BlankOn Linux Sistem Kerjasama (BlankOn Linux Kemitraan)


0. Pengantar Sistem Kerjasama Linux BlankOn
Dokumen ini berisi penjelasan umum jenis-jenis sistem kerjasama (partnership) yang disediakan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn untuk organisasi Partner penyedia jasa dan barang yang berhubungan dengan Linux BlankOn. Organisasi partner dapat berbentuk komersial (for profit oriented) seperti PT, CV, UD, koperasi, dan lain-lain, maupun non komersial (not for profit) seperti yayasan, lembaga pendidikan non formal atau kursus, asosiasi, komunitas-komunitas Linux, dan lain-lain. Organisasi partner harus tercatat di notaris dan atau yang berwenang dalam pendirian organisasi sesuai dengan peraturan yang berlaku di wilayah masing-masing partner.
Kerjasama ini diharapkan menguntungkan semua pihak, antara lain pengembang, partner, dan pengguna, serta pendukung Linux BlankOn dan FOSS (Free / Open Source Software) umumnya. Pengguna Linux BlankOn diuntungkan karena dimudahkan dalam memilih penyedia jasa atau barang yang sesuai dengan kebutuhannya dalam memanfaatkan Linux BlankOn untuk organisasi atau bisnisnya. Partner Linux BlankOn diuntungkan karena mendapatkan dukungan dari YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam menjalankan kegiatan atau bisnisnya yang berhubungan dengan Linux BlankOn. Penggembang Linux BlankOn diuntungkan karena ada partner dan pengguna yang mendukung kelangsungan pengembangan Linux BlankOn.
1. Penyedia Pelatihan Linux BlankOn (BlankOn Linux Penyedia Pelatihan)
Partner Penyedia Pelatihan Linux BlankOn adalah penyedia jasa pendidikan dan pelatihan yang menggunakan Linux BlankOn sebagai alat dan bahan pengajaran. Penyedia pelatihan ini dapat berbentuk penyelenggara pendidikan formal maupun non formal, antara lain sebagai berikut:
• Sekolah dari tingkat dasar, menengah pertama, menengah atas, hingga menengah kejuruan yang memberikan pengajaran Linux BlankOn sebagai intra kurikuler (pelajaran wajib) atau ekstra kurikuler (pelajaran tambahan) kepada anak didiknya, para guru dan karyawan sekolahnya, maupun pihak luar sekolah.
• Perguruan tinggi formal, mulai dari akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, hingga universitas, dengan tingkat dari Diploma III, Diploma IV, S1, S2, hingga S3, yang memberikan kuliah wajib atau kuliah tambahan Linux BlankOn kepada para mahasiswanya, dosen dan karyawan kampus, maupun pihak di luar kampus.
• Pendidikan non formal mulai dari tingkat kejuruan atau kursus-kursus singkat, hingga perguruan tinggi non formal seperti program profesi satu tahun dan dua tahun, serta pelatihan keahlian atau kursus jangka menengah dan panjang yang mengajarkan Linux BlankOn sebagai alat dan atau bahan ajar kepada peserta didiknya.
1.a Manfaat yang diperoleh Partner Pelatihan Linux BlankOn
1.a.1 Menggunakan logo BlankOn dan sertifikat BlankOn Linux Training Partner atau BlankOn Linux Education Partner untuk promosi dan keperluan administrasi penyediaan jasa pendidikan dan pelatihan Linux kepada pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, dan perorangan.
1.a.2 Menggunakan modul pelatihan dan sistem pengujian atau sertifikasi pengguna yang disusun tim ahli YPLI yang telah berpengalaman dalam mengatur kurikulum, modul pelatihan, dan soal-soal sertifikasi Linux selama beberapa tahun sesuai dengan standar nasional (BNSP: Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan internasional (Linux Professional Instiitute).
1.a.3 Nama Partner disertakan dalam kegiatan pemasaran yang diselenggarakan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam berbagai sarana dan jalur promosi Linux BlankOn.
