankan Disk Clean-Up sebulan sekali.
5.
Fatal OE exception. Nih disebabkan video card yang ga support, coba ganti setting apperance nya. Kalau ga bisa juga tuh berarti VGA card nya harus diganti dengan VGA card yang lain baca petunjuk motherboard mengenai VGA card apa yg support.
6. Virus. Terkadang virus suka bikin pc kita jadi aneh bin ajaib. Makanya punya anti virus dengan real time protection.
7. Printer. Terkadang di saat kita mau nge print file yang besar, sering membuat pc kita hang. Hal ini disebabkan karena setiap kita hendak nge print dokumen PC mengirimkan file tersebut ke memori yang ada di printer. Nah printer tuh cuma punya memori yang kecil. Kalau hal ini terjadi cabut dahulu kabel printer yang nyambung ke pc abis itu matiin printernya dan pencet tombol reset pada printer.
8. Software. Masalah yang sering bikin komputer hang yah ini. Sebelum install software chek dolo apakah dia support dengan sistem operasi pc kita (apakah untuk MAc , windows 98, Win Xp). Check juga system requirment nya (apakah untuk P IV , P III, atau AMD)
9. Terlalu panas. Sering terjadi hardware tidak bekerja karena terlalu panas, tambahkan kipas lebih banyak lagi atau matiin PC mu dan minum kopi dahulu (hi..hi..hi..)
10. Power Supply. Supply listrik yang kurang juga dapat membuat PC jadi kurang baik berfungsi. Sesuaikan daya pada Power Supply dengan kebutuhan listrik dari PC itu sendiri

Berikut ini cara mengatasinya:
1. Memastikan semua hardware dan perangkat lainnya terpasang dengan baik dan bebas dari debu serta kotoran. Anda bisa menggunakan blower, air compressor atau kuas untuk melakukan langkah ini, atau gunakan contac cleaner untuk mengusir noda yang menempel.
2. Memeriksa sistem yang berjalan dalam komputer. Pastikan semua hardware atau perangkat lain ter-install dengan baik, atau anda juga bisa menginstall ulang dengan drivers yang ada. Jika mencurigai adanya drivers yang menjadi penyebab sistem komputer hang, cobalah untuk menghapusnya dan lihat apakah komputer masih mengalami hang. 3. Program yang tak terinstall dengan baik menjadi penyebab lain karena ia terus menggunakan memory sampai komputer tadi menjadi hang. Langkah untuk mengatasi hal ini adalah melakukan update pada sistem operasi dan aplikasi lain dengan langkah yang benar.
4.Memeriksa sistem komputer apakah terserang virus atau tidak. Karena itu gunakan antivirus dan jangan lupa untuk selalu meng -update. Anda bisa bertanya kepada mereka yang lebih paham antivirus mana yang paling baik, sementara untuk update anda bisa mencarinya lewat internet. Setelah antivirus terpasang, lakukanlah pemindaian virus secara rutin agar sistem benar-benar bersih.
Ke empat langkah tersebut dapat dilakukan setelah kita mencoba merestart komputer dengan tombol restart atau tombol on/off yang terdapat pada casing tapi sistem masih mengalami hang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "mengatasi komputer hang"

Poskan Komentar