Installasi Plus Sabily

Nilai plus yang dimiliki Sabily yaitu : installasi Sabily dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  • Download paket Distro Sabily, atau
  • Konversi Lucid Lynx anda ke Sabily
  • Menggunakan VirtualBox pada Distro Lain

Instalasi Sabily 10.04

Instalasi Sabily 10.04 sama mudahnya dengan instalasi Ubuntu 10.04. Sabily 10.04 menawarkan berberapa pilihan unduh, diantaranya Sabily 10.04 DVD full recitation. Kali ini kita akan mencatat instalasi Sabily 10.04 dari Media DVD full recitation. Versi ini memiliki koleksi offline recitation dan terjemahan bahasa yang komplit!

Tahap pertama adalah mengunduh Sabily 10.04 baik unduh langsung ataupun dengan menggunakan bittorrent client. Selanjutnya adalah pertimbangan permbagian partisi, apakah akan berbagi partisi dengan Sistem Operasi lain seperti Microsoft Windows atau memakai seluruh harddisk untuk Sabily? Pertimbangan paling mudah, efektif dan efisien adalah 100% menggunakan Sabily Linux.

Instalasi Distro berbasis Ubuntu umumnya memakai Live Media Installer dan terdiri dari 4 tahap, yaitu:

Booting

Boot_Screen_Sabily_ManaratBoot_Screen_Sabily_Manarat

Pilihan Install dan Bahasa

Pilih_Install_atau_Live_SAbilyPilih_Install_atau_Live_SAbily

Pilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama desktop Sabily 10.04 Manarat dan klik Install Ubuntu 10.04 LTS untuk menginstalnya pada Harddisk.

Partisi

Penentuan_partisi_SabilyPenentuan_partisi_Sabily

Pilih Hapus dan gunakan seluruh cakram untuk menginstal Sabily pada PC anda, resiko sudah dipikirkan sebelumnya dan data penting telah dibackup terlebih dahulu. Sebaiknya menggunakan satu partisi dn satu Sistem Operasi pada PC agar penggunaan Harddisk menjadi efektif dan efisien. Jika ragu sebaiknya gunakan aplikasi Virtualisasi untuk mendapatkan Sabily pada PC.

Konfigurasi User

UserName_konfigurasi_sabilyUserName_konfigurasi_sabily

Terakhir sebelum berlanjut ke instalasi, tentukan user dan password yang akan digunakan. Pada Ubuntu dan turunannya password yang diisikan berfungsi untuk sebagai password root untuk melakukan administrasi pada Linux anda.

Klik Forward untuk melanjutkan ke tahap Instalasi, tunggu beberapa saat. Tampilan installer Sabily akan sama persis dengan Ubuntu Lucid Lynx. Jika telah selesai, reboot PC. Setelah proses reboot akan tampil dekstop Sabily 10.04 dengan jendela Aplikasi Minbar yang perlu dikonfigurasi lokasi dan zona waktu.

Desktop Sabily 10.04 ManaratDesktop Sabily 10.04 Manarat

Klik Preferensi ketikkan Nama Kota tempat tinggal, Longitude, Latitude dan Zona waktunya. Misal kota Bandung sebagai tempat tinggal saya.

Screenshot-Edit_City_DetailsScreenshot-Edit_City_Details

Jika telah selesai, Klik Tutup. Pada Sabily tidak perlu konfigurasi lebih lanjut seperti pada halnya di Ubuntu, karena Sabily sudah mendukung mp3, flash plugins dan java (OpenJDK). Selanjutnya kita bisa segera menikmati lantunan ayat suci Al-Qur'an melalui Zekr, diingatkan dengan do'a-do'a setiap interval waktu tertentu dan menunggu saat berbuka puasa he he dengan Minbar.

Muslim_Menus_on_SabilyMuslim_Menus_on_Sabily


Konversi Lucid Lynx menjadi Sabily

Sabily 10.04 Manarat dengan Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx adalah sama, jadi jika Lucid anda sudah terpasang dari awal dan sudah tanggung untuk instalasi dari awal, jangan khawatir Lucid Lynx ada dapat diubah menjadi Manarat tanpa mengganggu apapun yang sudah ada. Caranya dengan melakukan beberapa perintah dengan menggunakan Terminal Konsol. Agar Ubuntu tidak memita sudo berkali-kali setiap menjalankan perintah, masuklah sebagai root user dengan mengetikkan perintah sudo su.

Screenshot masuk sebagai root user di Ubuntu 10.04 LST Lucid LynxScreenshot masuk sebagai root user di Ubuntu 10.04 LST Lucid Lynx

Tanda # berarti kita bekerja sebagai root, sehingga tidak perlu mengetik sudo berkali-kali. Sebagai perbandingan, berikut adalah Desktop Lucid Lynx sebelum menjadi Manarat. Sebelum memulai konversi ada baiknya untuk meng-update terlebih dahulu Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.

