The Perfect Server - Debian Squeeze (Debian 6.0)




Debian adalah sebuah keluaran Linux yang berpengaruh dan terkenal.

Debian menganut filosofi software gratis dan Unix, dan dia mempunya opsi yang sangat banyak, keluaran terakhirnya mencakup ribuan paket software untuk sebelas asitektur komputer, dari asitektur ARM yang umumnya di temukan pada sistem yang ditanamkan dan pada asitektur x86 untuk komputer rumahan yang modern. GNU/Linux Debian adalah basis distribusi lainya termasuk Knoppix, Linspire, MEPIS, Xandros, dan keluarga Ubuntu.

Debian juga terkenal dengan sistem manajemen paketnya(khususnya apt), dengan kebijakan yang tegas untuk pengeluaran paket dan kualitasnya. ini memudahkan kita untuk mengupgrade atau menginstall paket.

Debian pertamaka kali di umumkan pada tanggal 16 agustus 1993 oleh Ian Murdock, yang merupakan seorang murid di universitas Purdue dan murdock menamai systemnya ini dengan Linux Debian


Tutorial ini menunjukkan cara membuat sebuah Squeeze Debian (Debian 6.0) server yang menawarkan semua layanan yang dibutuhkan oleh ISP dan hosters: Apache web server (SSL-capable), Postfix mail server dengan SMTP-AUTH dan TLS, BIND DNS server, Proftpd FTP server, MySQL server, Courier POP3/IMAP, Quota, Firewall, dll Pada akhirnya Anda harus memiliki sebuah sistem yang bekerja andal, dan jika Anda suka, Anda dapat menginstal panel kontrol gratis webhosting ISPConfig 2 (yaitu, ISPConfig berjalan pada keluar dari kotak).

Saya akan menggunakan perangkat lunak berikut:

    * Web Server: Apache 2.2.16 dengan PHP 5.3.3, Python, dan Ruby
    * Database Server: MySQL 5.1.49
    * Mail Server: Postfix
    * DNS Server: BIND9
    * FTP Server: proftpd
    
* POP3/IMAP: Saya akan menggunakan format Maildir dan karenanya menginstal Courier-POP3/Courier-IMAP.
    * Webalizer untuk web statistik situs

Harap dicatat bahwa pengaturan ini tidak bekerja untuk ISPConfig 3! Hal ini berlaku untuk ISPConfig 2 saja!

Saya ingin mengatakan bahwa pertama ini bukan satu-satunya cara untuk menyiapkan suatu sistem. Ada banyak cara untuk mencapai tujuan ini, tetapi ini adalah cara saya ambil. Saya tidak ada jaminan bahwa masalah ini akan bekerja untuk Anda!

 
1 Persyaratan

Untuk menginstal seperti sistem Anda akan memerlukan berikut ini:

    * Jaringan Debian Squeeze CD instalasi, tersedia di sini: http://cdimage.debian.org/debian-cd/6.0.0/i386/iso-cd/debian-6.0.0-i386-netinst.iso (i386) atau http://cdimage.debian.org/debian-cd/6.0.0/amd64/iso-cd/debian-6.0.0-amd64-netinst.iso (x86_64)
    * Koneksi Internet yang cepat.

 
2 Pendahuluan Catatan

Dalam tutorial ini saya menggunakan server1.example.com nama host dengan alamat IP 192.168.0.100 dan gateway 192.168.0.1.
Pengaturan ini mungkin berbeda untuk Anda, sehingga Anda harus menggantinya jika sesuai.

 
3 Sistem Basis

Debian Squeeze Masukkan CD instalasi jaringan Anda ke sistem anda dan boot dari itu. Pilih Install (ini akan memulai installer - jika Anda lebih memilih installer grafis, pilih grafis menginstal):

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "The Perfect Server - Debian Squeeze (Debian 6.0)"

Poskan Komentar