1.b Syarat menjadi Mitra Pelatihan Linux BlankOn
• Memiliki minimal satu orang tenaga profesional Linux yang telah lulus ujian Sertifikasi Profesi Linux BlankOn tingkat 1 (SPLB-1) atau sertifikasi dari Linux Professional Institute level 1 (LPIC-1) atau sertifikasi Linux Ubuntu untuk setiap kantor atau tempat pelatihan yang didaftarkan sebagai alamat Partner, untuk penyedia semua jenis pelatihan BlankOn.
• Memiliki minimal satu orang tenaga profesional Linux yang telah lulus ujian Sertifikasi BlankOn Desktop, BlankOn Office, dan atau BlankOn Support, sesuai dengan jenis pelatihan yang disediakan partner.
1.c Biaya menjadi Partner Pelatihan Linux BlankOn
• Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) per tahun untuk organisasi atau kantor atau lembaga pendidikan pertama yang dimiliki partner. Biaya penambahan satu kantor perwakilan atau anak perusahaan atau cabang atau tempat pendidikan lain semacam kelas jauh dalam satu pengelolaan adalah Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
2. Penyedia Dukungan dan Solusi Linux BlankOn (BlankOn Linux Support & Solution Provider)
Partner Dukungan dan Solusi Linux BlankOn adalah penyedia dukungan teknis dan atau solusi teknologi informasi dan komunikasi yang menyediakan jasa, mulai dari penjualan software Linux BlankOn (bukan penjualan lisensi Linux BlankOn), instalasi Linux BlankOn, hingga dukungan teknis atau solusi Linux BlankOn. Solusi yang disediakan Partner dapat meliputi antara lain:
• Penjualan Linux BlankOn dalam berbagai bentuk seperti CD, DVD, USB flash disk, hard disk, dan lain-lain yang terkait dengan pengadaan software. Catatan: software Linux BlankOn dapat dijual tanpa harus membayar izin. Dengan kata lain, lisensi atau “izin pendistribusian software” Linux BlankOn dapat diperoleh tanpa biaya. Jadi, penjualan software Linux BlankOn ini tidak melanggar lisensi atau hak cipta-nya.
• Dukungan teknis terhadap penggunaan desktop Linux BlankOn.
• Instalasi dan konfigurasi server berbasis Linux BlankOn.
• Mengelola sistem dan jaringan yang terkait dengan Linux BlankOn termasuk untuk update dan upgrade.
2.a Manfaat yang diperoleh Partner Dukungan dan Solusi Linux BlankOn
2.a.1 Menggunakan logo BlankOn dan sertifikat BlankOn Linux Support & Solution Partner untuk sarana marketing dan kegiatan usahanya di bidang penyediaan jasa penjualan software, instalasi, dan dukungan teknis atau solusi Linux BlankOn.
2.a.2 Menggunakan sistem dan prosedur penyediaan dukungan teknis, seperti instalasi, migrasi, dan lain-lain yang disusun tim ahli YPLI yang telah berpengalaman dalam menyediakan jasa instalasi dan dukungan teknis atau solusi Linux selama beberapa tahun.
2.a.3 Nama Partner disertakan dalam kegiatan pemasaran yang diselenggarakan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam berbagai sarana dan jalur promosi Linux BlankOn.
2.b Syarat menjadi Partner Dukungan dan Solusi Linux BlankOn
• Memiliki minimal satu orang tenaga profesional Linux yang telah lulus ujian Sertifikasi Profesi Linux BlankOn tingkat 1 (SPLB-1) atau sertifikasi dari Linux Professional Institute level 1 (LPIC-1) untuk setiap kantor atau cabang penyedia dukungan dan solusi BlankOn yang didaftarkan sebagai alamat Partner, untuk menjadi penyedia dukungan teknis yang lengkap.
• Memiliki minimal satu orang tenaga profesioanal Linux yang telah lulus sertifikasi BlankOn Helpdesk jika hanya menjadi penyedia dukungan teknis Blankon sebagai desktop.
