Sun Solaris

Cara Install OS Sun Solaris

Solaris 10 adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems. Ini adalah desain berbasis Unix, menggabungkan sebuah platform open-source dengan peningkatan fungsionalitas Java-enabled Graphical User Interface (GUI). Ini adalah OS maju, menggambar pengguna komputer-cerdas lebih dari Windows atau Mac OS. Namun, siapa pun dapat menginstal dan menggunakan Solaris efektif.

1. Sebelum Anda mulai ntuk instalasi di mesin Sun Solaris standalone Anda memerlukan berikut ini selain cpu :
a. Monitor dan Keyboard atau untuk instalasi melalui port serial A Sun (ttya) Dumb Terminal atau PC dengan perangkat lunak komunikasi port serial seperti Hyper Terminal dan sebuah kabel modem null (Pin 2 & 3 menyeberangi 5 landasan bersama dalam 9 Pin untuk 9 pin, Pin 7 adalah tempat umum dalam konektor 25 Pin) yang menghubungkan port serial sun A dengan port serial PC.
b. Anda juga akan membutuhkan alamat IP, netmask dan nama host untuk sistem anda.

2. Memulai Instalasi dimulai pada> OK prompt & Anda bisa mendapatkan> ok menggunakan salah satu metode berikut:
a. dengan menekan Stop A urutan tombol di Keyboard.
b. mengetik # init 0 jika boot sistem anda langsung.
c. Menekan ctrl-break atau shift-break pada keyboard pc jika menggunakan pc sebagai console melalui port serial.
d. ika fitur auto-boot sistem langsung diaktifkan boot up. dan memberikan Anda sebuah # prompt. Anda dapat otomatis boot-disable sehingga waktu berikutnya tinggal di ok prompt untuk memulai instalasi. # / Usr/platform/sun4u/bin/eeprom auto-boot = false? reboot sistem.

3. Install sun-solaris dengan Masukkan media instalasi - OS CD di CD drive dan ketik boot cdrom di> ok prompt. Ok> boot cdrom.
1) Tahap pertama dimulai dengan identifikasi sistem dan mengumpulkan informasi tentang sistem dari pengguna Sistem mulai booting dan. Setelah inisialisasi itu meminta bahasa dan lokal juga tipe terminal dalam kasus PC / terminal.
2) Pilih lokal Anda dan tipe Desember VT100 terminal untuk pilihan terminal.
Selanjutnya instalasi melalui terminal memerlukan respon terhadap pilihan melalui tombol ESC dan fungsi dan bar ruang yang disebutkan di layar instalasi.
3) Pada layar berikutnya, Anda mengidentifikasi sistem sebagai jaringan atau non-jaringan, dan mengatur zona waktu default dan tanggal / waktu.Setelah informasi, host berikut diperlukan:
a) Nama host untuk sistem.
b) Apakah sistem jaringan jika ya anda harus memberikan alamat IP dan netmask dari mesin ini.
c) Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih layanan nama.
d) Nama Layanan sebagai beriut:
· [ ] NIS +
· [ ] NIS
· [ ] DNS
· [X] Tidak ada
Pilih layanan tersebut jika Anda memiliki detail lengkap seperti nama domain, dll atau tidak memilih untuk mengkonfigurasi setelah instalasi. Anda harus memilih jenis distribusi dari antara pilihan pilihan.
4. OS distribusi & konfigurasi Disk.
Setelah identifikasi selesai hasil proses instalasi ke OS dan konfigurasi disk, Anda butuh masukan untuk pengaturan ini. Seleksi tergantung pada peran mesin Anda.

Kebutuhan ruang khas untuk Solaris 7 diberikan di sini.

· [ ] Seluruh Distribusi plus dukungan 64-bit OEM 1242,00 MB (F4 untuk Customize
· [X] Distribusi Keseluruhan 64-bit 1215.00 MB
· [ ] Pengembang Sistem Dukungan 64-bit .... 1.154,00 MB
· [ ] Dukungan Pengguna Akhir Sistem 64-bit. ... .. 765,00 MB
· [ ] Core Sistem Pendukung .............. .334.00 MB
· Seluruh distribusi dengan OEM memiliki semua perangkat lunak dengan beberapa perangkat lunak pihak ketiga.
· Distribusi Seluruh memiliki semua perangkat lunak tanpa perangkat lunak pihak ketiga.
· Sistem Pengembang telah berjalan perpustakaan waktu untuk perangkat lunak C dll.
· Akhir pengguna memiliki jendela X dan lingkungan KPB.
· * Core sistem X windows tanpa software dll.


