Mengganti Nama HOSTNAME Linux Knoppix

Ketika kita menggunakan konsole (terminal), biasanya ada baris yang menyatakan nama kemudian diikuti dengan nama host yang digunakannya dengan format pengguna@hostname. HOSTNAME biasanya dpt kita tentukan sendiri saat instalasi untuk beberapa distro dan ada pula distro yang langsung menentukan sendiri default name-nya (sbg contoh adalah slackware yang memakai darkstar sebagai default hostname-nya) atau malahan pada saat instalasi kita memang tdk memberikan nama untuk HOSTNAME shg namanya bisa localhost atau default dari distro yang bersangkutan.

Suatu ketika mungkin di antara kita ada yang merasa bosan kalau tiap kali bekerja dengan konsole/terminal hanya melihat kata-kata itu terus-menerus. Nah, bagaimana kalau kita ganti saja HOSTNAME itu dengan sesuatu yang kita sukai atau sesuatu yang mencerminkan diri kita atau apalah terserah.

Masing-masing distro mungkin memiliki pola penamaan file HOSTNAME yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini yang kita gunakan adalah Knoppix.

Untuk itu ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah file manager favorit Anda, bisa Konqueror atau Nautilus atau yang lain. Dalam pembahasan kali ini yang akan kita gunakan adalah Konqueror. (sebagai catatan saja, anda harus login sebagai root untuk dpt mengadakan perubahan HOSTNAME. Selain login dengan root, Anda bisa juga menggunakan file manager super user mode, tergantung dari distro yang dipakai. untuk Knoppix Anda bisa menemukannya dengan klik K Menu> System> More Applications> File Manager - Super User Mode).
  2. Setelah Konqueror terbuka, masuklah ke root folder. Carilah file yang bernama HOSTNAME di direktori /etc/HOSTNAME atau lebih mudahnya stlh anda membuka Konqueror ketik /etc di Location dan tekanlah enter. Stlh itu carilah file bernama HOSTNAME.
  3. Klik dua kali file HOSTNAME hingga terlihat isinya.
  4. Nah, kali ini giliran Anda yang menentukan pilihan untuk HOSTNAME-nya. Gantilah kata yang ada dengan nama apapun yang Anda sukai sesuai keinginan.
  5. Apabila telah selesai, klik aja close dan ketika ditanyai apakah akan menyimpan perubahan yang baru saja dilakukan klik saja ???save???.
  6. Setelah itu restart linux anda dan loginlah kembail.
  7. Kali ini saatnya mengetes apakah yang telah kita lakukan tadi berhasil atau tidak. Bukalah konsole/terminal dan lihatlah hasilnya. Kalau nama sesudah @ berubah sesuai dengan yang anda lakukan pada langkah ke-4, maka Anda telah berhasil. Selamat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengganti Nama HOSTNAME Linux Knoppix"

Poskan Komentar