2.c Biaya menjadi Partner Dukungan dan Solusi Linux BlankOn
• Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) per tahun untuk organisasi atau kantor pertama yang dimiliki partner. Biaya penambahan satu kantor atau anak perusahaan atau cabang adalah Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
3. Pembangun Sistema BlankOn Linux (BlankOn Linux Builder System)
Partner Pembangun Sistem Linux BlankOn adalah penyedia produk barang atau jasa yang menggabungkan atau membundel produknya dengan Linux BlankOn menjadi sebuah sistem, seperti menjual komputer dibundel dengan Linux BlankOn standar atau dibundel dengan Linux BlankOn yang telah dikustomisasi, atau mengintegrasikan Linux BlankOn dengan hardware atau software aplikasi yang dibangun oleh partner, dan lain-lain. Beberapa contoh kegiatan dan produk Partner Pembangun Sistem Linux BlankOn adalah:
• Membundel (bundling) dan mendistribusikan Linux BlankOn bersama dengan komputer atau barang lain yang dijual partner, tanpa mengubah Linux BlankOn standar atau yang akan dirilis untuk umum.
• Kustomisasi Linux BlankOn untuk dibundel dengan komputer atau hardware tertentu, misalnya membundel Linux BlankOn dengan komputer server, desktop, laptop, netbook, nettop, smartphone, dan sebagainya yang dijual oleh partner.
• Membangun distro Linux baru yang akan dikembangkan partner berbasis Linux BlankOn, misalnya untuk menghasilkan distro remaster atau turunan BlankOn.
3.a Manfaat yang diperoleh Pembangun Sistem Linux BlankOn
3.a.1 Menggunakan logo BlankOn dan sertifikat BlankOn Linux Certified Computer/System, atau BlankOn Linux System Integrator, atau BlankOn Linux System Builder untuk sarana marketing dan kegiatan usahanya di bidang penyediaan produk barang atau sistem yang telah digabungkan atau dibundel dengan Linux BlankOn.
3.a.2 Menggunakan sistem dan prosedur yang disusun oleh YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn untuk penggabungan (bundling) Linux BlankOn dengan komputer, pengembangan distribusi turunan atau Remaster Linux BlankOn, dan integrasi Linux BlankOn dengan software lain, dan sebagainya.
3.a.3 Nama Partner disertakan dalam kegiatan pemasaran yang diselenggarakan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam berbagai sarana dan jalur promosi Linux BlankOn.
3.b Syarat menjadi Mitra Pembangun Sistem Linux BlankOn
• Memiliki minimal satu SDM profesional BlankOn yang telah lulus sertifikasi BlankOn Desktop dan atau telah diterima sebagai pengembang BlankOn.
• Mengikuti Pedoman Alih Merek BlankOn (dokumen terlampir).
3.c Biaya menjadi Partner Pembangun Sistem Linux BlankOn
• Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) per tahun untuk 1 (satu) produk distro remaster/turunan Linux BlankOn atau produk hasil integrasi sistem Linux BlankOn yang dijual partner. Biaya penambahan satu produk selanjutnya adalah Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah).
• Biaya Partnership tidak termasuk biaya keterlibatan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam pengembangan produk kustomisasi atau remaster atau turunan Linux BlankOn. Biaya juga tidak termasuk menjadikan Linux BlankOn sebagai produk OEM (Original Equipment Manufacturer) atau ODM (Original Design Manufacture) bagi partner sehingga merek BlankOn hilang atau berubah. Jika partner membutuhkan kerjasama seperti di atas, maka perlu pembicaraan lebih lanjut dan ada perjanjian kerjasama tersendiri.
