Windows Server Core dari Windows Server 2008




Seperti yang telah dipaparkan dalam artikel sebelumnya mengenai Windows Server 2008, Windows Server Core merupakan salah satu opsi installasi yang ditawarkan oleh Microsoft dalam bundle installasi Windows Server 2008. Windows Server Core sendiri merupakan sebuah opsi installasi pada Windows Server 2008 yang meminimalisasi komponen-komponen yang tidak penting dalam server dengan tujuan untuk kestabilan dan meminimalkan resiko untuk diserang karena aplikasi/role yang ada pada server terbatas sesuai kebutuhan. Selain itu Windows Server Core juga menyediakan opsi pilihan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit untuk dapat disesuaikan mengikuti spesifikasi hardware yang ada.

Kehadiran Windows Server Core dalam Windows Server 2008 ini juga memberikan sebuah opsi spesifikasi hardware yang cukup melegakan di kalangan pengembang, oleh karena sistem ini tidak membutuhkan hardware spesifikasi tinggi seperti pada Vista untuk menjalankannya.

Spesifikasi minimum yang dianjurkan untuk Windows Server Core juga tidak terlalu memusingkan, karena Windows Server Core ini hanya membutuhkan sebuah otak processor Intel Pentium 4 dengan RAM 512 MB dan space penyimpanan 2 GB untuk installasi Server Core yang memakan space tidak lebih dari 1GB.

Windows Server Core sendiri tersedia dalam 3 pilihan versi, yaitu versi Standart, Enterprise dan Data Center. Untuk tampilan, Server Core menyajikan tampilan yang minimalis, karena tidak mempunyai desktop shell, wallpaper maupun screensaver. Karena ketiadaan desktop shell inilah, maka pengguna harus mempergunakan perintah Command Line pada Command Prompt untuk menjelajahi file dan directory. Untuk memaksimalkan utilisasi server, Windows Server Core juga meniadakan beberapa feature dasar Windows seperti IE (Internet Explorer), Wordpad, dan Paint. Hal ini ditempuh untuk karena aplikasi tersebut tidak berhubungan dengan fungsi server dan untuk meminimalisasi unsur Graphical User Interface (GUI) dan penggunaan efek-efek tampilan yang biasa menjadi ciri khas keunggulan Windows.

Lebih lanjut, hal yang mungkin paling disukai seorang Administrator dari Windows Server Core adalah karena dalam proses installasi kita dibebaskan untuk memilih fungsi layanan/role service dan feature mana saja untuk diinstall. Berikut ini merupakan feature-feature yang disediakan oleh Windows Server Core:

  • Windows Hyper-V
  • File Service
  • Print Server
  • ADDS (Active Directory Domain Service)
  • DHCP (Dynamic Hosting Configuration Protocol)
  • AD LDS (Active Directory Lightweight Directory Service)
  • IIS (Internet Information Services)
  • Streaming Media Service
  • DNS (Domain Name Server)
Dengan tidak adanya desktop shell, maka Administrator hanya akan mempergunakan Command Prompt untuk untuk mengatur seluruh service layanan yang ada di Windows Server Core ini. Namun begitu Windows Server Core tetap mampu memberikan kinerja maksimal dan reliabilitas serta tingkat keamanan yang dapat diandalkan seperti pada opsi installasi lengkap Windows Server 2008.(dna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Windows Server Core dari Windows Server 2008"

Poskan Komentar