1.#apt-get update

Desktop_LucidLynxDesktop_LucidLynx

Buka Terminal Konsol untuk memulai konversi, dan ketik perintah sebagai berikut:

1.#add-apt-repository ppa:sabily.team/ppa && sudo apt-get -q update

Langkah selanjutnya adalah menginstall Sabily dengan perintah

1.#apt-get install sabily

Pada terminal konsol akan terlihat banyak sekali interdependensi antar paket yang dibutuhkan untuk meninstall Sabily ke Desktop Lucid Lynx.

Screenshot-2-dependency_package-Sabily_ConversionScreenshot-2-dependency_package-Sabily_Conversion

Ketikkan konfirmasi Y (Yes) untuk mulai konversi Ubuntu 10.04 menjadi Sabily 10.04.

Konfirmasi_konversi_Ubuntu_SabilyKonfirmasi_konversi_Ubuntu_Sabily

Tunggu beberapa saat hingga seluruh paket Sabily terpasang (sekitar 261 MB). Cara ini membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Hati-hati dengan pembayaran koneksi telepon anda jika memakai sambungan modem telepon rumah.

Jika sudah selesai reboot Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx, dan saksikanlah perubahan yang nyata menjadi Sabily 10.04 Manarat.

LoginScreen Sabily hasil konversiLoginScreen Sabily hasil konversi

Bandingkanlah dengan Gambar Desktop Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx di atas.

Hasil_konversi_ubuntu-SabilyHasil_konversi_ubuntu-Sabily

Hal yang perlu diperhatikan jika mengkonversi Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx menjadi Sabily 10.04 Manarat dari awal, dalam artian belum mengkustomasi Ubuntu sebelumnya, perlu beberapa peyesuaian agar Sabily hasil konversi dapat memutar file MP3 dan Situs Web Flash (jika ingin mengakses situs Tanzil Qur'an, http://tanzil.info), mengingat Offline Recitation memakai audio berformat MP3.

MP3 Plugins

Untuk mengecek apakah plugins MP3 buat Ubuntu sudah terinstall atau belum, buka saja aplikasi Rythmbox Music Player (Applications >> Sound & Video >> Rythmbox Music Player). Klik tombol Install MP3 Plugins, tunggu beberapa saat sampai plugins selesai dipasang.

Install_MP3_Plugins_UbuntuInstall_MP3_Plugins_Ubuntu

Flash Plugins

Instalasi Flash Plugins di Ubuntu/Sabily sangatlah mudah dengan menggunakan Ubuntu Software Center. Klik pada Canonical Partners di kolom sebelah kiri, sementara itu pada kolom sebelah kanan klik tombol Install pada pilihan Adobe Flash Plugin 10.

Ubuntu_software_centerUbuntu_software_center

Ubuntu Tweaks

Keunggulan distro Sabily adalah sudah memiliki segala kebutuhan aplikasi untuk Desktop, salah satunya adalah Ubuntu Tweaks. Jika menempuh instalasi dengan mode konversi, aplikasi ini tidak akan ada dan mesti dipasang manual. Ubuntu Tweaks dapat diperoleh dari situsnya http://ubuntu-tweak.com/. Unduh dan pasang paket Ubuntu Tweak dengan menggunakan GDebi Package Installer.

Instalasi_Ubuntu_TweaksInstalasi_Ubuntu_Tweaks

Tampilkan Desktop Icons pada Desktop Sabily hasil konversi dari Ubuntu dengan Ubuntu Tweaks agar akses ke home direktory atau direktory lainnya menjadi lebih mudah lewat Desktop selain melalui menu.

Tweak_your_Ubuntu-SabilyTweak_your_Ubuntu-Sabily

Tranlasi Bahasa Indonesia dan Offline Audio Zekr

Zekr pada Sabily hasil konversi dari Ubuntu, masih belum memiliki translasi Bahasa Indonesia dan Offline Audio Qur'an Reciter. Translasi Bahasa Indonesia dapat dipasang dengan menggunakan aplikasi Ubuntu Sofware Center. Sebelum instalasi kita mesti menyetujui Agreement, contreng saja dan klik OK.

Install_translasi_Bahasa_IndonesiaInstall_translasi_Bahasa_Indonesia

Offline Audio dapat dipasang secara manual, dengan offline Audio maka Bandwidth Internet dapat dihemat. Offline Audio untuk Zekr dapat diunduh di http://zekr.org/quran/en/recitations. Pilihlah Qari favorit anda dan pasang untuk Zekr dengan menggunakan menu Tools > Add > Recitation (*.recit.zip ... ).


Sabily @ VirtualBox

Selain dua metode di atas, Sabily dapat pula dipasang pada aplikasi Virtualisasi seperti VirtualBox. Sehingga Sabily dapat hadir bersama Sistem Operasi lainnya seperti Fedora, OpenSuse, Microsoft Windows ataupun Mac OS X. Instalasi Sabily di VirtualBox tidak jauh beda dengan instalasi di atas. Berikut Screen Shot dari Sabily yang berjalan pada Fedora 13 Goddard Host Operating System.

Sabily di Fedora 13 Goddard melalui Virtual BoxSabily di Fedora 13 Goddard melalui Virtual Box

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Installasi Plus Sabily"

Poskan Komentar