Aplikasi yang ada di Ubuntu Desktop Edition

Ubuntu saat ini tersedia dalam tiga jenis edisi yaitu Desktop Edition, Netbook Edition, dan Server Edition. Pada tulisan ini Saya akan membagi informasi tentang jenis-jenis aplikasi di Ubuntu Desktop Edition. Kenapa hanya Desktop Edition saja? ya.. karena hanya itulah yang sudah Saya install dan praktekkan... kalau mau tahu lainnya silahkan langsung saja ke websitenya Ubuntu, www.ubuntu.com. Setuju kan?
Secara umum, jenis-jenis aplikasi bawaan Ubuntu telah tersedia dalam menu Applications dan dikelompokkan dalam tujuh jenis sub menu, yaitu:  Accessories, Games, Graphics, Internet, Office, Sound & Video, dan Ubuntu Software Center.
AccessoriesMirip dengan Windows, pada Accessories ini terdapat fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan kita secara cepat dan sederhana, seperti: Kalkulator, Penganalisa hardisk, pengelolaan pencetakan dokumen, pencarian file-file, screen capture layar, dan beberapa aplikasi lainnya.
GamesUntuk mengisi waktu luang di sela-sela pekerjaan atau saat sedang bersantai, Ubuntu juga menyediakan beberapa jenis Games, seperti: Solitaire, Gbrainy, Mahjong, Mines, Quadrapassel, dan Sudoku.
GraphicsUbuntu menyediakan beberapa fasilitas untuk mempermudah pekerjaan yang terkait dengan gambar-gambar, seperti: Shotwell photo manager untuk mengelola file-file gambar yang ada di PC Desktop/Laptop, Openoffice drawing, dan Simple scan untuk men-scan dokumen bergambar ke dalam bentuk file.
InternetInternet sudah seperti bagian terpenting untuk memenuhi kebutuhan akan segalam macam bentuk informasi, dan Ubuntu menyadari hal itu dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang siap pakai seperti: Aplikasi untuk chatting, aplikasi untuk mengakses dan mengelola Akun Social networking milik kita seperti Twitter, Facebook, Digg serta lainnya, aplikasi e-mail juga ada, dan yang terpenting adalah browser Firefox yang siap menemani kita berselancar dengan cepat dan aman.
OfficeOpenoffice yang dikenal sebagai paket software perkantoran yang Free dan Opensource tetapi diakui kehandalannya, juga sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan kita untuk menyiapkan segala macam bentuk berkas, laporan-laporan dalam bentuk lembar-lembar kerja, dan presentasi. Bagi yang biasa menggunakan Microsoft Word, disini telah tersedia Openoffice.org Word Processor, pengguna Microsoft Excel dapat memanfaatkan Openoffice.org Spreadsheet, dan pengguna setia Microsoft Powerpoint dapat membandingkannya dengan Openoffice.org Presentation.
Sound & VideoGemar menonton video? Ubuntu menyediakan aplikasi Movie Player untuk menuntaskan kegemarannya, atau punya hobi ngutak-atik file-file video? gunakan saja Pitivi Video Editor. Bagi yang gemar music dan bernyanyi bisa memanfaatkan fasilitas Rhythmbox Music Player dan Sound Recorder. Satu lagi ngopy CD juga jadi lebih mudah dengan disediakannya aplikasi Bracero Disk Burner.
Ubuntu Software CenterMasih kurang dengan aplikasi-aplikasi standar yang sudah ada?.. cari dan download jenis aplikasi yang dibutuhkan dengan memanfaatkan Ubuntu Software Center. Cari dan install.. lalu manfaatkan..
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi yang ada di Ubuntu Desktop Edition"

Poskan Komentar