Windows 2000 Server yang melayani Domain Controller


Windows 2000 Server Versi ini merupakan kelanjutan teknologi Windows NT Server 4.0 dengan berbagai fasilitas baru yang semakin memudahkan pengelolaan jaringan. Keluarga server Windows 2000 terdiri dari 3 jenis yaitu versi standar (Server), Advance Server, dan Data Center Server. Windows 2000 Server memiliki semua kemampuan yang ada pada versi Professional ditambah berbagai fasilitas inti yang dibutuhkan sebagai server jaringan. Versi ini dapat digunakan sebagai file dan print server, application server, web server, maupun communication server. Fasilitas penting yang dimiliki versi ini antara lain :
Dukungan untuk penggunaan 2 processor bila diinstal dengan mode clean install, atau 4 processor apabila instalasi dilakukan dengan mengupgrade Windows NT Server.

Active Directory Service untuk memudahkan pengelolaan sumberdaya dan obyek jaringan.
Sistem keamanan jaringan menggunakan Kerberos dan public key infrastructure
Internet Connection Sharing.

Web Server dengan menggunakan Internet Information Services versi 5.0.
Windows Terminal Services untuk memudahkan administrasi jaringan dan pemanfaatan hardware komputer lama sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi baru.
Dukungan penggunaan RAM hingga 4 GB
Windows 2000 Advance Server memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan versi standar, meliputi semua fasilitas Windows 2000 Server dengan beberapa tambahan feature penting :

  1. Network Load Balancing untuk meningkatkan ketersediaan server serta meningkatkan kinerja.
  2. Windows Clustering, memungkinkan komunikasi antar server untuk bekerja sama membentuk suatu cluster sebagai satu kesatuan sistem.
  3. Dukungan Symetric Multi Processing (SMP) hingga 8 processor
  4. Mendukung 8 GB RAM
Windows 2000 Data Center Server Sistem ini memiliki seluruh kemampuan versi Advance dengan tambahan berbagai fasilitas :
  1. SMP Scalability hingga 32 processor.
  2. Mendukung physical memory sampai dengan 64 GB
  3. Fungsi clustering tingkat lanjut
Windows 2000 Data Center Server sangat sesuai digunakan sebagai sistem operasi server bisnis skala besar seperti :  Internet Service Provider (ISP) dan Web Hosting,  E-Commerce server dengan fasilitas Online Analytical Processing (OLTP)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Windows 2000 Server yang melayani Domain Controller"

Poskan Komentar