4. Penyedia software Linux BlankOn (BlankOn Linux Provider Software)
Partner Penyedia Software Linux BlankOn adalah penyedia atau pengembang software yang ditujukan untuk dijalankan pada sistem operasi Linux BlankOn. Software dapat berupa library (pustaka), modul kernel, driver hardware, aplikasi, dan lain-lain yang ditujukan untuk digunakan bersama Linux BlankOn sebagai paket yang tersedia di CD/DVD atau repository Linux BlankOn atau software terpisah yang akan berhubungan dengan Linux BlankOn.
4.a Manfaat yang diperoleh Partner Penyedia Software Linux BlankOn
4.a.1 Menggunakan logo BlankOn dan sertifikat BlankOn Linux Certified Software untuk sarana marketing dan kegiatan usahanya di bidang penyediaan jasa pengembangan software yang kompatibel dengan Linux BlankOn.
4.a.2 Menggunakan sistem dan prosedur pengembangan software untuk Linux BlankOn yang disusun tim ahli YPLI yang telah berpengalaman dalam membangun Linux selama beberapa tahun. Partner akan mendapatkan petunjuk atau dokumen petunjuk teknis untuk memasukkan software yang dikembangkan partner menjadi software kompatibel atau tersertifikasi Linux BlankOn (BlankOn Linux Certified Software).
4.a.3 Nama Partner disertakan dalam kegiatan pemasaran yang diselenggarakan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam berbagai sarana dan jalur promosi Linux BlankOn.
4.b Syarat menjadi Mitra Penyedia Software Linux BlankOn
• Memiliki minimal satu software yang telah lulus uji instalasi dan operasi pada Linux BlankOn seabagai BlankOn Linux Certified Software, dengan prosedur pengujian yang ditetapkan oleh Tim Pengembang Linux BlankOn.
4.c Biaya menjadi Partner Penyedia Software Linux BlankOn
• Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) per tahun untuk maksimal 3 (tiga) software pertama yang dimiliki partner. Biaya penambahan satu software selanjutnya adalah Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
• Biaya Partnership tidak termasuk biaya keterlibatan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam pengembangan produk software yang dikembangkan partner. Jika partner membutuhkan kerjasama seperti ini, perlu pembicaraan lebih lanjut dan ada perjanjian kerjasama tersendiri.
5. Penjual Hardware Linux BlankOn (BlankOn Linux Vendor Hardware)
Partner Penjual Hardware Linux BlankOn adalah penjual atau pembuat perangkat keras yang dapat dijalankan atau diakses oleh sistem operasi Linux BlankOn. Perangkat keras dapat berupa komponen di dalam komputer atau periperal komputer, dan lain-lain yang telah diuji coba dan disertifikasi oleh Tim Pengembang Linux BlankOn.
5.a Manfaat yang diperoleh Partner Penjual Hardware Linux BlankOn
5.a.1 Menggunakan logo BlankOn dan sertifikat BlankOn Linux Certified Hardware atau BlankOn Linux Ready untuk sarana marketing dan kegiatan usahanya di bidang pembuatan atau penjualan hardware yang kompatibel dengan Linux BlankOn (BlankOn Linux Ready).
5.a.2 Menggunakan sistem dan prosedur untuk memastikan produk hardware yang dijual atau dibuat partner dapat digunakan atau diakses oleh Linux BlankOn yang disusun tim ahli YPLI yang telah berpengalaman dalam menguji hardware pada Linux selama beberapa tahun.Partner akan mendapatkan petunjuk atau dokumen petunjuk teknis untuk memastikan hardware yang dijual partner menjadi hardware yang kompatibel dengan Linux BlankOn (BlankOn Linux Ready) atau tersertifikasi Linux BlankOn (BlankOn Linux Certified Hardware).
5.a.3 Nama Partner disertakan dalam kegiatan pemasaran yang diselenggarakan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam berbagai sarana dan jalur promosi Linux BlankOn.
5.b Syarat menjadi Mitra Penjual Hardware Linux BlankOn
• Memiliki minimal satu hardware yang telah lulus uji instalasi dan operasi pada Linux BlankOn seabagai BlankOn Linux Ready atau BlankOn Linux Certified Hardware, dengan prosedur pengujian yang ditetapkan oleh Tim Pengembang Linux BlankOn.