Jika Anda tidak yakin, anda bisa pilih seluruh distribusi. Anda akan disajikan dengan pilihan untuk memilih disk boot antara disk yang ada dalam sistem, kecuali jika Anda memiliki alasan memilih c0t0d0 pada boot disk.

· [X] c0t0d0 (17269 MB) 17269 MB disk boot
· [ ] c0t1d0 (17269 MB) 17.269 MB

tumpang tindih partisi mewakili seluruh disk dan irisan s2 dari disk. Jika salah satu disk berisi partisi yang sudah ada sebelumnya Anda akan diberi pilihan untuk melestarikan partisi. Selanjutnya tata letak saat ini diberikan (jika ada) dan Anda diminta untuk memilih antara otomatis dan Custom layout partisi disk.

· Layout otomatis membuat partisi tunggal seluruh disk boot.
· Sesuaikan memberikan pilihan dan pilihan untuk menciptakan partisi dan pilih ukuran.

Hal-hal yang perlu diingat saat melakukan instalasi interaktif atau kustom! Ruang tambahan diperlukan di / var & / rumah jika server untuk menangani mail dan dicetak sebagai mail dan file cetak terbentuk di / var & jika direktori home user ini, harus terletak di partisi / home Sebuah tabel partisi sampel mungkin terlihat seperti berikut.

Sistem Berkas / Mount point Disk / Slice Ukuran
· C0t0d0s0 300 MB
· c0t0d0s1 swap 2000 MB
· tumpang tindih c0t0d0s2 17.269 MB
· Usr 2000 MB c0t0d0s3
· Opt c0t0d0s4 1000 MB
· Var c0t0d0s5 1000 MB
· Ukuran partisi swap bergantung pada ukuran RAM dalam sistem jika Anda tidak yakin ukurannya tetap dua kali RAM atau lebih dari RAM dalam sistem.
· Jika Anda tidak yakin ukuran partisi individu / usr, / / opt & / var membuat satu partisi sebagai / dan menjaga ukurannya cukup lebih tinggi daripada distribusi ukuran yang telah Anda pilih dalam langkah-langkah sebelumnya. Selalu diingat perangkat lunak masa depan yang Anda mungkin harus menginstal seperti aplikasi compiler dll dan file log yang akan dihasilkan dan menumpuk di / direktori var atau partisi.


Setelah Anda telah menetapkan ukuran, partisi memberikan ringkasan dan kesalahan jika ada:
· Instalasi Opsi: Awal
· Boot Device: c0t0d0s0
· Layanan Klien: Tidak ada
· Software: Solaris 2.7, Distribusi Keseluruhan

File Layout Sistem dan Disk:

· C0t0d0s0 300 MB
· c0t0d0s1 swap 2000 MB
· Usr 2000 MB c0t0d0s3
· Opt c0t0d0s4 1000 MB
· Var c0t0d0s5 1000 MB

Instalasi:
· Setelah instalasi selesai itu mengkustomisasi file sistem, perangkat, log, menginstal patch yang ada di CD OS untuk rilis itu. Anda dapat menginstal patch terbaru kemudian direkomendasikan.
· Sistem kemudian reboot atau meminta Anda untuk reboot tergantung pada pilihan yang dipilih sebelumnya.

5. Setelah Instalasi
Setelah reboot itu meminta akar baru berlalu dan datang ke konsol konfirmasi dimana Anda dapat login sebagai root menginstal patch, software tambahan, membuat pengguna dll.



Tips
1. jika anda telah memiliki sistem operasi windows atu sejenisnya, anda harus menambahkan partision pada hard drive anda jika anda ingin menggunkan keduanya, dalam artian OS sun-solaris memiliki partisi khusus.

2. Selalu periksa kompatibilitas sistem anda sebelum mencoba instalasi dari OS Solaris. Jika unsur-unsur sistem anda tidak kompatibel dengan Solaris, Anda perlu meng-upgrade lagi untuk menjadi Solaris yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sun Solaris"

  1. yup tutorial anda sangat bagus sekali, tapi ingin saya tambahkan bahwa di sun khusus nya sparc (non intel X86) memiliki ILOM) ILOM itu sendiri berbeda penggunaan dengan ok prompt ....untuk beberapa model sparc memiliki yang berbeda. khusus nya antara Type M dan Type T.......


    hehehehehe....Keep spirit untuk sharing ya...... :D


    salam
    kang_deureh

    BalasHapus