5.c Biaya menjadi Partner Penjual Hardware Linux BlankOn
• Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) per tahun untuk 1 (satu) hardware pertama yang dimiliki partner. Biaya penambahan satu hardware selanjutnya adalah Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
• Biaya Partnership tidak termasuk biaya keterlibatan YPLI dan Tim Pengembang Linux BlankOn dalam pengembangan produk barang atau software yang dibutuhkan untuk menjalankan hardware (driver) yang akan mendukung Linux BlankOn. Jika partner membutuhkan kerjasama seperti ini, perlu pembicaraan lebih lanjut (perjanjian tambahan).
6. BlankOn Linux Profesional (BlankOn Linux Profesional)
Profesional Linux BlankOn adalah perorangan yang telah lulus sertifikasi profesi Linux BlankOn sesuai dengan keahlian atau skill-nya. Tersedia empat jenis sertifikasi profesi yang disediakan YPLI:
Desktop BlankOn • Certified (BDC)
Kantor BlankOn • Certified (BOC)
Helpdesk BlankOn • Certified (BHC)
• Certified Professional BlankOn (BPC)
6.a Manfaat yang diperoleh Profesional Linux BlankOn
• Menerima sertifikat sesuai dengan jenis ujian yang diikuti dan dinyatakan lulus, yaitu BlankOn Desktop Certified (BDC), BlankOn Office Certified (BOC), BlankOn Helpdesk Certified (BHC), dan BlankOn Professional Certified (BPC) dan mencantumkan BDC, BOC, BHC, atau BCP di belakang namanya. Ini dapat dijadikan sarana promosi dirinya dalam bekerja di organisasi yang menjadi partner Linux BlankOn atau di organisasi apa saja yang membutuhkan tenaga profesional di bidang Linux dan FOSS, atau berprofesi secara perorangan yang memanfaatkan Linux dan FOSS dalam menjalankan profesinya.
6.b Syarat menjadi Profesional Linux BlankOn
• Memiliki keahlian di bidang Linux BlankOn yang dibuktikan dengan lulus ujian Sertifikasi Profesi Linux BlankOn tingkat 1 (SPLB-1) atau sertifikasi dari Linux Professional Institute (LPIC-1), atau sertifikasi Linux dari Ubuntu.
6.c Biaya ujian Sertifikasi Profesi Linux BlankOn
• Rp 100,000,- (seratus ribu rupiah) per ujian untuk 1 (satu) orang yang akan mengikuti ujian Sertifikasi Profesi Linux BlankOn. Biaya ini belum termasuk biaya yang terkait pelaksanaan ujian (misal sewa tempat ujian di mitra BlankOn) dan biaya pengiriman sertifikat, dengan ketentuan saat ini total biaya tidak lebih dari Rp 500.000,- (lima rstus ribu rupiah).
7. Penutup
7.a Mulai Berlaku dan Batasan-batasan
Sistem kerjasama atau partnership ini diberlakukan secara terbatas mulai 1 Januari 2010 untuk Penyedia Pelatihan (nomor 1) dan Penyedia Dukungan dan Solusi (nomor 2), dengan pengecualian para Mitra belum perlu menyediakan tenaga profesional yang lulus sertifikasi profesi Linux BlankOn karena sistem ujian sertifikasi belum siap .
7.b Rilis Linux BlankOn Partnership
Partnership atau sistem kerjasama Linux BlankOn di-soft-launching (pra-rilis) pada hari Rabu 10 Februari 2010. Tanggal 10 Ferbuari dipilih karena BlankOn versi pertama atau BlankOn 1.0 Bianglala dirilis pada 10 Februari 2005. Rencana rilis final Linux BlankOn Partnership 1 Oktober 2010.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BlankOn Linux Sistem Kerjasama (BlankOn Linux Kemitraan)"

Poskan Komentar